Sponsors Link

6 Perawatan dan Pengobatan Batuk Rejan Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Setiap orang pasti mengalami gangguan kesehatan baik yang ringan maupun yang berat. Terlebih lagi kondisi cuaca Indonesia saat ini tidak lagi normal atau berubah sewaktu – waktu. Keadaan seperti inilah yang membuat kondisi kesehatan seseorag mengalami gangguan. Salah satu contoh gangguan kesehatan yang sering dialami oleh seseorang di cuaca Indonesia seperti saat ini adalah batuk. Meskipun secara ilmiah, batuk merupakan kondisi atau sinyal yang diberikan sistem tubuh yang menandakan adanya perubahan keadaan tubuh sehingga tubuh rentan terhadap penyakit atau dengan kata lain adanya virus, bakteri atau kuman yang masuk ke sistem tubuh dan akan membentuk atau menciptakan penyakit.

ads

Keadaan ini dapat terjadi akibat perubahan cuaca yang didukung sistem kekebalan tubuh yang rendah. Secara ekperiment, batuk memang mudah untuk diobati namun ada beberapa batuk kronis yang perlu Anda perhatikan karena sangat berbahaya bagi tubuh seperti batuk rejan. Batuk rejan atau istilah medisnya pertusis ini perlu dilakukan perawatan dan pengobatan secara cepat, tepat dan benar. Artikel ini akan membahas tentang perawatan dan pengobatan batuk rejan. Sebelum itu kami sarankan anda membaca tentang cara mengobati batuk saat puasa dan cara mengatasi batuk saat puasa.

Gejala Batuk Rejan

Sebelum dilakukan perawatan dan pengobatan suatu penyakit harus terlebih dahulu diketahui gejala penyakit tersebut agar tidak salah tafsir. Sejalan dengan hal tersebut, dalam perawatan dan pengobatan batuk rejan juga harus diketahui tentang gejala batuk rejan tersebut, seperti dibawah ini:

  1. hidung beringus
  2. hidung tersumbat
  3. mata merah dan berair
  4. demam
  5. bersin – bersin

Apabila tidak diobati maka akan berdampak parah maka gejala tersebut berubah menjadi:

  1. mual dan muntah
  2. wajah berwarna merah atau biru
  3. mudah mengalami kelelahan
  4. ketika mengambil nafas terdengar suara

Artikel terkait:

Perawatan Batuk Rejan

Batuk jenis ini mudah sekali tertular, salah satu cara mengantisipasi agar tidak tertular penyakit batuk rejan ini dengan cara menjalankan vaksin pertusis. Vaksin ini dapat dilakukan dari bayi hingga orang dewasa. Vaksin ini memang terbukti ampuh dalam mencegah batuk rejan. Meskipun dilakukan sekali maka akan menempel seumur hidup vaksin ini sehingga Anda tidak akan tertular batuk rejan. Selain cara tersebut, Anda juga harus menjalankan hidup sehat seperti rutin berolahraga, makan makanan yang sehat dan bernutrisi gizi  serta tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak dan berlemak.

Pengobatan Batuk Rejan

Batuk rejan harus diobati dengan segara agar tidak berpotensi terjadinya penyakit lainnya yang lebih berbahaya. Pengobatan batuk rejan tidak sama dengan pengobatan batuk biasa. Berikut ini beberapa cara dalam mengobati batuk rejan, seperti dibawah ini:

1. Pemberian Antibiotik

antibiotik ini bukan hanya digunakan sebagai pencegahan namun dapat digunakan sebagai pengobatan. Apabila penderita batuk rejan diberi dengan antibiotik yang mampu membunuh bakteri penyebab batuk rejan, mengurangi gejala dan mempercepat penyembuhan.

Sponsors Link

2. Perbanyak mengkonsumsi air putih

langkah tepat dalam mengobati batuk adalah dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih minimal 2 liter perhari maka sistem kekebalan tubuh pendertia meningkat. Apabila sistem kekebalan tubuh penderita meningkat maka akan sulit bagi bakteri penyebab batuk rejan tumbuh dan berkembang. Selain itu, manfaat air putih lainnya yaitu mengganti cairan yang hilang, terhindar dari dehidrasi serta mampu mengeluarkan racun dalam tubuh.

3. Mengkonsumsi air jahe dan madu

cara ini sangat ampuh dalam mengobati semua jenis batuk termasuk batuk rejan. Air jahe akan mampu melegakan tenggorkan bahkan apabila penderita terdapat dahak maka air jahe ini mampu mengencerkan dahak dan mempermudah dahak keluar dari tenggorokan. Selain itu, jahe juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga apabila penderita mengkonsumsi air jahe maka akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita.

Apabila sistem kekebalan tubuh penderita meningkat maka akan dapat membunuh bakteri penyebab batuk rejan. Selain itu, tambahan madu pada air jahe juga dapat memberikan khasiat pengobatan batuk rejan lebih ampuh. Hal ini dikarenkan khasiat madu yang mampu mengobati beragam penyakit seperti batuk rejan. Khasiat madu sama seperti jahe yaitu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita.

Sponsors Link

4. Mengkonsumsi buah dan sayuran

cara mengobati batuk rejan pada umumnya harus mengkonsumsi asupan vitamin dan mineral. Salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yaitu vitamin C. Mayoritas kandungan vitamin C berada pada buah dan sayur. Apabila penderita batuk rejan ingin segera sembuh maka penuhi asupan vitamin C untuk tubuh dengan perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C.

5. Istirahat yang banyak

kondisi batuk sering disebabkan oleh faktor kelelahan sehingga sebaiknya penderita batuk rejan memperbanyak istirhat. Apabila sudah istirahat cukup maka tubuh akan segar dan sistem kekebalan tubuh akan normal.

6. Membersihkan udara

Salah satu penyebab batuk adalah adanya udara yang tidak baik bagi kesehatan seperti asap rokok, asap perapian dan sejenisnya. Sebaiknya penderita hindari tempat – tempat yang terdapat udara yang tidak sehat tersebut.

Anda juga wajib membaca:

Demikian penjelasan secara singkat namun mendalam tentang perawatan dan pengobatan batuk rejan. Bagi Anda yang sekarang merasakan batuk rejan maka sebaiknya Anda mencoba melakukan cara yang telah dijelaskan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan