Sponsors Link

8 Obat Tradisional Radang Tenggorokan Pada Bayi 9 Bulan yang Ampuh

Sponsors Link

Keluhan sakit radang tenggorokan, ternyata tidak hanya dialami oleh pasien dewasa. Anak bayi yang usianya menginjak 9 bulan juga rentan terkena sakit radang tenggorokan. Bayi yang mengalami sakit ini umumnya akan menjadi lebih rewel dan menjadi enggan untuk minum dan makan, padahal makan dan minum bagi bayi sangat baik untuk mendukung tumbuh kembangnya. Jika hendak diberikan obat, terkadang para orang tua menjadi bingung, bolehkah radang tenggorokan makan durian dan jenis obat apa yang harus diberikan.

Jika bayi Anda mengalami sakit radang tenggorokan, sebaiknya para orang tua jangan dulu merasa panic dan bingung. Beberapa langkah pertolongan pertama sebenarnya bisa dilakukan, salah satunya dengan memberikan obat tradisional radang tenggorokan pada bayi 9 bulan. Obat tradisional disini juga bukan saja yang berasal dari bahan-bahan alami, tetapi dengan memberikan air minum pada bayi yang sedang mengalami radang tenggorokan, akan membuat kondisi tenggorokanya menjadi lebih lembab.

Penyebab Radang Tenggorokan pada Bayi 9 Bulan

Bunda dapat melakukan pengecekan pada kondisi si kecil, jika saja dia sedang mengalami radang tenggorokan. Beberapa penyebab bayi 9 bulan yang mengalami radang tenggorokan seperti berikut ini:

Virus Flu, bayi yang mengalami flu, disertai hidung meler, bisa membuat bayi 9 bulan mengalami tenggorokan kering serta teriritasi. Tumpukan lendir pada saluran pernapasan akan menjadi asam saat bayi flu. Hidung bayi juga akan menjadi tersumbat dan memicu tenggorokan kering.

Herpangina, Virus penyakit herpangina ini dapat menyebabkan radang tenggorokan, yang gejalanya menjadi demam tinggi, diare, dan nafsu makan menurun.

Alergi Debu, tubuh bayi 9 bulan masih dalam kondisi sensitive karena penyebab radang tenggorokan dan dapat membuatnya alergi. Bayi yang mengalami radang tenggorokan kemudian terkena alergi debu yang menjadi penyebab radang tenggorokan.

Obat Tradisional Radang Tenggorokan Pada Bayi 9 Bulan

Radang tenggorokan yang dialami bayi dan disebabkan oleh virus, biasanya akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari. Hal ini disebabkan karena anak bayi memiliki kekebalan tubuh yang cukup baik dalam mengatasi virus, setidaknya dalam waktu satu minggu. Agar bayi yang mengalami radang tenggorokan bisa sembuh lebih cepat, pengobatan dengan obat tradisional radang tenggorokan pada bayi 9 bulan dapat dilakukan.

Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri untuk menangani penyakit radang tenggorokan pada bayi 9 bulan, sebagai berikut:

  • Berikan Air Hangat untuk Diminum

Bayi yang sedang mengalami sakit tenggorokan seperti radang tenggorokan, bisa Anda bantu pulihkan dengan memberinya air teh hangat yang sudah dicampur dengan madu. Selain minuman hangat seperti ini, beberapa jenis minuman lainya seperti jus dari buah-buahan yang aman dikonsumsi, juga diduga bisa membantu pulihkan radang tenggorokan yang dialami bayi 9 bulan. Jangan berikan minuman dingin pada bayi, begitu juga makanan yang sifatnya dingin jika bayi mengalami sakit radang tenggorokan

  • Sup Hangat

Bayi di usia 9 bulan, sebetulnya sudah melewati masa 6 bulan pertama, dimana boleh diberikan buah pereda radang tenggorokan karena ia sudah bisa mengkonsumsi makanan yang lunak. Saat mengalami radang tenggorokan, bayi dapat diberikan sup hangat yang lebih banyak mengandung kuah dibandingkan isi sayuranya.

  • Berikan Madu Murni

Khasiat madu untuk kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi. Madu murni, ternyata juga bisa dijadikan obat alami radang tenggorokan pada bayi 9 bulan. Berikan madu murni secukupnya, agar dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi.

  • Berikan ASI Seperti Biasanya

ASI sangat dibutuhkan oleh bayi usia 9 bulan. ASI juga sebagai cara mengobati radang tenggorokan dengan jeruk nipis dapat membantu meningkatkan system kekebalan tubuh pada bayi. Dengan begitu, bayi Anda akan terkena resiko radang tenggorokan lebih kecil, dibandingkan bayi yang kekurangan ASI dari ibunya.

  • Penggunaan Humidifier

Sakit radang tenggorokan pada bayi 9 bulan juga dapat diatasi secara alami, dengan penggunaan humidifier untuk melembabkan udara sekitar di ruang kamar bayi. Pastikan filter dalam alat ini selalu bersih, sebab jika kotor dapat menambah banyaknya kuman yang bertebaran di udara.

  • Pemberian Obat Antibiotik

Jika radang tenggorokan pada bayi 9 bulan sudah dialami, maka pemberian antibiotik untuk flu dan radang tenggorokan sebagai obat antibiotic juga dapat dilakukan, namun harus sesuai petunjuk dokter. Periksakan keluhan radang tenggorokanya terlebih dulu pada dokter, sebelum pengobatan dilakukan.

  • Berikan Susu Kunyit

Jika bayi Anda juga cukup sering diberikan susu formula, Anda dapat mencampurkan susu formula dengan sedikit bubuk kunyit. Seperti kita ketahui, kunyit adalah bahan alami anti peradangan, seperti pada kasus radang tenggorokan.

  • Istirahat yang Cukup

Biarkan bayi yang mengalami radang tenggorokan untuk beristirahat secara cukup, setelah diberikan ASI serta asupan makanan yang bergizi. Dengan istirahat yang cukup, bayi Anda akan lebih cepat sembuh. Istirahat juga dapat memulihkan kembali system imun pada bayi.

Masalah radang tenggorokan, sebenarnya dapat diobati dengan mudah, asalkan diketahui dulu apa yang menjadi penyebabnya. Sebagian kasus radang tenggorokan pada bayi juga dapat sembuh dengan sendirinya, setelah jangka waktu satu minggu. Adapun obat tradisional radang tenggorokan pada bayi 9 bulan yang telah dibahas dalam artikel ini, bisa Anda coba sebagai langkah mudah agar radang tenggorokan bayi segera sembuh.

, ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan