Sponsors Link

8 Terapi Sinusitis Akut yang Mudah Untuk Dicoba

Sponsors Link

Seperti yang telah dijelaskan pada kesempatan sebelumnya bahwa sinusitis atau penyakit sinus merupakan penyakit yang menyerang daerah sekitar hidung yang kemudian bisa menyebabkan peradangan atau inflamasi yang harus segra ditangani karena jika kondisi ini dibiarkan begitu saja maka tentunya bisa menyebabkan seseorang yang mengalami sinusitis akan kesulitan bernapas.

ads

Sinusitis juga termasuk ke dalam salah satu penyakit yang bersifat umum karena penyakit ini bisa dialami oleh siapa saja dan tanpa pandang usia. Dengan kata lain, mulai anak – anak sampai orang tua sekalipun juga tidak luput dari terkena penyakit sinus meskipun memang penyebab antara sinusitis anak – anak dengan sinusitis pada orang dewasa terdapat beberapa hal yang membedakannya. Baca cara menghilangkan batuk di pagi hari.

Untuk penyebab sinusitis pada anak – anak biasanya disebabkan karena adanya alergi yang biasanya terjadi karena anak tersebut tertular dari temannya atau terkena alergi dari kondisi lingkugannya yang kurang bersih. Adapun jika misalnya sinusitis menyerang bayi, maka biasanya disebabkan karena kebiasaan bayi tersebut yang minum dengan menggunakan botol atau dot ketika dalam posisi berbaring.

Sementara itu, untuk sinusitis yang menyeran orang dewasa bisa disebabkan karena orang tersebut mengalami pembengkakan yang terjadi pada area sekitar hidung yang mana hal ini biasanya dimulai dari kondisi pilek atau flu yang dialaminya yang disebabkan oleh infeksi virus maupun juga infeksi jamur. Bahkan penyebab sinusitis bisa muncul akibat kebiasaan merokok yang belebihan dan dalam jangka waktu yang lama.

Hal inilah yang mengharuskan anda untuk melakukan terapi sinusitis karena bisa saja sinusitis yang anda alami sudah masuk dalam kategori akut, kronis, atau mungkin yang lebih para dari itu, yakni kambuhan. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai terapi sinusitis akut yang harus anda ketahui agar nantinya bisa anda terapkan untuk membantu mengatasi sinusitis yang anda alami. Baca juga cara mengobati bersin-bersin.

  1. Terapi air garam

Terapi sinusitis akut yang pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan terapi air garam. Terapi ini bisa menjadi solusi bagi anda karena disarankan untuk tidak langsung menggunakan obat – obatan kimiawi untuk mengobati sinusitis anda.

Sebenarnya terapi ini sudah lama digunakan di Amerika karena ada seorang dokter spesialis THT yang telah menemukan terapi ini. Cara yang anda lakukan sangatlah mudah dan juga terapi menggunakan air garam ini terbagi menjadi dua yang akan kami sebutkan di bawah ini.

  • Teknik uap air

Yang harus anda lakukan sangatlah mudah karena anda hanya perlu menuangkan air yang sudah panas ke dalam baskom dan kemudian anda campurkan dengan garam. Selanjtunya anda mulailah untuk menghirup uap air yang keluar dari air tersebut dan anda bisa menutup kepala anda dengan menggunakan handuk agar supaya uap air hanya terfokus kepada hidung.

  • Teknik pot neti

Teknik ini menggunakan sebuah alat berbentuk teko / ceret namun memiliki ukuran yang kecil. Yang harus anda lakukan sangatlah mudah karena anda hanya perlu memasukkan air hangat kepada alat tersebut dan selanjutnya anda mulailah untuk menuangkannya ke dalam hidung anda secara perlahan – lahan. Namun sebelumnya air tersebut harus anda campurkan dengan garam sebanyak 1/4 sendok teh. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Baca juga mengenai cara mengobati batuk kronis.

Sponsors Link

2. Terapi non – farmakologi

Terapi non – farmakologi merupakan sebuah terapi yang berfokus pada perubahan pola hidup yang lebih baik. Terapi non – farmakologi ini dibagi menjadi 3 bagian yang akan kami jelaskan di bawah ini.

  • Konsumsi makanan higenis

Anda harus membiasakan diri untuk memakan makanan yang memang sudah terjamin higenis. Sebelum itu juga anda harus membiasakan diri untuk mencuci tangan anda menggunakan sabun antiseptik sebelum anda ingin makan maupun juga memasak.

  • Menyikat gigi secara teratur

Menyikat gigi bukan hanya berguna untuk membersihkan karang giri maupun mencegah anda dari resiko terkena sakit gigi, namun menyikat gigi juga perlu anda lakukan untuk membantu membersihkan bagian dalam mulut gigi anda.

  • Menjaga kebersihan lingkunan
Sponsors Link

Faktor lingkungan bisa menjadi sebab anda terkena sinusitis. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk selalu menjaga lingkungan anda supaya tetap bersih, sehat, sehingga anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Baca juga tentang cara mengatasi batuk pada bayi saat tidur.

  • Menghindari paparan asap

Sinusitis bisa terjadi bila anda merupakan seseorang yang mengalami alergi terhadap asap, termasuk didalamnya adalah ketika anda menghirup asap rokok bisa menyebabkan anda mengalami resiko terkena sinusitis. Maka dari itu, anda harus membiasakan diri untuk menghindari dari paparan asap atau bau, terutama yang memiliki bau yang sangat menyengat.  Hal ini sangat berguna untuk menghindarkan anda dari resiko terkena sinusitis yang tentunya akan membahayakan kesehatan anda.

  • Menghindari makanan yang bisa memproduksi lendir lebih banyak

Seperti yang telah dibahas pada kesempatan sebelumnya bahwa terdapat beberapa makanan yang memang menjadi pantangan bagi seseorang yang mengalami sinusitis. Produk makanan seperti olahan susu atau makanan yang terlalu dingin harus anda hindari ketika anda mengalami sinusitis. Mengapa demikian? Karena produk – produk makanan tersebut diketahui bisa menyebabkan tubuh anda memproduksi lendir dalam jumlah yang banyak yang mana nantinya akan semakin menyebabkan penyumbatan pada hidung anda sehingga kemudian anda mengalami sinusitis yang lebih parah. Kami menyarankan anda untuk juga mengetahui tentang cara membuat teh jahe untuk batuk.

Itulah beberapa cara terapi yang bisa anda ikutin untuk penyakit sinus akut yang bisa anda coba untuk menyembuhkan penyakit anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sinus