Sponsors Link

8 Virus Penyebab Batuk yang Wajib Anda Waspadai

Sponsors Link

Pada umumnya batuk merupakan gejala dari penyakit setelahnya dan batuk dapat sembuh dengan sendririnya. Namun, ada pula batuk yang tak kunjung sembuh malah batuk tersebut menjadi batuk kronis alias akut. Hal ini dikarenakan virus penyebab batuk berbeda – beda. Berikut ini beberapa tanda – tanda virus penyebab batuk, antara lain:

ads
  • Demam, Apabila penderita mengalami batuk, maka berpotensi mengalami demam dengan suhu tubuh yang relatif tinggi.
  • Menggigil, kondisi ini memang kelanjutan dari demam. Hal ini dikarenkan pendertia suhu tubuhnya tinggi, pada saat tertentu tubuh penderita mengalami kedinginan alias menggigil
  • Nyeri pada tubuh, sebagian besar pendertita batuk mengalami nyeri di beberapat bagian tubuh seperti nyeri pada leher, kepala, dan bahu.
  • Radang tenggorokan, kondisi batuk ini akibat terlalu lama batuk tidak disembuhkan. Radang ini juga dapat berdampak pada pembengkakan pada tenggorokan.
  • Mual atau muntah, karena batuk dapat menimbulkan radang tenggorokan maka apabila menelan sesuatu akan merasa mual atau muntah.
  • Sakit kepala, hal ini sama seperti nyeri pada tubuh. Sakit kepala merupakan kondisi nyeri pada kepala.
  • Berkeringat di malam hari, seperti halnya menggiigil, virus penyebab batuk juga menyebabkan berikeringat di malam hari karena suhu tubuh merasa panas
  • Hidung beringus, sebagian besar orang apabila batuk pasti hidung mengeluarkan ingus. Hal ini terjadi akibat lendir di tenggorokan berpindah ke rongga hidung.

Jenis Virus Penyebab Batuk

Setiap orang pasti pernah mengalami batuk. Batuk merupakan penyakit yang sering dialami manusia apalagi musim peralihan seperti sekarang ini. Secara medis, batuk didefinisikan sebagai respon alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan pada saluran nafas jika terhirup zat atau benda asing dari luar. Kondisi ini berfungsi untuk mengeluarkan atau membersihkan lendir akibat iritasi atau bahan iritan lainnya seperti debu atau asap agar keluar dari paru – paru.

Penyakit batuk umumnya akan sembuh dalam waktu maksimal tiga minggu. Ramuan buatan sendiri seperti ramuan jahe plus madu atau lemon plus madu akan membuat batuk sembuh atau setidaknya intensitas batuk berkurang. Batuk diakibatkan selain iritasi juga adanya virus batuk yang menyaerang manusia. Virus penyebab batuk ini akan mudah masuk ke tubuh manusia, apabila sistem kekebalan tubuh manusia tersebut lemah.

Batuk merupakan gejala dari penyakit flu dan pilek, selain itu alergi terhadap alergen tertentu dan penyakit lainnya. Jadi virus yang menyebabkan batuk ini berasal dari virus yang juga menyebabkan penyakit flu dan pilek. Berikut ini beberapa nama virus yang menybabkan batuk, antara lain:

  • Virus parainfluenza manusia
  • Virus sinisisial pernapasan
  • Adenovirus
  • Enterovirus
  • Metapneumovirus
  • Rhinovirus
  • Coronavirus
  • Virus Influenza

Batuk dibedakan menjadi batuk bedahak dan batuk kering. Virus penyebab batuk berdahak berbeda dengan batuk kering. Batuk berdahak dikenal dengan batuk produktif karena batuk ini disertai dengan meningkatnya produktifitas lendir atau dahak ditenggorokan. Untuk batuk kering atau batuk non produktif karena batuk ini tidak disertai lendir.

Viru penyebab batuk ini memiliki tanda – tanda awal, untuk batukkering biasanya berupa rasa gatal di tenggorokan yang memicu batuk. Sedangkan batuk berdahak biasanya berapa keluarnya lendir dari tenggorokan, sinus atau paru – paru. Baca mengenai penyebab batuk kronis yang sering diabaikan.

Sponsors Link

Penyebab Batuk

Penderita batuk biasanya disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan akibat virus penyebab batuk. Selain itu,berikut ini penyebab batuk lain yaitu:

  1. Kondisi penyakit yang menahun, seperti asma, penyakita paru obstruktif kronik (PPOK) atau bronkitis kronis
  2. Terkena rinitis alergi, seperti alergi terhadap parfum atau zat – zat tertentu
  3. Cairan dari hidung yang mengalir ke tenggorokan
  4. Merokok
  5. Terhirup debu, asap atau zat sejenisnya

Artikel lainnya :

Cara Mengobati Batuk

Sponsors Link

Pada umumnya batuk tidak perlu dikhawatirkan, karena dengan berjalannya waktu batuk akan sembuh dengan sendirinya. Namun, ada beberapa kasus yang menunjukkan batuk tidak kunjung sembuh meskipun sudah diberi obat batuk. Hal ini bisa kemungkinan pertanda adanya batuk yang parah sehingga perlu dilakukan tindakan medis selanjutnya. Apabila Anda merasakan seperti itu, maka segerah berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami batuk yang seperti ini, yaitu:

  1. Lebih dari tiga minggu tidak kunjung sembuh
  2. Bertambah parah
  3. Batuk disertai keluarnya darah, sulit bernafas, sakit dada sehingga berakibat menurunnya berat badan dan terjadi pembekakan di leher.

Berikut ini cara mengobati batuk secara sederhana dan sangat ampuh, antara lain:

  1. Beristirahat yang cukup, dengan beristirahat maka kondisi tubuh akan memperbaiki sistem kekebalantubuh dan melawan virus dengan lebih tepat dan cepat
  2. Perbanyak minum air putih, dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas perhati maka terhindar dari dehidrasi dan ampuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  3. Berhenti merokok, salah satu penyebab utama batuk adalah merokok. Apabila Anda tidak mereko secara permanen maka dipastikan Anda akan sembuh dari batuk
  4. Hindari tempat yang lembab, hal ini dikarena tempat tersebut merupakan sarang perkembang biakan virus penyebab batuk
  5. Mengkonsumsi rutin madu, madu memang berkhasiat banyak bagi kesehatan terutama mengobati batuk. Batuk akan sembuh apabila penderita rutin mengkonsumsi madu murni.

Beragam obat batuk herbal yang dapat meringankan bahka menyembuhkan batuk. Apabila Anda batuk kering maka Anda dapat mengunakan pohon cemara, slippery elm atau akar marshmallow. Sedangkan apabila terkena batuk berdahak, Anda dapat menggunakan ivy,thyme atau akar licorice yang dapat mengusir jauh virus penyebab batuk.

Demikian penjelasan singkat tentang virus penyebab batuk. Bagi Anda sekarang yang sedang batuk, sebaiknya Anda coba cara pengobatan diatas dan pahami penyebab diatas agar Anda terhindar dari virus penyebab batuk.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab