Sponsors Link

3 Cara Menyedot Ingus Bayi Dengan Mulut Paling Aman dan Mudah

Sponsors Link

Ketika bayi kita mengalami pilek maka tentunya setiap orang tua akan merasaa khawatir dan terkadang ada yang sampai merasa panik karena mereka takut bahwa buah hatinya terkena gangguan yang bisa membahayakan bayi tersebut. Semua orang yang mengalami pilek maka akan membuat penderinya kesulitan bernapas, termasuk juga bayi. Hal inilah yang menjadi sebab munculnya kekhawatiran dari setiap orang tua.

ads

Perlu anda tahu bahwa pilek merupakan sebuah kondisi dimana hidung mengalami infeksi ringan. Biasanya kondisi ini tidak hanya menyerang hidung saja, akan tetapi menyerang saluran sinus, tenggorokan, dan juga menyerang saluran pernapasan bagian atas karena virus sudah menyerang atau menginfeksinya. Selain itu, menurut beberapa survey dijelaskan bahwa pilek lebih banyak dialami oleh anak – anak dibandingkan dengan orang dewasa.

Kemudian sebuah pertanyaan muncul dari orang – orang, yakni mengapa anak – anak lebih sering terkena flu dibandingkan dengan orang dewasa? Jawabannya sangat sederhana karena memang sistem kekebalan tubuh pada anak belum sempurna yang membuatnya rentan terkena berbagai penyakit atau kondisi tertentu, salah satunya adalah pilek.

Bahayakah Pilek Pada Bayi?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pilek merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh infeksi ringan dari virus. Dengan kata lain, pada dasarnya pilek memang tidak berbahaya karena kondisi ini lama – kelamaan akan sembuh meskipun anda tidak melakukan pengobatan apapun karena nantinya sistem kekebalan tubuh anda lah yang akan membantu mengatasi virus tersebut.

Akan tetapi, berbeda halnya jika pilek ini menyerang bayi. Meskipun memang pilek tersebut merupakan suatu kondisi yang biasa saja, namun karena yang diserang bayi maka kekhawatiran yang dialami tentu akan sangat berbeda, terlebih jika bayi tersebut benar – benar sampai kesulitan untuk bernapas.

Lantas, Bagaimana Cara Menyembuhkan Pilek Bayi?

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan atau meredakan pilek yang dialami oleh bayi anda. Namun, banyak orang menempuh cara singkat yaitu dengan cara menyedot ingus bayi dengan mulut yang mana tekniknya akan kami jelaskan di bawah ini. Namun sebelum itu, kami menyarankan anda untuk mengetahui beberapa informasi penting di bawah ini:

Cara Menyedot Ingus Bagi Dengan Mulut

Adapun cara menyedit ingus bayi dengan mulut adalah biasanya dengan menghisap salah satu lubang hidung. Sekedar informasi bagi anda bahwa anda jangan pernah menyedot ingus bayi langsung dari kedua lubang hidungnya karena hal ini akan sangat berbahaya untuk kondisi bayi anda.

1. Memposisikan Bayi Agar Terlentang

Cara pertama yang haru anda lakukan untuk memposisikan bayi dengan possi terlentang. Usahakn bayi anda harus dalam posisi terlentang sehingga nantinya akan mempermudah anda untuk menyedot ingusnya. Jika misalnya bayi anda tidak bisa diposisikan terlentang maka yang harus anda lakukan adalah dengan memberi kesempatan bayi anda beberapa menit sebelum mengubah posisinya.

Sponsors Link

Atau mungkin anda bisa memposisikan bayi dengan posisi duduk meskipun tentunya cara yang nanti akan anda lakukan sedikit lebih sulit dibandingkan dengan ketika bayi dalam posisi telentang.

2. Menyedot Salah Satu Lubang Hidung

Cara kedua yang harus anda lakukan adalah dengan menyedot salah satu lubang hidung pada bayi anda. Yang harus anda perhatikan adalah anda jangan sampai menyedot kedua lubang hidung bayi secara bersamaan karena hal ini bisa menyebabkan bayi anda mengalami masalah lain yang tentunya bisa lebih serius.

Untuk melakukan teknik ini, anda mulailah menyedot salah satu lubang hidung bayi tanpa harus menutupi lubang hidung bayi anda yang lain. Lakukan cara ini beberapa kali sampai anda merasa bahwa lendir atau ingus pada bayi sudah mulai hilang.

3. Membuang Ingus

Sponsors Link

Cara yang terakhir adalah dengan membuang ingus tersebut. Perlu anda tahu bahwa anda tidak dianjurkan untuk terlalu lama menahan ingus bayi anda di dalam mulut karena hal ini akan menyebabkan anda mengalami infeksi virus yang berasal dari ingus bayi anda. Segera buang ingus tersebut ke dengan cara meludahkannya atau mungking bisa anda buang ke tisu. Dan sangat berhati – hati untuk membuang tisu tersebut agar tidak sampai mengganggu orang lain.

Amankah Menyedot Ingus Bayi Dengan Mulut?

Pertanyaan lain yang juga tidak kalah penting sering dilontarkan oleh para orang tua tentang apakah aman melakukan sedot ingus bayi dengan menggunakan mulut? Apakah tidak memberikan dampak negatif terhadap bayi maupun orang tua bayi?

Dijelaskan oleh dr Isabella Riandani, SpA, bahwasanya orang tua dilarang untuk mengeluarkan lendir atau ingus bayi dengan cara menyedotnya menggunakan mulut. Alasan mengapa hal tersebut dilarang karena diketahui bahwa cara menyedot ingus bayi dengan mulut bisa mentransfer virus yang ada pada bayi kepada orang tua atau orang menyedot ingus bayi tersebut. Maka dari itu, sebaiknya untuk membantu mengeluarkan lendir atau ingus pada bayi disarankan untuk melakukan cara – cara lainnya yang tentunya lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping atau dampak negatif bagi bayi maupun orang yang mengobatinya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Ada pengobatan lain yang bisa dilakukan untuk pilek yang menyerang orang dewasa maupun anak – anak diatas 5 tahun, yaitu cara mengobati pilek, obat tradisional untuk batuk pilek.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan