Sponsors Link

Inhaler Untuk Sinusitis: Manfaat dan Cara Penggunaannya

Sponsors Link

Inhaler adalah salah satu alternative untuk menyembuhkan penyakit yang telah lama berasarang pada tubuh. Inhaler ini tentunya terbagi atas beberapa jenis sesuai dengan penyakit yang kita derita. Untuk mengatasi sinusitis, Anda dapat menggunaka inhaler berjenis lang atau viks. Inhaler berjenis lang dan viks ini memang dikhususkan untuk mengobati penyakit yang berkembang di area hidung, seperti pilek, flu bahkan sinusitis.

ads

Namun, Anda juga perlu tahu apa itu inhaler lang dan inhaler vicks? Inhaler lang dan inhaler vicks merupakan inhaler yang digunakan untuk membantu melegakan hidung yang tersumbat karena lendir yang disertai flu, dan sangat efektif untuk membersihkan hidung yang terkena hidung tersumbat setelah operasi sinusitis. Lalu, apa manfaat inhaler untuk sinusitis? Berikut penjelasannya.

Manfaat Inhaler untuk sinusitis

Manfaat inhaler untuk sinusitis ini dapat berbentuk apa saja yang akan membantu Anda menyembuhkan sinusitis yang sedang dialami. Berikut beberapa penjelasan tentang manfaat inhaler untuk sinusitis.

  1. Inhaler lang digunakan untuk membersihkan dan melegakan hidung yang tersumbat karena lendir. Fungsi ini juga dapat ditemukan ketika Anda menggunakan inhaler vicks.
  2. Menggunakan inhaler juga akan mendinginkan rongga hidung dan dapat membantu Anda untuk bernapas lebih lega.
  3. Inhaler vicks juga dapat berfungsi sebagai dekongestan yang mengatas peradangan pada rongga hidung serta radang tenggorokan. Inhaler ini juga akan memberikan efek dingin ketika dihirup.
  4. Menggunakan inhaler juga akan menghilangkan rasa pusing dan rasa nyeri saat sakit kepala. Sakit kepala merupakan efek samping dari sinusitis berulang yang tidak segera diatasi.
  5. Dengan menggunakan inhaler, sinusitis yang Anda alami akan berkurang dan intensitas lendir yang menyumbat hidung akan berkurang. Serta, inhaler juga dapat membantu darah dapat mengalir ke kepala.
  6. Inhaler vicks juga memiliki cara kerja yang sama dengan merica yang akan meledakkan hidung Anda ketika tersumbat. Selain itu, vicks inhaler ini dapat berfungsi menggantikan preparat nasal.
  7. Vicks Inhaler juga mampu menggantikan fungsi air garam yang mampu membersihkan saluran pernapasan. Selain itu hal ini juga didukung dengan kandungan inhaler seperti mentol, minyak peppermint, cajeput eucalyptol serta komponen dari kayu mujarab yang akan membuka sinus dan mencegah penyebaran sinus.
  8. Untuk sinusitis yang telah menyebar hingga ke paru-paru, Anda cukup menggunakan inhaler berjenis berotec. Berotec tak hanya berguna untuk asma, namun mengobati paru-paru yang tekena virus dari tanda-tanda sinusitis maksilaris akan sembuh.

Selain manfaat inhaler untuk sinusitis diatas, Anda juga perlu tahu bagaimana cara menggunakan inhaler dengan benar agar inhaler dapat bekerja sesuai dengan fungsinya.

Cara Pemakaian Inhaler

Anda harus mengetahui cara menggunakan inhaler untuk sinusitis karena alergi dengan benar dan merasakan fungsi inhaler secara efektif.  Berikut penjelasannya.

  • Inhaler lang digunakan setiap kali hidung tersumbat, cukup dengan menyedot inhaler lang langsung melalui hidung.
  • Untuk penggunaannya, setelah menghisap sekali berikan jeda diantara setiap isapan. Kira-kira sekitar 3-5 menit. Hirup inhaler dengan posisi duduk tegak atau berdiri tegak. Setelah itu tahan napas kurang lebih 10 detik setelah menghirupnya.
  • Untuk penggunaan inhaler vicks, masukkan inhaler ke salah satu lubang hidung, sementara lubang hidung lain ditutup lalu tarik napas dalam-dalam. Inhaler vicks ini dapat digunakan selama Anda membutuhkannya.
  • Anda juga dapat menggunakan inhaler dengan bantuan spacer. Spacer terulur dari mouthpiece yang akan membantu obat bergerak perlahan ke mulut.
  • Selain menggunakan spacer, Anda juga dapat menggunakan breath-activated inhaler. Namun ini berbentuk obat atau bubuk kering yang dipasok ke paru-paru. Ini akan berguna untuk mencegah virus berkembang dan membersihkan paru-paru. Hanya dengan menghirup nya saja untuk mengaktifkan obat dan menghantarkannya ke paru-paru.
Sponsors Link

Selain daripada itu, ada beberapa tips penyimpanan inhaler agar Anda dapat menggunakan inhaler yang baik. Sebelum menggunakan inhaler, sebaiknya dikocok terlebih dahulu dan segera dihirup ketika inhaler tersebut sudah aktif. Simpan inhaler pada ruangan yang tidak terpapar langsung oleh sinar matahari, pada ruangan yang sejuk, kering serta tidak menghentikan penggunaan inhaler secara tiba tiba. Inhaler juga perlu dibersihkan setiap bulan agar ketika Anda menggunakannya kembali, tidak menimbulkan efek samping yang malah akan memperparah sinusitis yang Anda alami.

Untuk hasil yang lebih efektif hindari mengonsumsi susu untuk sementara untuk menghindari penyebab hidung tersumbat oleh sinusitis tidak boleh minum susu. Selain itu, Anda sebaiknya menghindari penyebab alergi seperti debu, ragi dan jamur yang akan membuat sinus menyebar.

Demikianlah, inhaler untuk sinusitis yang dapat Anda ketahui dan terapkan di rumah selama masa pengobatan batuk karena sinusitis Anda. Tetap perhatikan kondisi inhaler yang Anda gunakan, serta tetap berkonsultasi pada dokter mengenai perkembangan sinusitis yang Anda alami. Ini dimaksudkan untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi bila Anda menggunakan inhaler dengan cara yang tidak tepat. Tetap jaga kesehatan dan semoga artikel ini bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan