Sponsors Link

6 Terapi Uap Untuk Flu Dengan Langkah yang Mudah dan Cepat

Sponsors Link

Salah satu penyakit yang selalu menyerang manusia ketika musim penghujan adalah flu atau istilah medis influenza. Pada orang yang memiliki kondisi daya tahan tubuhnya lemah maka otomatis terkena viru yang menyebabkan flu. Selain itu orang yang secara genetik memeliki alergi dingin atau debu dipastikan akan mengalami flu. Ada beberapa cara dalam mencegah flu, salah satunya adalah mengkonsumsi vitamin untuk flu.

ads

Flu memiliki gejala seperti demam, lemas dan flu menyebabkan sakit kepala. Apabila kondisi flu tidak kunjung sembuh sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter agar tidak menyeababkan peradangan ataupun kondisi lainnya yang tentunya akan lebih parah jika dibiarkan saja. Kondisi lebih parah lagi seperti batuk pilek disertai bintik merahbatuk pilek panas malam hari, dan juga dahak menggumpal dan berdarah. Oleh sebab itu sebaiknya lakukan pengobatan agar flu Anda cepat sembuh. Pada artikel ini akan membahas tentang terapi uang untuk flu merupakan cara tepat dan cepat dalam mengobati flu.

Berikut ini manfaat yang dapat Anda peroleh dari terapi uap untuk flu :

Cara Terapi untuk beberapa Penyakit

  • Memperlancar saluran pernapasan

Dengan melakukukan terapi uap maka akan memperlancar saluran pernapasan penderita flu.

  • Mengobati Flu dan batuk

Pada umumnya gejala flu itu disertai batuk. Apabila dengan melakukan terapi uap maka dipastikan akan mengurangi bahkan menghilangkan batuk. Biasanya batuk dapat mudah sembuh dengan sendirinya. Tidak menutup kemungkinan batuk juga dapat disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan. Jika batuk tidak kunjung sembuh Anda wajib melakukan pengobatan yang tepat, salah satunya dengan terapi uap.

  • Mengobati Flu dan adanya pilek

Secara medis flu dan pilek itu berbeda. Pilek merupakan kondisi tubuh manusia yang mengalami penyumbatan di rongga hidung beruap lendir sedangkan flu tidak mengalami hal tersebut. Dengan melakukan terapi uap maka dapat menyebabkan gejala flu seperti pilek atau hidung tersumbat sehingga mampu melegakan hidung atau memperlancar saluran pernapasan di hidung.

  • Mengeluarkan Flu dan adanya dahak

Apabila flu disertai dahak, maka dengan melakukan terapi uap akan mempermudah dalam proses mengeluarkan dahak dari tenggorokan. Apabila dahak sudah keluar maka pernapasan penderita akan lebih lega dan mudah dalam menarik napas.

  • Menyembuhkan Radang Flu

Peradangan mungkin terjadi di hidung ketika mengalami flu. Peradangan ini mungkin terjadi ketika Anda mengeluarkan lendir di hidung secara cepat dan kencang – kencang. Hal ini akan melukai dinding rongga hidung. Anda jangan khawatir, dengan menggunakan terapi uap maka akan mudah untuk menyembuhkan peradangan di dalam rongga hidung.

  • Mengurangi Flu disertai Sesak napas

Tidak menutup kemungkinan flu dapat disertai dengan sesak napas. Hal ini dapat terjadi karena flu akan berdampak pada hidung tersumbat yang berakibat pada susahnya atau minimnya oksigen yang dapat dihirup dari rongga hidung. Namun, hal ini dapat diredakan dengan bantuan terapi uap yang dilakukan untuk mengurangi hidung tersumbat dan sesak napas.

Sponsors Link

Memang dari manfaat tersebut diatas mampu mengatasi segaal permasalahan yang berhubungan dengan flu beserta gejala – gejalanya. Akan tetapi kondisi ini sangat bahaya ketika terapi uap ini sering dilakukan meski penderitanya sudah sembuh dari flu. Berikut ini akan dibahas efek samping dari keseringan melakukan terapi uap, antara lain:

Efek samping terapi uap

  • Terjadi infeksi saluran pernapasan

Terapi uap yang dilakukan secara rutin dan berkelanjutan akan berdampak buruk bagi pasien khusunya anak – anak yang masih labil kondisi fisiknya yaitu  akan mengalami gangguan saluran pernapasan. Gangguan saluran pernapasan ini berupa infeksi di saluran sistem pernapasannya bisa di tenggorakan atau bakan di paru – paru. Hal ini harus jadi perhatian utama kita dalam memberikan terapi uap kepada siapa saja terutama keluarga kita. Infeksi ini akan berdampak fatal berupa penyempitan paru – paru sehingga berakhir pada asam atau bronkitis.

Walaupun proses penyembuhan dengan terapi uap lebih cepat akan tetapi resikonya lebih berbahaya maka lebih baik mengonsumsi obat dokter sesekali dan memperbanyak konsumsi bergizi tinggi seperti buah – buahan atau sayuran dibandingkan harus terus-menerus melakukan terapi uap dengan resiko yang lebih besar.

Sponsors Link

  • Terjadi infeksi jamur pada mulut

Proses terapi uap ini mengenai seluruh anggota tubuh. Bagian tubuh yang sensitif seperti mulut pasti mengalami perubahan akibat di uap karena uap ini memiliki efek panas. Uap panas itu akan berdampak pada suara penderita menjadi serak atau bahkan menghilang untuk beberapa hari kedepan. Selain efek itu, juga tidak menutup kemungkinan akibat terus dan menerus melakukan terapi uap akan berdampak timbulnya jamur di area mulut.

  • Terjadi luka bakar

Terapi uap pasti tidak terlepas dari temperatur atau suhu. Uap yang digunakan dalam terapi ini merupakan uap panas. Hal ini sangat berbahaya ketika penderitanya melakukan terapi uap melebihi durasi waktu terapi dan temperatur atau suhu yang tepat. Dalam penelitian disebutkan kondisi ideal atau normalnya terapi uap sekitar 10 – 15 menit dalam 1 kali terapi / hari. Apabila kondisi tersebut tidak dipenuhi maka akan berdampak fatal berupa terjadinya luka bakar di seluruh tubuh dan kalau tidak ditangani dengan cepat maka tidak menutp kemungkinan dapat meninggal dunia. (baca juga : flu dapat menyebabkan kematian)

Seperti itulah ulasan tentang terapi uap untuk flu. Bagi Anda yang sedang flu sekarang maka Anda dapat melakukan terapi uap akan tetapi harus mengikuti standart operasional prosedur seperti durasi terapi dan temperatur yang diperkenankan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (baca juga: flu saat menstuasi)

, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan