Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Sakit Tenggorokan Saat Menelan Makanan

Sponsors Link

Sakit tenggorokan saat menelan atau pain on swallowing hampir identik dengan cara mengatasi sakit tenggorokan karena flu. Sakit tenggorokan saat menelan disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab yang paling sering ditemui adalah akibat infeksi virus maupun bakteri. Infeksi akibat virus biasanya disertai dengan gejala flu, seperti batuk, pilek dan bersin-bersin. Akibat infeksi ini, sistem imun tubuh melakukan perlawanan terhadap benda asing yang masuk dan menghasilkan lendir di bagian tenggorokan. Selain itu infeksi virus seperti amandel dan pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar leher juga bisa memicu rasa sakit tenggorokan saat menelan.

ads

Di samping infeksi virus, infeksi bakteri juga bisa menyebabkan rasa sakit tenggorokan saat menelan. Bakteri yang sering menginfeksi bagian sekitar tenggorokan adalah bakteri Streptococcus dan Haemolyticum. Bakteri ini menyebabkan peradangan epiglottis di bagian tenggorokan. Peradangan ini menyebabkan rasa sakit teramat sangat pada tenggorokan saat menelan makanan. Selain infeksi, rasa sakit tenggorokan saat menelan juga bisa disebabkan oleh tenggorokan yang kering, serta alergi dan iritasi. Berikut ini kita akan membahas beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk cara menghilangkan sakit tenggorokan saat menelan.

1. Berkumur menggunakan air garam

Berkumur menggunakan air garam berguna untuk mengembalikan tenggorokan yang kering akibat dehidrasi. Selain itu berkumur menggunakan air garam dapat membantu mematikan bakteri-bakteri penyebab radang tenggorokan, serta mencegah bakteri lain menginfeksi tempat yang sama. Caranya mudah sekali. Anda tinggal menyediakan segelas air hangat. Kemudian tambahkan satu sendok teh garam dan diaduk hingga larut. Selanjutnya berkumurlah dengan menggunakan larutan tersebut selama beberapa detik. Lakukan sebanyak 3 kali dalam sehari agar segera sembuh. Selain berguna unutuk menghilangkan sakit tenggorokan, berkumur menggunakan air garam ini juga termasuk ke dalam cara mengobati batuk terus menerus yang tidak kunjung sembuh.

2. Minum air madu hangat

Madu dikenal sebagai bahan alami yang mempunyai banyak khasiat. Salah satu di antaranya adalah untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan meminum air hangat yang dicampur madu, tenggorokan yang mengalami peradangan dan sakit saat menelan akan cepat sembuh dan kembali seperti semula. Minum sesering mungkin untuk menetralisisr rasa sakit tenggorokan saat menelan.

3. Minum air putih yang cukup

Hal ini mungkin terdengar sepele, tetapi pada kenyataannya banyak dari kita yang tidak menduga bahwa sebenarnya rasa sakit tenggorokan saat menelan disebabkan oleh keringnya dinding tenggorokan. Oleh karena itu, disarankan agar Anda memenuhi kebutuhan minum setiap hari. Minum air putih dalam jumlah cukup akan menghindarkan kita dari berbagai penyakit ringan dan akut, serta meningkatkan daya konsentrasi kita. Selain itu minum air secara cukup juga merupakan salah satu cara untuk mengatasi hidung tersumbat yang paling mudah dilakukan.

4. Perasan sari buah lemon

Perasan air buah lemon juga berguna untuk cara menghilangkan sakit tenggorokan saat menelan. Air lemon berfungsi menciptakan lingkungan yang mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri. Dengan demikian radang yang diakibatkan oleh bakteri akan segera hilang. Gunakan sebuah lemon segar, ambil sarinya sebanyak satu sendok teh kemudian larutan pada air hangat. Minum 3 kali sehari selama 3 hari berturut-turut agar rasa sakit tenggorokan saat menelan hilang.

5. Campuran air hangat dan tomat

Sponsors Link

Sama halnya pada buah lemon, tomat juga mengandung bahan antioksidan yang mampu meredakan radang yang terjadi di sekitar tenggorokan yang menyebabkan rasa sakit saat menelan. Untuk menggunakan cara ini Anda tinggal memotong tomat segar dan masukkan ke dalam segelas air putih hangat. Kemudian Anda bisa menambahkan gula sekucupnya sesuai dengan selera. Campurkan hingga merata dan minum selagi masih hangat. Minum beberapa kali hingga tenggorokan Anda membaik.

6. Campuran air cengkeh

Cara tradisional lain yang bisa Anda gunakana adalah menggunakan cengkeh. Cengkeh juga mempunyai kandungan antibakteri dan antiradang. Selain untuk menghilangkan sakit tenggorokan saat menelan, cengkeh juga menjadi salah satu cara menghilangkan dahak yang seringkali menyertai radang pada tenggorokan. Dengan demikian kita bisa menggunakan satu jenis obat untuk mengobati beberapa komplikasi penyakit secara sekaligus. Untuk membuatnya Anda hanya perlu mencampurkan cengkeh ke dalam segelas air hangat. Cengkeh bisa kita peroleh dengan mudah di pasar tradisional.

7. Mengonsumsi makanan yang tepat

Sponsors Link

Rasa sakit pada tenggorokan akan terasa semakin sakit tergantung makanan yang Anda konsumsi. Ada beberapa makanan yang dilarang saat batuk maupun saat mengalami radang pada tenggorokan, misalnya saja ketika Anda mengonsumsi makanan pedas dan berminyak, maka rasa sakit pada tenggorokan akan semakin menjadi-jadi. Untuk mengurangi rasa sakit tersebut, Anda harus menyesuaikan menu makanan Anda. Sup adalah makanan yang paling dianjurkan ketika tenggorokan terasa sakit saat menelan makanan. Sangat disaranakan untuk mengonsumsi sup dengan banyak sayuran dan protein agar daya tahan tubuh segera meningkat dan rasa sakit tenggorokan pun mereda.

8. Penggunaan antibiotik

Jika cara-cara praktis di atas tidak juga mampu meredakan rasa sakit tenggorokan saat menelan, Anda bisa menggunakan antibiotik. Cara ini terutama akan sangat efektif jika rasa sakit yang muncul disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus. Namun penggunaan antibiotik ini tidak boleh sembarangan. Dosisnya harus benar-benar tepat untuk membuat bakteri mati. Apabila tidak, maka bakteri dan virus justru akan resisten terhadap antibiotik yang diberikan. Oleh karena itu, penggunaan antibiotik harus sesuai dengan resep dokter.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk cara menghilangkan sakit tenggorokan saat menelan. Disarankan untuk melakukan pengobatan secara alami terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan mengonsumsi obat-obatan buatan. Jika rasa sakit masih belum mereda dan berkepanjangan, Anda bisa segera menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan secara medis. Semoga beberapa cara di atas dapat memperluas wawasan Anda, dan semoga Anda sekalian sehat selalu.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan