Sponsors Link

4 Tips Menjalani Puasa Saat Anda Sedang Flu Agar Lancar

Sponsors Link

Terdapat beberapa tips menjalani puasa saat Anda sedang flu. Dapat dicoba cemilan untuk anak batuk pilek paling sehat. Flu adalah penyakit yang disebabkan oleh virus flu. Dilihat dari masa inkubasi virus yang ada di dalam tubuh, virus ini mempunyai masa inkubasi yang cukup cepat. Masa inkubasi cepat ini dapat mengganggu aktivitas kerja jika anda adalah karyawan atau pekerja.

ads

Jika dalam hari-hari biasa, penyembuhan penyakit flu dapat dilakukan dengan leluasa maka di bulan puasa tidak semudah saat hari-hari biasa. Selama puasa, umat yang menjalani puasa tidak boleh makan dan minum. Akibatnya, obat flu dan minum air di siang hari tidak bisa dilakukan. Untuk dapat melawan penyakit flu meskipun sedang menjalani puasa, marilah kita simak beberapa tips yang dapat dishare. Sebaiknya anda mencari tahu apa saja virus yang menyebabkan flu.

1. Minum Cairan Hangat

Penyakit flu menyebabkan saluran pernafasan terganggu. Lendir yang bersarang pada sinus dan saluran tenggorokan dapat mengganggu pernafasan Anda. Selain mengganggu pernafasan, penderita flu dapat juga mendapatkan gangguan seperti pusing, pilek, dan batuk. Ada baiknya jika minum cairan hangat untuk mencairkan lendir yang mengganggu di sinus dan tenggorokan. Minuman hangat seperti teh herbal tanpa kafein dapat diminum sebagai pengencer lendir. Minuman teh herbal seperti kamomil dan pepermin.

Teh hangat pepermin yang dapat melegakan hidung yang tersumbat dapat diminum saat berbuka puasa. Teh hangat dari daun kamomil juga dapat berguna untuk penderita flu karena dapat mengurangi stress dan kelelahan. Teh hangat dengan campuran lemon dan madu dapat diminum untuk mempertahankan efek dari daun kamomil lebih lama. Pengonsumsian madu juga adalah salah satu dari cara mengobati sinus paranasal.

2. Konsumsi Vitamin C

Konsumsi vitamin c sangat dianjurkan untuk menambah daya tahan tubuh selama menjalankan puasa. Saat menjalan puasa, virus flu yang menjangkiti anda dapat membuat kondisi anda melemah. Vitamin c menjaga daya tahan tubuh saat virus menyerang sistem kekebalan tubuh. Buah jambu dapat dikonsumsi guna menyerap vitamin c tinggi yang terkandung dalam buah tersebut. Selain buah-buahan, anda dapat mengkonsumsi vitamin c dalam bentuk tablet atau minuman. Pengonsumsian vitamin c tidak perlu berlebihan. Vitamin c yang berlebih akan secara otomatis akan dibuang oleh tubuh melalui saluran pengeluaran. Vitamin c juga menjadi salah satu dari cara mengobati bersin-bersin.

3. Istirahat

Makanan, minuman, dan vitamin c tablet yang dikonsumsi memang menambah daya tahan tubuh dan mengobati penyakit flu, akan tetapi sebaiknya anda istirahat yang cukup. Dengan Istirahat di siang hari, sel-sel dalam tubuh akan bekerja maksimal jika anda dalam kondisi tidur atau beristirahat. Sistem kekebalan tubuh dapat bekerja melawan virus flu sehingga virus flu dapat ditekan oleh sistem kekebalan tubuh. Cara menghilangkan batuk saat tidur bisa anda jadikan opsi.

4. Periksa Kondisi Badan ke Dokter

Saat kondisi badan bertambah buruk dan virus flu semakin kuat menyerang tubuh dalam beberapa hari sebaiknya periksakan kondisi badan anda ke dokter. Jika dari hasil pemeriksaan dokter menyebutkan virus lebih kuat menyerang tubuh, maka pemberian obat untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta pengencer lendir perlu dilakukan. Sebaiknya membaca dampak setelah operasi sinusitis untuk wawasan.

Dari semua tips menjalani puasa saat anda sedang flu, saya lebih menyarankan anda untuk lebih meluangkan waktu agar melakukan istirahat yang cukup. Pada dasarnya, cara untuk sembuh dari serangan virus adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan membiarkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan hingga virus dapat ditekan kembali sampai sembuh. Semoga cepat sembuh dan sebaiknya pahami tentang batuk sembuh kambuh lagi.

, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup