Sponsors Link

8 Virus Penyebab Pilek yang Belum Banyak Diketahui

Sponsors Link

Pada dasarnya penyakit pilek disebabkan oleh virus. Virus penyebab pilek ini memasuki tubuh melalui mulut, mata  atau hidung. Kondisi ini terjadi virus penyebab pilek tersebut menyebar melalui tetasan di udara ketika seseorang sedang batuk, bersin atau berbicara. Selain itu penyebaran virus ini juga dilakukan melalui kontak tangan ke tangan penderita pilek atau melalui benda yang telah terkontaminasi virus penyebab pilek tersebut. Benda tersebut bisa berupa handuk, mainan, telepon atau sejenisnya. Berikut ini ada beberapa faktor yang dapat berpotensi terkena virus penyebab pilek, antara lain:

ads
  1. Sistem kekebalan tubuh melemah

Apabila Anda memiliki sistem kekebalan tubuh lemah maka Anda berpotensi untuk mudah terkena virus penyebab pilek. Resiko terkena pilek jauh lebih besar dibandingkan denga orang lain yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik.

  1. Musim

Kondisi musim peralihan atau pancoraba seperti sekarang ini merupakan musim yang cocok untuk tumbuh suburnya virus penyebab pilek berkembang biak. Hal ini akan berpotensi besar untuk terserang penyakit flu, apabila kita tidak membentengi diri dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh kita.

  1. Merokok

Kebiasaan merokok membuat virus penyebab pilek masuk mudah ke sistem tubuh manusia. Bahkan penderita pilek akan lebih parah apabila kebiasaan merokok ini tidak dikurangi.

  1. Paparan

Situasi di keramaian, membuat Anda mudah terkena penyakit pilek. Hal ini dikarenakan sadar atau tidak sadar Anda berpotensi besar terkena virus penyebab pilek dari orang – orang yang berada disekelilingi Anda pada saat itu.

Secara medis, pilek diartikan sebagai infeksi ringan pada hidung, saluran sinus, tenggorokan dan saluran pernapasan bagian atas akibat adanya virus penyebab pilek. Kondisi pilek ini dapat dialami oleh siapa saja baik anak – anak, dewasa maupun tua. Banyak jenis virus yang dapat menyebabkan pilek. Anak – anak yang berusia kurang dari enam tahun pula dapat berpotensi terkena resiko pilek. Baca batuk pilek dan benjolan di leher anak.

Nama Virus Penyebab Pilek

Penyakit Pilek ini disebabkan oleh beberapa virus antara lain:

  • Rhinovirus, virus ini memiliki RNA dan bagain dari keluarga virus piconaviridae. Virus ini berpotensi 80 % menimbulkan penyakit pilek
  • Coronavirus, virus ini menyebabkan pilek sekitar 10%-15%.
  • Virus Influenza , virus ini selain menyebabkan penyakit flu, juga menimbulkan penyekit pilek dengan potensi 5%- 15%.
  • Virus parainfluenza manusia
  • Virus sinisisial pernapasan
  • Adenovirus
  • Enterovirus
  • Metapneumovirus

Virus penyebab pilek sangat mudah masuk ke tubuh manusia, apalagi sistem kekebalan tubuh manusia mengalami penurunan. Virus penyebab pilek ketika memasukan tubuh manusia memiliki tanda – tanda, antra lain:

  1. Hidung berair atau mampet, kondisi pilek memang terdapat cairan atau lendir di dalam rongga hidung. Hal ini akan membuat hidung berair dan mampet. Kondisi hidung seperti ini akan membawa dampak bagi penderita susah bernafas.
  2. Sakit tenggorokan, selain berefek pada rongga hidung. Pilek juga dapat berdampak pada rasa sakit pada tenggorokan. Sakit tenggorokan bisa berupa rasa nyeri atau bahkan terjadi peradangan pada tenggorokan. 
    Sponsors Link

  3. Batuk, pilek dan batuk merupakan satu kesatuan. Apabila batuk pasti disertai dengan pilek dan begitu juga sebaliknya. Hal ini dikarenakan cairan pada rongga hidung akibat pilek turun ke bawah menuju tenggorokan dan akhirnya terjadi batu akibat infeksi cairant tersebut.
  4. Tubuh terasa nyeri, kondisi tubuh terasa nyeri ini sangat sering dialami oleh penderita pilek. Selain rasa nyeri pada tubuh, pilek juga disertai dengan rasa pusing atau nyeri pada kepala.
  5. Bersin, pilek juga menyebabkan bersin. Hal ini dikarenakan cairan pada rongga hidung akibat pilek secara reaktif tubuh dikeluarkan lewat bersin.
  6. Demam ringan, kondisi pilek dapat meningkatkan suhu tubuh penderita. Penderita kan mengalami demam ringan akibat terkean virus penyebab pilek tersebut.

Kami menyarankan anda untuk membaca beberapa informasi yang tidak kalah penting seperti:

Cara Mencegah Virus penyebab Pilek

Sponsors Link

Meskipun virus tak tampak oleh mata secara langsung, sehingga kita tidak pernah sadar dan tahu virus penyebab pilek tersebut menyerang Anda. Berikut ini beberapa cara mencegah virus penyebab pilek masuk ke tubuh Anda, antara lain:

  • Cuci tangan Anda

Salah satu cara mencegah virus tersebut masuk ke tubuh manusia adalah dengan mencuci tangan. Salah satu cara virus tersebut masuk ke tubuh manusia adalah lewat mulut. Apabila Anda dari luar rumah dan hendak makan maka sebaiknya Anda cuci tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir. Hal ini akan setidaknya mengurangi potensi Anda terkena pilek.

  • Bersihkan barang – barang Anda

Virus bisa menempel di barang atau benda tak hidup lainnya. Barang ini apabila dipegang manusia maka virus ini juga akan menempel di tubuh manusia. Salah satu cara mencegah virus penyebab pilek ini dengan cara mencuci bersih barang – barang Anda secara rutin agar Anda terhindar dari virus tersebut.

  • Gunakan Tissue

Salah satu pencegahan berikutnya adalah gunakan tissue ketika Anda hendak makan dengan peralatan yang belum dibersihkan. Dengan menggunakan tissue ini merupakan cara Anda membataasi penyebaran virus dan selanjutnya tissue tersebut dibuang karena tissue tersebut sudah terkontaminasi virus penyebab pilek.

  • Hindari Pemakaian Barang Secara Bersamaan

Cara ini sungguh ampuh dalam mencegah penyakit pilek yaitu jangan pernah mengguanakan barang atau peralatan secara bersama. Hal ini dilakukan untuk menghindari diri supaya tidak tertular penyakit pilek dari orang lain.

Artikel lainnya :

Nah, demiianlah penjelasan singkat mengenai virus penyebab pilek. Bagi Anda yang sekarang terkena pilek sebaiknya Anda segera ke dokter atau minum ramuan pengobat atau pereda pilek. Sedangkan apabila Anda sehat Anda juga harus perhatikan cara mencegah virus penyebab pilek tersebut agar Anda terhindar dari penyakit pilek.

, , ,




Oleh :
Kategori : Penyebab