Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Pilek Saat Bangun Tidur Paling Praktis

Sponsors Link

Cara mengatasi pilek saat bangun tidur dapat dilakukan dengan berbagai langkah. Pilek yang terjadi saat bangun tidur di pagi hari terkadang disertai dengan hidung mampet kepala pusing ataupun hidung gatal. Terkadang pula disertai dengan keadaan mata yang sembab atau merah. Kondisi ini tentunya akan sangat mengganggu aktivitas kita di sepanjang hari. Terutama saat pilekyang terjadi ini disertai dengan bersin-bersin yang tak henti-hentinya. Kondisi ini biasanya dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya seperti adanya alergi terhadap suhu udara di pagi hari atau terhadap serbuk bunga. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk cara mengatasi pilek saat bangun tidur

ads

1. Berolahraga secara teratur

Olahraga secara rutin dapat membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Olahraga juga dapat menyembuhkan pilek atau alergi yang diderita oleh seseorang. Sebab olahraga dapat meningkatkan stamina atau daya tahan tubuh. Olahraga tidak perlu dilakukan secara berlebihan. Olahraga boleh dilakukan hanya dalam waktu 20 menit saja. Yang penting olahraga tersebut dapat membuat tubuh mengeluarkan keringat.Olahraga juga harus dilakukan setiap hari agar dapat berfungsi mencegah batuk pasca operasi amandel ataupun pilek secara optimal dan kesehatan.

2. Mengonsumsi buah-buahan

Buah-buahan umumnya mengandung vitamin. Vitamin memiliki segudang manfaat untuk tubuh diantaranya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Mengonsumsi buah secara rutin akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit termasuk pilek. Mengonsumsi buah sebelum makan berat setiap hari dapat membantu menjaga kekebalan tubuh sehingga batuk pilek disertai diare tidak akan mudah menyerang.

3. Minum air hangat

Air hangat sebenarnya memiliki banyak fungsi untuk kesehatan terutama untuk meredakan pilek. Air hangat yang diminum dapat berfungsi untuk mengencerkan lendir atau dahak. Lendir atau dahak umumnya menyertai gejala pilek yang dialami oleh seseorang. Terkadang batuk berlendir disertai darah atau dahak ini juga menandakan adanya infeksi pada tubuh. Air hangat yang diminum juga akan mengurangi frekuensi pilek dan meredakan hidung tersumbat. Terutama jika air hangat ini diminum saat pagi hari. Alergi berupa pilek dapat menjadi sembuh bila rutin mengonsumsi air hangat di pagi hari.

4. Minum air putih

Minum air putih sebanyak 8 gelas atau 1500 ml setiap hari dapat meningkatkan kondisi seseorang sehingga tetap selalu sehat. Air putih juga dapat mempercepat proses pemulihan atau kesembuhan. Air putih juga dapat berfungsi sebagai pengencer dahak berwarna putih kental atau lendir yang umumnya dapat memperparah kondisi pilek.

5. Menjaga kebersihan lingkungan

Kebersihan lingkungan harus selalu dijaga. Sebab lingkungan yang kotor akan menyebabkan adanya penyakit. Lingkungan yang penuh debu juga akan menimbulkan pilek terutama bagi orang yang memiliki batuk akibat alergi susu. Oleh karena itu kebersihan lingkungan harus selalu terjaga terutama lingkungan kamar. Kamar yang bersih akan mengurangi resiko pilek saat bangun di pagi hari. Yang penting disini adalah lingkungan kamar terbebas dari debu.

6. Mandi dengan menggunakan air hangat

Mandi air hangat ternyata dapat meredakan pilek tapi tidak keluar ingus dan hidung tersumbat serta gejala-gejala lain yang menyertainya seperti lendir atau dahak dan batuk. Uap dari air hangat juga dapat dihirup agar frekuensi pilek dapat berkurang. Mandi air hangat juga berfungsi untuk melancarkan peredaran darah sehingga tubuh akan selalu sehat.

Cara mengatasi pilek saat bangun tidur sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Hanya saja Anda perlu melakukan beberapa tips di atas secara rutin sehingga kesehatan tubuh akan tetap terjaga

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan