Sponsors Link

10 Cara Mengobati Batuk Terus Menerus, Sembuh Dalam Sehari

Sponsors Link

Batuk merupakan sebuah kondisi dimana tenggorokan terasa gatal atau penuh dahak. Batuk bisa terjadi kepada siapa saja dan kapan saja. Batuk pun bisa terjadi secara terus menerus atau berkepanjangan. Ciri batuk terus menerus adalah rasa gatal yang sering terjadi sehingga batuk pun juga sering terjadi, yang harus cepat dilakukan untuk cara mengatasi batuk pilek pada anak. Dan hal ini terjadi selama berhari-hari, bahkan berminggu-minggu lamanya. Kondisi batuk terus menerus tentunya mengganggu kegitan sehari-hari. Apalagi ketika berada di tempat umum. Pasti hal ini akan mengganggu orang lain juga. Maka dari itu perlu diketahui beberapa penyebabnya agar batuk terus menerus tidak terus terjadi. Berikut beberapa penyebab batuk terus menerus:

ads
  1. Kebiasaan merokok.
  2. Alergi.
  3. Gejala penyakit tertentu (seperti TBC).
  4. Lingkungan kering.
  5. Kebiasaan salah mengonsumsi makanan.
  6. Infeksi bakteri atau virus.
  7. Asma.

Cara mengobati batuk terus menerus perlu diketahui juga agar gejalanya bisa diredakan dan bisa sembuh sehingga batuk terus menerus tidak akan kambuh lagi. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar batuk bisa diredakan dan tidak berlangsung terus menerus.

1. Berkumur dengan air garam

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi batuk terus menerus danberkrpanjangan adalah berkumur dengan air garam. Seperti yang diketahui garam mengandung sifat antibakteri yang bisa membantu mengurangi kinerja bakteri penyebab batuk terus menerus. Caranya adalah buat larutan garam dengan 1 sendok garam pada 1 gelas air. Panaskan dan tunggu hingga air menghangat. Gunakan larutan garam hangat untuk berkumur setiap hari. Jika batuk sudah tidak kambuh, maka hentikan cara ini.

2. Memanfaatkan madu dan lada

Madu dan lada adalah salah satu campuran herbal yang bisa membantu meredakan batuk. Jika batuk terjadi terus menerus, maka cobalah memanfaatkan kedua bahan herbal tersebut. Caranya juga sangat mudah, yaitu ambil 1 sendok madu dan campurkan dengan sedikit lada bubuk. Aduk perlahan dan konsumsi setelah makan secara rutin setiap hari. Cara ini akan membantu meredakan gejala batuk secara alami.

3. Berhenti merokok dan hindari asap rokok

Jika Anda adlaah seorang perokok atau berada di lingkungan yang menyimpan banyak polusi asap rokok, maka cobalah untuk menggunakan masker dan hentikan kebiasaan merokok. Asap rokok adalah salah satu penyebab dari batuk tak berkesudahan yang perlu dihindari. Hentikan juga kebiasaan buruk lainnya seperti mengonsumsi alkohol. Kedua hal ini akan membahayakan kesehatan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

4. Konsumsi banyak vitamin C

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah vitamin C. Vitamin C bisa diperoleh dari makanan buah dan sayur, seperti buah pepaya, lemon, jeruk, dan beberapa sayuran lainnya. Konsumsi vitamin C dari buah dan sayur bisa membantu meningkatkan sistem imun agar bisa bekerja maksimal dalam melawan infeksi penyebab batuk berkepanjangan.

5. Mengonsumsi cairan yang cukup

Cairan tentunya dibutuhkan dalam jumlah cukup untuk mencegah dan cara mengobati tenggorokan gatal bahaya dari adanya dehidrasi saat batuk terjadi terus menerus. Selain itu, minum cairan yang cukup bisa membantu tenggorokan agar tidak cepat terasa gatal. Setidaknya konsumsi air putih 2 liter sehari agar metabolisme tubuh juga lancar.

Sponsors Link

6. Menggunakan pelembab udara

Biasanya batuk yang terus menerus terjadi adalah jenis-jenis batuk kering. Hal ini bisa disebabkan oleh lingkungan yang sangat kering dan juga berdebu. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan humidifier atau pelembab udara. Gunakan pelembab udara di ruangan yang sering digunakan untuk beraktifitas seperti ruang kantor atau kamar pribadi.

7. Terapi uap

Cara mengobati batuk terus menerus berikutnya adalah menggunakan terapi uap. Terapi uap bisa dilakukan dengan sangat mudah dan sederhana, ini mampu sebagai cara menghilangkan dahak pada batuk anda yang sering berdahak. Tujuannya adalah melembabkan rongga pernafasan sehingga rasa gatal tidak mudah kambuh di tenggorokan. Didihkan air hingga uap keluar. Lalu, hirup uap dari air panas tersebut dan jaga agar wajah Anda tidak kepanasan. Bisa juga air tersebut ditambah minyak kayu putih untuk membantu memberi aroma relaksasi yang menenangkan.

Sponsors Link

8. Obat anti alergi

Jika batuk terus menerus terjadi karena alergi, maka sebaiknya cari penyebab alergi itu dan hindari alergen agar batuk tidak gampang kambuh. Selain itu, untuk menghentikan batuk alergi, gunakan obat anti alergi. Namun walau obat ini mudah ditemukan di apotek, konsultasikan dulu pada dokter mengenai jenis obat dan dosis yang tepat.

9. Mengonsumsi permen pelega tenggorokan

Salah satu cara menghentikan gejala batuk terus menerus adalah dengan mengonsumsi permen pelega tenggorokan. Biasanya permen ini bisa memberikan efek sejuk dan dingin pada tenggorokan sehingga rasa gatal pada tenggorokan yang menyebabkan batuk bisa diredam dan batuk tidak mudah kambuh.

10. Mengonsumsi makanan yang tepat

Makanan juga perlu diatur agar batuk tidak mudah kambuh. Hindari makanan yang bisa memicu rasa gatal seperti makanan pedas, gorengan, dan makanan pencipta lendir di tenggorokan harus dilakukan beberapa cara ampuh mengatasi batuk. Untuk penderita infeksi lambung, hindari makanan asam dan juga makanan yang bisa memicu asam lambung. Karena batuk juga bisa terjadi karena asam lambung yang tinggi.

Demikianlah cara mengobati batuk terus menerus yang bisa dilakukan. Jika batuk tidak juga berhenti, maka coba periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab dan cara pengobatan yang tepat. Semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan