Sponsors Link

12 Cara Mengobati Tenggorokan Gatal Dan Batuk Berdahak Secara Alami

Sponsors Link

Di saat cuaca mulai tidak menentu, terutama seperti di negara tropis seperti Indonesia dimana kita bisa mendapatkan pergantiaan cuaca yang terjadi dengan sangat ekstrim, kesehatan tubuh dan daya tahan kita pun dapat menurun secara drastis. Begitu banyak penyakit yang sangat mudah mengjangkit kita, terutama pada saya daya tahan tubuh sedang tidak optimal. Salah satu dari sekian banyak penyakit yang ada,yang paling sering kita dengar pada saat pergantiaan musim dan cuaca tidak menentu seperti sekarang ini ada tiga, yaitu influenza atau flu, batuk dan sakit tenggorokan atau pun tenggorokan gatal.

ads

Sekarang, kami ingin membahas lebih detail lagi untuk metoda dan cara-cara pengobatan tenggorokan gatal dan batuk. Tenggorokan gatal dapat disebabkan oleh beberapa hal. Seperti yang sebutkan sebelumnya, tenggorokan gatal dapat di sebabkan oleh perubahaan cuaca yang ekstrim. Selain perubahaan cuaca, tenggorokan gatal dapat juga di sebabkan oleh alergi dan flu.

Pengobatan Tenggorokan Gatal dan Batuk Berdahak

Tenggorokan Gatal juga tidak dapat dibiarkan begitu saja karena tenggorokan gatal dapat menjadi awal dari gejala yang lebih serius seperti radang amandel atau tonsilitis, infeksi tenggorokan atau streptococcus atau pun infeksi virus ebola. Untuk tenggorokan gatal karena infeksi virus biasanya tidak memerlukan pengangan yang lama dan dapat disembukan dalama 5 sampai 7 hari.

Jika Anda sudah terkena tenggorokan gatal, anda dapat mencoba beberapa caraberikut untuk mengobatinya sesuai dengan penyebabnya. Berikut beberapa cara mengobati tenggorokan gatal:

1. Berhenti dengan kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk yang dimaksud sangat banyak, seperti meminum minuman bersoda, minuman yang mengandung kadar gula buatan yang sangat banyak. Dikarenakan minuman tersebut dapat menurunkan kadar air di tubuh anda dan dapat meyebabkan dehidrasi. Berhenti juga mengkonsumsi segala jenis obat-obatan yang dapat menyebabkan iritasi di tenggorokan, seperti anti depresan dan narkoba.

Merokok juga salah satu penyebab iritasi tenggorokan karena rokok mempunyai kandungan yang membuat dapat  mengeringkan tenggorokan. Lebih baiknya jika Anda meminum air putih biasa atau pun air hangat agar dapat menenangkan tenggorokan yang gatal dan berhenti segala kebiasaan buruk yang disebut di atas.
(Baca juga: Penyebab Batuk Alergi)

2. Mengkonsumsi permen pelega tenggorokan

Permen pelega tenggorokan ternyata mampu membuat rasa pereda pada tenggorokan anda yang sakit. Tidak hanya itu, produksi air liur yang di hasilkan dapat membuat tenggorokan tidak kering lagi, dan mengurangi rasa gatal tersebut. Akan tetapi tidak semua jenis dapat menjadi perlega tenggorokan karena kandungan gula pada komposisi permen tersebut karena gula dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat tenggorokan kering dan batuk dan gatal tenggorokan anda.(Baca juga: Obat Tradisional Batuk Kering)

3. Mengkonsumsi Air hangat

Tenggorokan gatal di sebabkan oleh keringnya tenggorokan tersebut. Untuk mengurangi rasa gatal pada tenggorokan dapat dilakukan dengan perbanyak meminum air. Air hangat akan sangat membantu
melegakan tenggorokan, mengurangi iritasi dan juga mengurangi rasa gatal tersebut. Air juga dapat mengobati dehidrasi yang merupakan salah satu penyebab gatal tenggorokan. (Baca juga: Penyebab Penyakit Pneumonia)

4. Menggunakan obat kumur

Sponsors Link

Obat kumur mengandung mentol yang membunuh bakteri yang di dalam mulut Anda. Bakteri-bakteri tersebut juga merupakan salah satu penyabab tenggorokan gatal. Oleh sebab itu, sering-seringlah berkumur menggunakan obat kumur agar dapat mengurangi pertumbuhan bakteri pada mulut anda. Lebih baik lagi jika Anda berkumur menggunakan obat kumur setiap pagi dan setelah mengkonsumsi makanan. (Baca juga: Cara Mengobati Pilek Pada Bayi)

5. Mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak kadar air

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penyebab utama tenggorokan gatal adalah karena kering nya tenggorokan tersebut. Selain dengan meminum air yang banyak, mengkonsumsi buah yang mengandung banyak kadar air adalah salah satu cara yang ampuh dalam mengobati tenggorokan gatal. Jenis-jenis buah yang dapat di konsumsi antara lain adalah, semangka. Semangka adalah buah yang paling banyak mengandung kadar air. Selain hanya kandungan air yang banyak, semangka juga memiliki kandungan likopen yang sangat baik untuk jantung. Semangka juga memliki kandunga vitamin A dan dapat menigkatkan kekebalan tubuh juga perlindugan dari radikal bebas seperti asap pabrik dan asap kendaraan. (Baca juga : Cara Mengobati Asma)

6. Mengkonsumsi Air Garam

ads

Garam adalah salah satu remedi rumahan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Air garam hanya dapat digunakan untuk berkumur dan tidak untuk di minum. Bagi anda yang tidak menyukai obat kumur dikarekan ada nya bahan kimia lain dapat mengunakan alternatif air garam sebagai obat kumur. Selain sebagai untuk pengobatan batuk dan sakit tenggorokan, air garam dapat juga di gunakan untuk mencegah bau mulut dan dapat digunakan mengluarkan dahak dengan cepat. Dengan begitu dahak di batuk berdahak yang susah keluar akan dengan mudah keluar. (Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Batuk)

Biasanya tenggorokan gatal tidak hanya datang dengan sendirinya, akan tetapi selalu di temani dengan batuk atau pun flu. Anda dapat membaca cara pecengahan flu dan cara penularan flu untuk dapat mengobati diri anda atau keluarga anda yang terkena flu. Jika tenggorokan gatal saja sudah sangat menganggu, maka jika di tambah dengan batuk sudah pasti hal tersebut akan sangat menyusahakan.

Minuman Pengobatan Untuk Tenggorokan Gatal dan Batuk Berdahak

Jika Anda, anak anda atau salah satu dari keluarga dan orang tercinta anda ternjangkit flu atau pun batuk, maka anda dapat membaca ulasan kami,di mana kami membahasa secara rinci bagaimana cara mengobati flu tanpa obat dan juga dua ratus jenis minuman alami yang dapat menyembukan berbagai jenis batuk, antarnya adalah batuk berdahak dan batuk kering. Untuk mengobati anda dapat mencoba berbagai cara dibawah ini:

1. Susu dan kunyit

Kunyit telah dipercaya sejak zaman nenek moyang kita sebagai salah satuh rempah-rempah yang dapat memyembukan berbagai penyakit, termasuk batuk dan tenggorokan gatal. Susu hangat dapat menenagkan tenggorokan dan mengurangi batuk. Sebagai alternatif lainnya, anda juga dapat mengganti susu dengan air hangat yang di campurkan dengan kunyit. (Baca juga :Jenis-jenis Batuk)

2. Teh Jahe

Teh jahe adalah salah minuman yang paling mudah di buat dan dan mengobati berbagai macam penyakit. Teh jahe juga sangat efektif dalam mengobati gatal tenggorokan dan batuk. Cara mengobati tenggorokan gatal dengan membuatnya juga sangatlah mudah. Anda dapat membuak teh hangan hanya dengan menambahkan beberapa ruas jahe yang telah di iris tipis kedalam air the hangat. Anda dapat mengganti gula dengan madu atau pun gula merah untuk mendapatkan rasa manisnya. (Baca juga: Penyebab Batuk Berdahak)

Artikel lain :

3. Sup ayam

Selain rasanya yang sedap, sup ayam adalah obat tradisional untuk mengobati gatal tenggorokan dan batuk. Penelitian dari salah satu universitas termuka di Amerika Serikat menyatakan bahwa kaldu ayam dapat membuat tubuh anda menjadi hangat dan menringakan gatal dan iritasi tenggorokan. Akan lebih baik juga pada saya perebusan ayam dan pembuatan sup ayam di tambahkan dengan berbagai rempah – rempah tradisional. Sup ayam juga sangat efektif untuk sebagai perangsang dan memudahkan pengeluaran lendir. (Baca juga: Cara Mengobati Pilek)

4. Bawang dan gula

Sponsors Link

Ini adalah salah satu cara paling efektif untuk mengobati gatal tenggorokan dan batuk walaupun masih sangat banyak yang belum tahu. Bawang dan gula dapat meredakan berbagai jenis batuk dan
meringankan gatal tenggorokan.Cara membuatnya juga sangat mudah. Iris beberapa siung bawah dan masukkan ke dalam segelas gula putih. Aduk rata lalu diamkan selama satu malam. Gula putih tersebut akan mencair dan bercampur denga irisan bawang tadi dan membentuk sirup. Untuk mempercepat racikan sirup bawang anda dapat mendidihkan racikan tersebut dalam api kecil selama beberapa menit. Anda dapat meminum sirup bawang sebanyak satu sendok makan untuk dua jam sekali. (Baca juga: Penyebab Pilek Berkepanjangan Pada Anak)

5. Madu

Madu sangat efektif untuk mengobati batuk dan mengurangi gatal tenggorokan. Madu dapat diminum sebanyak satu sedok makan per hari. Anda juga dapat menggunakan madu bersama dengan minumuman lain seperti menambahkan satu sendok makan madu dengan perasan lemon atau kedalam secangkir teh jahe hangat. Air hangat dengan perasan lemon lalu ditambahkan dengan madu dapat mengobati batu dan gatal tenggorokan disebabkan oleh kandungan vitamin C pada lemon yang merupakan buah ini salah satu dari yang lain yang memiliki vitamin C dengan dosis tinggi. Tidak hanya mengobati gatal tenggorokan dan batuk, minuman yang di campurkan dengan madu juga dapat mengiknat kekebalan tubuh.

Madu juga sangat aman untuk dikonsumi oleh anak – anak yang berusia di atas satu tahun sebanyak satu sampai dua sendok makan untuk mengobati batuk dan gatal tenggorokan yang sangat mengganggu pada malam hari dan sebanyak dua sampai dengan empat sendok makan untuk orang dewasa. (Baca juga: Ciri-Ciri Penyakit Batuk Kronis)

6. Pisang

Buah yang sangat berkhasiat untuk mengobati batuk dan gatal tenggorokan adalah pisang. Hal ini disebabkan karena teksturnya yang lembut, kaya akan anti oksidan, vitamin C dan juga sangat mudah untuk dicerna. Pisang juga adalah buah yang aman di konsumsi oleh ibu hamil untuk mengobati batuk dan gatal tenggorokan. Pengelolahan pisang juga tidak perlu terlalu ribet karena anda dapat menyiapkan pisang yang langsung bisa di konsumsi. (Baca juga : Gejala Flu Singapura)

Berbagai cara diatas dapat anda coba untuk cara mengobati tenggorokan gatal dan batuk, selain mudah di lakukan dengan bahan-bahan atau pun rempah-rempah yang dapat sangat mudah kita temukan di dapur rumah kita, cara-cara di atas juga telah terbukti untuk mengobati tenggorokan gatal dan batuk. Akan tetapi jika setelah mencoba berbagai cara di atas dan tenggorokan gatal atau batuk masih belum sembuh, alangkah baiknya jika anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari infeksi berkelanjutan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan