Sponsors Link

7 Cara Menggunakan Breathy Nasal Spray dengan Benar

Sponsors Link

Sepertinya sebagian besar orang belum mengenal betul tentang alat yang disebut Breathy Nasal Spray. Alat semprot hidung berbeda dengan inhaler untuk sinusitis , karena ini biasanya digunakan untuk membantu melegakan hidung yang tersumbat karena pilek dan gejala flu. Alat semprot ini juga dianggap lebih efektif karena tidak mengandung bahan kimia seperti hal nya obat pilek atau obat flu yang dapat memunculkan efek samping tertentu. Alat ini memang tidak sederhana penggunaanya seperti minum obat biasa.

ads

Breathy nasal spray yang banyak dijual saat ini, diproduksi dalam bentuk botol tube yang mirip dengan obat-obatan pada umumnya. Breathy nasal ini termasuk dalam kategori obat bebas terbatas, sehingga cukup mudah di dapatkan di apotek sekitar kota Anda. Tersedia dalam berbagai merek obat, namun cara menghilangkan ingus di tenggorokan menggunakan breathy nasal spray umumnya memiliki fungsi yang tidak sama.

Tentang Breathy Nasal Spray

Penggunaan breathy nasal spray drop atau semprot adalah jenis yang banyak digunakan saat ini oleh sebagian orang yang mengalami hidung tersumbat dan masalah keluhan hidung lainya. Obat semprot hidung ini memiliki kandungan zat natrium klorida sebanyak 6.5 mg. Senyawa ini bekerja dengan cara meningkatkan elektrolit tubuh dan membuat saluran hidung menjadi lebih rileks.

Penggunaan obat breathy nasal spray ini akan efektif dalam menyembuhkan gejala hidung tersumbat serta gejala lainya, jika digunakan sesuai dosis yang berlaku. Umumnya, pasien dewasa menggunakan breathy nasal spray sebanyak 2 hingga 6 tetes, sementara pada bayi cara mengobati pilek pada bayi 3 bulan hanya diberikan 1 hingga 2 tetes saja.  Proses penyembuhan bisa terjadi hingga satu minggu, namun bisa lebih cepat, tergantung dari kondisi kesehatan pasien.

Cara Menggunakan Breathy Nasal Spray

Melihat perkembangan dari alat semprot hidung ini, terdapat perbedaan cara menggunakan antibiotik untuk ingus hijau  dengan obat semprot hidung ini. Namun, secara umum, alat semprot hidung ini digunakan dengan cara yang sama seperti menggunakan inhaler untuk hidung. Bagaimana cara menggunakan breathy nasal spray (alat semprot hidung) dengan benar, berikut ulasanya:

  • Untuk bentuk breathy nasal spray yang standar, seperti merek Afrin, dimasukan ke dalam lubang hidung yang tersumbat
  • Setelah itu, bagian badan botol ditekan dan secara otomatis obat dalam botol akan menyembur ke luar botol
  • Agar lebih efektif Pasien harus menggunakan obat semprot hidung ini dengan cara menunduk, agar daya sembur obatnya bisa menyebar dan mencapai bagian mukosa hidung
  • Anda bisa menunduk dengan mengarahkan kepala ke bawah, sementara badan telungkup hingga membentuk 90 derajat atau sebaliknya. Dalam keadaan telentang, kepala diposisikan lebih rendah membentuk 90 derajat
  • Jika menggunakan alat semprot hidung keluaran terbaru, aktifitas menunduk ini tidak diperlukan lagi, sebab teknologi semprotnya sudah lebih cepat
  • Cek bagian penyemprotnya, jika sudah dapat berfungsi maka Anda hanya perlu menekan tombol semprotnya saja
  • Sebaiknya, penggunaan alat semprot ini tidak boleh mengenai mulut atau mata untuk menghindari terjadinya iritasi

Untuk pasien dewasa dan anak-anak di atas usia 6 tahun, umumnya lebih menyukai breathy nasal spray dengan semprot yang lebih mudah. Sementara untuk anak-anak di bawah usia kurang dari 2 tahun, disarankan menggunakan obat tradisional pengencer ingus  atau gunakan breathy nasal spray tetes, karena kondisi lubang hidung yang masih sempit. Semoga obat semprot hidung ini segera memulihkan pilek Anda.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan