Sponsors Link

11 Cara Mengatasi Telinga Berdengung Akibat Flu yang Mengganggu

Sponsors Link

Telinga yang berdengung akibat flu bisa dialami siapa saja baik anak-anak atau orang dewasa. Ketika kita mengalami flu,  biasanya telinga juga akan terpengaruh dan tersumbat karena banyaknya lendir yang terbentuk di saluran pernapasan. Akibatnya telinga akan berdengung dan bahkan sulit mendengar. Walaupun pada sebagian besar  kasus telinga berdengung akibat flu tidak menimbulkan rasa sakit, akan tetapi kondisi tersebut cukup mengganggu. Anda akan sulit menangkap suara di sekitar karena telinga terhalang oleh cairan serta lendir. Telinga berdengung biasanya membuat orang merasa ditusuk – tusuk jarum yang tidak kasat mata.

ads

Belum lagi ketika sedang berbicara, telinga yang tersumbat membuat Anda mendengar kembali suara Anda sendiri yang bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman. Telinga yang tersumbat juga dapat mempengaruhi keseimbangan seseorang. Lendir yang ada di saluran pernapasan secara normal dibuat oleh sel – sel membran yang akan mengalir dari hidung ke paru – paru untuk menjaga kelembaban dan menyaring kotoran ketika manusia menarik napas. Ketika kita flu, ada perubahan pada lendir tersebut dan menyebabkan virus flu menginfeksi telinga sehingga terjadi penumpukan cairan, lendir dan meningkatkan tekanan di dalam telinga.

Anatomi telinga

Telinga sakit saat batuk pilek, telinga tersumbat karena flu dan telinga berdengung saat flu merupakan kondisi yang wajar. Antara telinga dan hidung dihubungkan oleh saluran atau tuba eustachius yang menghubungkan telinga bagian tengah dengan rongga hidung. Telinga dibagi menjadi  tiga bagian yaitutelinga luar, tengah dan bagian dalam. Telinga luar dimulai dari daun telinga hingga gendang telinga, telinga tengah dari gendang telinga hingga ke rumah siput atau koklea, sedangkan telinga bagian dalam dimulai dari rumah siput hingga saraf yang menuju otak.

Pada telinga bagian tengah terdapat ruang kosong diantara tulang – tulang pendengaran yang dapat menghantarkan getaran gendang telinga menuju koklea agar dapat diubah menjadi sinyal yang dapat ditangkap oleh otak. Ruang kosong pada telinga bagian tengah  memiliki kaitan khusus dengan rongga hidung melalui saluran eustachius tersebut, yang fungsinya untuk menjaga agar tekanan pada area luar gendang telinga dan di dalam telinga tetap berada pada tingkatan yang sama.

Ketika saluran eustachius menutup lagi karena radang berkepanjangan pada rongga hidung, udara yang ada di telinga bagian tengah akan terserap oleh jaringan sekitarnya sehingga telinga bagian tengah mengalami vakum dan gendang telinga akan tertarik ke dalam. Getaran suara yang seharusnya mengenai gendang telinga akan terganggu dan menyebabkan gangguan pada pendengaran.

Mengapa telinga berdengung ketika flu

Pada kondisi normal, lendir berasal dari sel membran yang mengalir dari hidung ke paru – paru untuk menjaga kelembaban saluran dan juga menyaring kotoran yang masuk ketika menarik napas. Ketika seseorang mengalami flu, terjadi perubahan pada lendir yang normal tersebut karena masuknya virus influenza dan menyebabkan penumpukan cairan sehingga menyebabkan tekanan di dalam telinga.

Tekanan atau penyumbatan tersebut akan mempengaruhi keseimbangan karena proses buka tutup tabung eustachian menjadi tidak normal. Cairan serta lendir yang berlebihan menyumbat tabung eustachius yang menghubungkan telinga bagian tengah dan tenggorokan. Akibatnya cairan serta lendir yang seharusnya mengalir ke tenggorokan menjadi terjebak di telinga bagian tengah dan menyebabkan telinga berdengung dan tersumbat.

Mengatasi Masalah Telinga Ketika Flu

Telinga yang berdengung akibat flu sebenarnya akan menghilang dengan sendirinya ketika flu sudah membaik, namun tetap ada resiko untuk mengalami infeksi telinga jika flu yang diderita berkepanjangan dan area saluran telinga selalu tersumbat oleh lendir dan memungkinkan masuknya bakteri. Sebagai salah satu organ tubuh yang berhubungan dengan panca indera, telinga dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan tubuh, karena itulah harus dilakukan cara mengatasi telinga berdengung akibat flu berikut ini:

1. Berbaring dalam posisi miring

Sponsors Link

Posisi tidur saat pilek seringnya menentukan kenyamanan penderita pilek dan juga menghindari hidung tersumbat saat tidur. Cara mengatasi telinga berdengung akibat flu dapat Anda lakukan dengan melakukan posisi berbaring miring dengan telinga yang berdengung diarahkan ke bawah. Gunanya untuk membantu telinga mengeluarkan cairan yang menyumbat di dalam. Hindari memiringkan tubuh pada bagian telinga yang berdengung saat tidur karena dapat membuatnya semakin tersumbat.

2. Meniup telinga

Cara mengatasi gangguan telinga saat flu adalah dengan mencoba cara berikut ini. telinga Telinga yang berdenging karena flu dapat diatasi dengan meniupnya. Itu berarti Anda perlu meminta bantuan orang lain untuk meniup telinga Anda. Meniup telinga ini bertujuan untuk memasukkan udara dari luar yang dapat memecah cairan di dalam telinga. Tiuplah telinga dengan hembusan yang sewajarnya saja, dan tidak meniupnya dengan keras karena dapat menyebabkan kerusakan pada gendang telinga.

3. Menggunakan kompres hangat

ads

Telinga yang berdengung dan tersumbat bisa menimbulkan rasa nyeri karena tekanan udara yang tidak dapat keluar dari telinga. Mengompres telinga dengan air hangat dapat mengurangi rasa nyeri pada telinga yang tersumbat. Akan tetapi jika kompres air hangat ini tidak dapat meredakan rasa nyeri di telinga, maka sudah waktunya Anda berkonsultasi dengan dokter THT.

4. Menggunakan obat tetes telinga

Untuk mendapatkan obat tetes telinga sebagai cara mengatasi telinga berdengung akibat flu, Anda memerlukan resep dokter sebab obat ini tidak dijual bebas. Fungsi obat tetes telinga adalah untuk membersihkan kotoran telinga yang menumpuk dan mengeras di bagian dalam telinga sehingga tidak lagi menyumbat dan membuat telinga berdengung.

5. Membersihkan telinga

Pembersihan telinga menggunakan cotton bud masih menjadi kontroversi antara para ahli THT. Tidak semua dokter setuju mengenai hal tersebut, namun sebagian lagi tidak menentangnya pula. Jika Anda ingin membersihkan telinga, lakukanlah hanya pada bagian luarnya saja, dan jangan sampai menyodok ke dalam lubang telinga untuk menghindari infeksi.

6. Manuver Valsava

Cara mengatasi telinga berdengung saat flu yang sederhana ini akan membantu untuk membuka tabung eustachian pada saluran telinga yang tersumbat. Tarik napas dalam – dalam dari hidung dan hembuskan kembali dengan mulut tertutup. Cara ini biasanya akan menciptakan tekanan yang cukup besar untuk membuka sumbatan tersebut. Perhatikan tiupan yang Anda lakukan agar tidak terlalu keras yang dapat menyebabkan kerusakan gendang telinga.

7. Menghirup uap panas

Influenza disertai badan ngilu akan sangat mengganggu kenyamanan. Menguapi hidung saat pilek selain untuk melegakan hidung tersumbat dan cara mengobati pilek juga sangat bermanfaat sebagai cara mengatasi telinga berdengung saat flu. Uap panas dapat membebaskan tekanan pada telinga. Siapkan air panas di baskom lalu posisikan wajah Anda di atas baskom tersebut dan hirup uap panasnya selama beberapa waktu. Cairan dan lendir yang terperangkap di telinga dapat mencair dan keluar sehingga tidak lagi menyebabkan telinga berdengung dan tersumbat. Minum air hangat juga dapat membantu.

8. Mengonsumsi obat

Obat – obatan yang mengandung zat dekongestan atau antihistamin juga bisa meredakan sumbatan yang membuat telinga berdengung saat Anda flu. Sebab, salah satu penyebab telinga berdengung selain flu adalah alergi atau masalah sinus. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi salah satu obat – obatan ini untuk memastikan penggunaannya tepat. Menggunakan obat yang tepat juga salah satu cara mengobati ingus berwarna kuning, dan mencegah bahaya sinusitis maksilaris jika tidak diobati, karena sinusitis bisa menjadi meningitis.

9. Menguap dan menelan

Akibat flu terlalu lama dapat membuat kondisi telinga terpengaruh, dan menjadi penyebab hidung tersumbat terus menerus. Melakukan gerakan menguap atau menelan juga dapat mengeluarkan udara yang ada di dalam telinga. Anda bisa mencoba menguap dan menelan bergantian atau menutup hidung dengan jari lalu menghembuskan napas sampai terdengar suara letupan kecil.

10. Memanfaatkan gravitasi

Sponsors Link

Untuk mengeluarkan cairan yang tertahan di dalm telinga dan menyumbat serta menyebabkan telinga berdenging, maka Anda bisa melakukan beberapa gerakan ini:

  • Berdiri dengan satu kaki lalu memiringkan kepala ke arah telinga yang berdengung.
  • Lalu lompat dengan satu kaki sambil menjaga keseimbangan agar tidak jatuh dan cairan bisa keluar dari telinga.

11. Menggunakan Neti Pot

Neti pot adalah alat khusus yang bentuknya seperti teko berukuran kecil dan bisa digunakan untuk cara mengatasi telinga berdengung karena flu sekaligus mengeluarkan lendir di dalam hidung.

  • Gunakan alat ini sesuai petunjuk pemakaian lalu siapkan 450 ml air hangat yang steril dicampur dengan 1 sendok teh garam dan masukkan ke dalam neti pot.
  • Miringkan kepala Anda sebanyak 45 derajat lalu posisikan ujung neti pot pada lubang hidung sehingga larutan masuk ke lubang hidung.
  • Buang apabila larutan masuk ke mulut.
  • Ulangi cara ini beberapa kali atau tiga kali dalam seminggu.

Ada kondisi-kondisi selain flu yang juga dapat menjadi penyebab telinga berdengung. Misalnya ketika telinga kemasukan air, mendengarkan musik terlalu keras volumenya, berada pada tekanan udara tinggi seperti naik pesawat terbang, dan lain sebagainya. Cara mengatasi telinga tersumbat akibat flu harus dilakukan dengan sehati – hati mungkin agar tidak mencederai organ telinga Anda. Jika memungkinkan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter THT untuk mengetahui cara terbaik merawat telinga sendiri di rumah agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi fungsi telinga. Waspadai juga penyebab ingus berwarna kuning, akibat sinusitis tidak diobati, dan batuk disertai darah dari telinga.

, , , ,