Sponsors Link

5 Cara Agar Hidung Tidak Mampet Saat Tidur yang Efektif Dilakukan

Sponsors Link

Jika seseorang mengalami hidung mampet, tentunya hal ini akan sangat mengganggu baginya terutama ketika ia sedang tidur sehingga akan membuat bernapas pun akan sulit karena banyaknya lendir yang terdapat di dalam hidung kita. Adapun jika hidung mampet tersebut terjadi pada anda, maka anda harus segera menanganinya karena jika tidak maka akan semakin lama semakin membuat anda tidak nyaman melakukan berbagai macam aktivitas atau kegiatan sehari – hari anda.

ads

Namun sekarang anda sudah perlu khawatir lagi karena sudah banyak website yang menjelaskan mengenai bagaimana cara agar hidung tidak mampet saat tidur. Anda hanya tinggal mencari di internet atau jika anda ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap anda bisa bertanya kepada dokter anda mengenai bagaimana cara tersebut.

Di bawah ini beberapa cara agar hidung tidak mampet saat tidur yang perlu anda ketahui untuk membantu anda mengatasi masalah hidung mampet yang anda alami sehingga akan membuat anda bisa tidur dengan nyenyak tanpa harus mengalami kesulitan bernapas karena hidung mampet anda. Namun sebelumnya anda bisa mengetahui beberapa informasi seperti tips meredakan batuk dengan coklat, obat tradisional batuk kronis, maupun juga bagaimana cara mengobati batuk dengan jeruk nipis.

  1. Posisi Bantal Harus Lebih Tinggi

Cara agar hidung tidak mampet saat tidur yang pertama adalah anda harus memposisikan bantal anda agak tinggi dari biasanya. Posisi bantal ketika tidur akan menentukan apakah hidung anda nantinya akan semakin tersumbat atau tidak. Untuk mengatasinya, anda hanya perlu meninggikan bantal anda sehingga nantinya akan memperlancar sirkulasi pernapasan di dalam hidung anda sehingga tidak akan tersumbat dan anda pun akan bisa tidur dengan tenang.

2. Oleskan Balsem

Cara agar hidung tidak mampet saat tidur yang kedua adalah dengan mengoleskan balsem pada bagian dada maupun juga leher anda. Dengan mengoleskan balsem, tentunya akan membuat tubuh anda menjadi lebih hangat dan juga karena sifat balsem yang panas, sehingga kemudian akan membuat lendir atau dahak yang terdapat pada saluran pernapasan anda akan mencair. Hal inilah yang bisa membuat hidung anda menjadi tidak mampet lagi dan kemudian anda bisa tidur dengan nyenyak tanpa harus mengalami kesulitan bernapas.

3. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih juga bisa menjadi cara untuk membantu mengatasi gangguan hidung mampet ketika anda sedang tidur. Sebenarnya fungsi dari minyak kayu putih ini hampir sama dengan balsem, yaitu untuk memberikan kehangatan pada tubuh anda. Selain itu, cara yang harus anda lakukan pun juga sama yakni dengan cara mengoleskan minyak kayu putih tersebut pada bagian dada maupun juga leher anda.

Dan juga selain mengoleskan, anda juga bisa menghirup bau dari minyak kayu putih tersebut karena seperti yang kita ketahui bahwa dengan menghirup bau dari minyak kayu putih, akan memberikan sensai kehangatan dan juga kesegaran pada hidung anda sehingga akan dapat memperlancar pernapasan anda karena hidung anda sudah tidak mampet lagi. Lakukan cara ini sebelum anda ingin tidur agar supaya anda tidak mengalami gangguan ketika anda tidur.

4. Minum Air Putih

Cara agar tidak hidung mampet saat tidur selanjutnya adalah dengan meminum air putih sebelum tidur. Air putih memang sangat baik untuk anda yang sedang mengalami kondisi pernapasan dan juga air putih ini juga akan disarankan karena juga sebagai cara mengobati salesma.

Dengan meminum air putih, maka akan membuat lendir yang selama ini menyumbat hidung anda akan bisa mencair sedikit demi sediki. Dan juga cara ini pun sama dengan flu harus banyak minum yang sudah dijelaskan pada kesempatan sebelumnya. Bahkan jika anda sudah mengetahui tanda atau gejala yang mengindikasikan bahwa anda terkrena hidung mampet, anda bisa langsung mencegahnya dengan meminum air putih.

Sponsors Link

Dan juga terdapat beberapa orang yang akan menyarankan anda untuk lebih mengkonsumsi air hangat karena hal ini yang nantinya akan mempercepat pengenceran lendir atau dahak yang ada pada hidung anda sehingga anda bisa bernapas seperti biasanya dan juga anda akan bisa tidur dengan nyenyak.

5. Menggunakan Inhaler atau Minyak Angin

Sudah merupakan rahasia umum bahwasanya inhaler sangat ampuh digunakan untuk membantu mengatasai hidung mampet yang sedang anda alami. Namun jika anda tidak memiliki inhaler, anda juga bisa menggunakan minyak angin untuk membantu mengatasi hidung mampet. Cara ini bisanya akan lebih dipilih oleh sebagian orang yang mana mereka sedikit malas untuk harus bangun dan juga agar mereka tidak ribet.

Inhaler maupun minyak angin memang memiliki bau yang khas yang tentunya dengan mencium aroma dari inhaler ataupun juga minyak angin akan bisa membuat hidung anda menjadi lebih segar sehingga ketika anda tidurpun anda tidak akan mengalami kesulitan untuk bernapas. Cara yang harus anda lakukan sangatlah mudah, yakni sebelum tidur, anda biasakan untuk menghirup aroma dari inhaler ataupun minyak angin tersebut. Ketika hidung anda sudah tidak mampet lagi, maka tentunya akan membuat tidur anda nyenyak tanpa harus terganggu oleh hidung anda yang mampet tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan dan semoga dapat menambah wawasan anda mengenai beberapa cara yang harus anda lakukan untuk membantu meredakan hidung mampet saat tidur. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan