Sponsors Link

3 Khasiat Binahong untuk Sinusitis Cepat Sembuh

Sponsors Link

Binahong merupakan suatu tanaman berbentuk daun binahong. Tanaman dengan nama latin Bassela rubra linn ini merupakan tanaman obat yang ternyata dapat digunakan untuk mengatasi penyakit pernafasan sinusitis. Daun Binahong ini adalah tanaman yang tumbuh merambat yang biasanya tumbuh di pagar rumah atau suatu gapura. Tanaman herbal binahong atau daun binahong ini memang bermanfaat untuk kesehatan, mulai dari batang, daun bahkan hingga bagian umbinya. Namun, yang sering dimanfaatkan untuk pengobatan hanya bagian daunya saja.

ads

Anda yang mengalami sinusitis tapi belum sembuh – sembuh juga, bisa diobati dengan ramuan herbal dari tanaman daun binahong ini. ciri ciri sakit kepala karena sinusitas merupakan penyakit sinusitis yang tergolong penyakit ringan, namun cukup mengganggu saluran pernafasan ini. Daun binahong yang memang memiliki segudang manfaat ini, dapat diolah menjadi obat herbal alami untuk atasi sinusitis.

Khasiat Binahong untuk Sinusitis

Jika Anda melihat artikel dan literature seputar khasiat binahong untuk sinusitis, sebenarnya tidak ada yang menjelaskan secara detail. Hanya saja, perlu Anda ketahui bahwa daun binahong yang dimanfaatkan secara alami ini memang bersifat farmakologis dimana sebagai analgesic (penurun panas), anti radang, anti hiperlipidimik (mencegah lemak yang berlebih) serta anti piretik (meredakan nyeri). Adapun khasiat lidah buaya untuk sinusitis dan  beberapa khasiat daun binahong untuk sinusitis, sebagai berikut:

  • Mengurangi Peradangan

Sinusitis pada hidung muncul karena terjadinya peradangan pada organ hidung. Peradangan yang terjadi dapat membuat pernafasan semakin tersumbat, terutama saat malam hari dan pagi hari. Oleh sebab itu, dengan daun binahong yang memang memiliki kandungan zat anti radang, masalah radang sinus ini dapat teratasi. Peradangan terjadi karena bakteri serta virus telah masuk dalam jaringan organ hidung dan menimbulkan inflamasi.

  • Mengatasi Nyeri Saat Sinusitis

Sebagian pasien yang mengalami penyakit sinusitis ini, mengeluhkan rasa sakit pada bagian hidungnya, terutama ketika menunduk. Rasa sakit tersebut, tentunya akan membuat pasien kurang nyaman terutama ketika bernafas secara normal. Dengan memanfaatkan daun binahong yang memiliki sifat sebagai pereda nyeri, maka rasa sakit pada sinusitis ini bisa berkurang dan penyakit sinus Anda bisa segera sembuh. Coba juga manfaat kencur untuk sinusitis yang penting untuk diketahui.

  • Melegakan Pernafasan

Jika sudah menggunakan daun binahong sebagai obat sinusitis yang alami selama 3 hari, maka secara perlahan pernafasan Anda kemungkinan bisa lebih lega dari sebelumnya. Daun binahong akan mengurangi peradangan yang terjadi, sehingga sel-sel yang membentuk jaringan baru (kesembuhan) akan lebih cepat bekerja. Pernafasan Anda akan kembali lancar dan normal.

Cara Mengolah Daun Binahong untuk Sinusitis

Daun binahong sepintas mirip seperti beberapa jenis daun kering pada umumnya, hanya saja binahong sering dijumpai tumbuh dengan cara merambat di area pagar sekitar rumah. Meski begitu,  khasiat daun sambiloto untuk sinusitismanfaat daun binahong sebagai obat herbal ternyata tidak perlu diragukan lagi. Selain untuk sinusitis agar cepat sembuh, daun binahong juga dapat membantu mengatasi penyakit kanker dan penyakit kronis lainya.

Jika hendak menjadikan daun binahong kering sebagai khasiat untuk sinusitis, maka cukup dengan merebus kurang lebih 30 gram daun binahong ke dalam air sebanyak 1.000 cc. Setelah itu, Anda cukup merebus daun binahong hingga akhirnya tersisa sekitar 600 cc air rebusan. Air rebusan tersebut juga dapat ditambah dengan madu, jika perlu. Minum secara rutin sebanyak 3 kali sehari, agar mendapat khasiat binahong untuk sinusitis yang lebih cepat sembuh.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Herbal