Sponsors Link

Tenggorokan Berlendir Setelah Makan : Gejala – Bahaya – Penanganan

Sponsors Link

Tenggorokan merupakan bagian penting dari saluran pernafasan manusia. Jika seseorang sedang mengalami sakit berupa peradangan atau infeksi pada saluran pernafasanya, maka bagian tenggorokan juga akan terkena efeknya. Tenggorokan juga merupakan bagian yang sensitif, sehingga jika ada sesuatu benda asing atau zat asing yang bersarang di dalamnya akan membuat kita kurang nyaman. Salah satu yang membuat vitamin untuk flu  kurang nyaman adalah tenggorokan yang berlendir.

ads

Keluhan tenggorokan yang berlendir ternyata sering dialami sebagian orang. Keluhan yang dirasakan seperti saat bangun pagi dan seseorang merasakan ada lendir yang menyangkut di bagian tenggorokan, padahal orang tersebut sedang tidak sakit flu atau batuk berdahak. Jika mengalami hal seperti ini, sebaiknya kita segera memeriksakan diri ke dokter, sebelum timbul gejala penyakit lain anak makan es krim saat batuk pilek  yang cukup berbahaya.

Gejala Tenggorokan Berlendir

Umumnya, lendir yang terdapat pada tenggorokan juga ada dalam organ lainya di dalam tubuh kita. lendir yang terdapat pada tenggorokan memiliki fungsi untuk pertahanan alami tubuh dalam mencegah benda atau zat asing yang masuk ke saluran tenggorokan tersebut. Namun, ketika seseorang sedang mengalami sakit seperti flu, produksi lendir akan lebih meningkat sehingga bisa mengganjal di tenggorokan.

Lendir yang berlebihan, dapat menimbulkan hambatan dan seperti mengganjal di area tenggorokan. Hal tersebut dapat menyebabkan susah menelan hingga kesulitan bernafas. Adapun batuk akibat merokok beberapa gejala lendir berlebih seperti berikut ini:

  • Kekurangan cairan  tubuh
  • Polusi kendaraan (asap kendaraan)
  • Kebiasaan merokok
  • Kebiasaan meminum alcohol dan air soda

Setelah mengetahui gejala yang memunculkan lendir berlebih di area tenggorokan, maka kita harus lebih menjaga kesehatan dengan mengurangi kebiasaan buruk yang menyebabkan lendir muncul secara berlebihan.

Bahaya Tenggorokan Berlendir

Tenggorokan yang berlendir, biasanya dialami sifat virus flu burung  oleh sebagian orang yang sedang terkena flu atau alergi cuaca (jika sedang dingin). Lendir yang terdapat pada tenggorokan ini masih bisa dikeluarkan, jika pasien mengkonsumsi obat khusus sehingga tidak menimbulkan bahaya untuk kesehatan penderitanya. Namun, lendir di tenggorokan bisa cukup berbahaya,  jika disertai dengan munculnya gejala lain seperti:

  • Tenggorokan berlendir disertai dengan mual
  • Tenggorokan berlendir disertai dengan bercak merah pada kulit
  • Tenggorokan berlendir dalam waktu yang cukup lama (bertahun-tahun)

Jika mengalami gejala seperti di atas, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter bagian THT, agar mendapat penanganan medis yang cepat dan tepat untuk memperoleh kesembuhan

Penanganan Tenggorokan Berlendir

Keberadaan lendir yang berlebih di dalam tenggorokan, mungkin akan membuat kita sangat tidak nyaman ketika makan dan minum, bahkan membuat kita merasa jijik dan kurang percaya diri, terlebih jika disertai batuk yang berdahak. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena beberapa cara berikut ini dapat dilakukan untuk mempermudah keluarnya lendir dalam selalu flu saat menstruasi  tenggorokan :

  • Berkumur dengan air hangat yang sudah dicampur dengan garam, berkumur dengan cara mendongkakan kepala dan berkumur di bagian pangkal tenggorokan
  • Minum banyak cairan setiap hari, beberapa cairan yang dianjurkan untuk memudahkan lendir keluar seperti teh hangat dicampur madu, minum sup hangat dan minum air putih
  • Mencoba terapi uap, membiarkan uap hangat masuk lewat hidung agar tembus ke area tenggorokan
  • Mengkonsumsi obat generic untuk mengencerkan lendir agar mudah dikeluarkan
  • Konsumsi obat herbal alami
  • Menghindari makanan penyebab lendir berlebih, seperti jenis olahan susu
  • Menghindari penyebab iritasi seperti bahan kimia yang berbau tajam seperti jenis cat

Jika Anda merasakan tenggorokan berlendir saat usai makan, tidak perlu panik. Konsumsi obat-obatan yang dapat membantu mengencerkan lendir (dahak) agar mudah dikeluarkan bisa dilakukan untuk langkah penyembuhan.

, , , ,