Sponsors Link

4 Cara Mengobati Batuk Dengan Pijatan yang Aman Berkhasiat Ampuh

Sponsors Link

Salah satu gangguan kesehatan yang mudah dialami oleh manusia dan mudah tertular yaitu batuk. Secara medis batuk diartikan sebagai reaksi dari tubuh karena adanya gangguan di tenggorokan akibat dari virus atau bakteri yang terhirup atau termakan makanaan yang telah terkontaminasi virus atau bakteri tersebut. Batuk akan terjadi ketika virus atau bakteri telah menginfeksi tenggorokan.

ads

Selain itu batuk juga akaibat dari reaksi tubuh untuk mengeluarkan racun atau benda asing di tenggorokan. Keadaan ini berubah arti jika batuk berlangsung terus menerus. Hal ini menunjukkan batuk ini berubah menjadi sebuah penyakit. Dalam proses pengobatan batuk ini dapat dilakukan dengan beragam cara, salah satunya adalah dengan metode pemijatan. Pada artikel ini akan dibahas tentang cara mengobati batuk dengan pijatan.

Artikel terkait:

Gejala Batuk

Dalam mengobati suatu penyakit harus terlebih dahulu diidentifikasi penyakit tersebut agar tidak terjadi salah pengobatan. Sejalan dengan kondisi tersebut maka dalam mengobati batuk harus dilihat terlebih dahulu gejala batuk ini, apakah batuk ini sekedar reaksi tubuh akibat adanya benda asing yang masuk ke tenggorokan atau batuk penyakit. Berikut ini beberapa gejala batuk penyakit, antara lain:

  1. Bersin – bersin, penderita batuk sering mengalami bersin – bersin. Hal ini akibat dari reaksi tubuh agar benda asing yang masuk ke dalam ronga hidung dapat dikeluarkan secepatnya.
  2. Demam, salah satu gejala batuk ini memang sering tampak ketika orang menderita batuk. Penderita batuk akan mengalami kenaikan suhu badan sesaat sebelum batuk itu muncul. Demam ini secara medis diartikan sebagai bentuk perlawanan antara sistem kekebalan tubuh denga virus atau bakteri penyebab batuk.
  3. Sakit tenggorokan, salah satu gejala batuk yang terlihat jelas yaitu rasa sakit di tengorokan. Rasa sakit ini muncul ketika penderita menelan makanan. Kondisi ini akibat tenggorokan mengalami peradangan.

Cara Mengobati Batuk dengan Pijatan

Beragam cara dalam mengobati batuk baik cara modern seperti mengkonsumsi obat dari dokter maupun cara tradisional seperti dengan pijatan. Pijatan ini dimaksudkan untuk melonggarkan otot sehingga sistem pernapasan diharapkan akan kembali normal.

Pada zaman dahulu cara mengobati batuk dengan pijatan dan terbukti ampuh dalam menyembuhkan batuk. Berikut ini beberapa cara mengobati batuk dengan pijatan, seperti dibawah ini. Baca tentang efek samping minum susu saat batuk.

1. Pijatan di telapak kaki

Seperti yang Anda ketehui pusat sistem tubuh berada di telapak kaki, seperti sistem pencernaan, sistem pernapasan serta sistem tubuh yang lain. Oleh sebab itu dengan memijat telapak kaki akan dapat menyembuhkan batuk Anda. Hal ini dikarenakan telapak kaki adalah titik balik dari peredaran pembuluh darah. Teknik pijat telapak kaki sering dikenal sebagai refleksi.

Untuk mengobati batuk terdapat titik – titik refleksi yang harus dipijat. Titik – titik tersebut akan menormalkan kondisi peredaran darah yang berkaitan dengan sistem pernapasan. Titik – titik telapak kaki yang bermanfaat menyembuhkan batuk yaitu di telapak kaki sebelah atas tengah. Dengan rutin melakukan peminjatan pada titik – titik refleksi tersebut akan mempercepat proses penyembuhan batuk Anda.

2. Pijatan di telapak tangan

Sponsors Link

Selain telapak kaki, memijat telapak tangan juga dapat menyembuhkan batuk. Pada telapak tangan juga terdapat titik – titik refleksi yang dipercaya mampu menyembuhkan batuk. Titik – titik refleksi tersebut berada di bawah telunjuk dani ibu jari. Untuk titik refleksi di bawah telunjuk merupakan titik refleksi untuk area tenggorokan sehingga membuat tenggorokan Anda lebih sehat dan dapat melegakan tenggorokan.

Sedangkan pada titik refleksi dibawah ibu jari merupkan ttik refleksi untuk meredakan batuk karena berhubungan langsung dengan paru – paru. Titik refleksi ini hanya berlaku untuk tangan kanan. Apabila Anda rutin melakukan pemijatan refleksi di tangan kanan maka dipercaya mampu mengurangi intensitas batuk Anda. Baca juga tentang hidung mampet kepala pusing.

3. Pijatan di area dada

Salah satu cara mengobati batuk yaitu dengan memijat area di sekitar dada. Hal ini dimaksudkan untuk melonggarkan otot – otot dada sehingga penderita mudah untuk menarik nafas. Kondisi ini juga dipercaya ampuh mengobati batuk karena dengan memijat area dada ini langsung berhubungan dengan pusat sistem pernapasan yaitu paru – paru. Seperti yang kita ketahui paru – paru berada di dalam rongga dada. Oleh sebab itu dengan memijat area dada dapat meredakan batuk. Ada beberapa titik – titik akupuntur atau pijatan di area dada. Berikut ini beberapa titik – titk pijatan antara lain:

Sponsors Link

  • Titik pijatan di bawah tenggorokan ( di cekungan diantara dua tulang iga atas )
  • Titik pijatan di bawah tulang iga atas
  • Titik pijatan di sebelah sendi bahu sebelah kiri
  • Titik pijatan di sebelah sendi bahu sebelah kanan
  • Titik pijatan di ujung bawah tulang dada tengah

4. Pijatan di area punggung

Cara mengobati batuk dengan pijatan terkhir ini juga dipercaya ampuh dalam menyembuhkan batuk. Dengan melakukan pijatan di punggung penderita maka dapat melonggarkan otot leher sehingga akan melegakan tenggorokan. Selain itu, pijatan di area punggung akan membuat tubuh hangat sehingga dahak menjadi encer dan mudah untuk dikeluarkan. Dalam melakuka pemijatan di area punggun harus terlebihdahulu mengetahui titik – titik akupuntur atau pijatan. Berikut ini beberapa titik – titik pijatan di area punggung, antara lain:

  • Titik pijatan di bawah tulang tengkorak kepala
  • Titik pijatan di tulang tengah punggung leher kiri dan kanan
  • Titik pijatan di sebelah tulang belikat atas sebelah kiri dan kanan

Demikian penjelasan singkat namun mendalm tentang cara mengobati batuk dengan pijatan. Bagi Anda yang sekaran mengalami batuk sebaiknya Anda lakukan pijatan di beberapa titik pijatan seperti yang dijelaskan diatas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan