Sponsors Link

30 Cara Alami Menyembuhkan Batuk Berdahak

Sponsors Link

Batuk memiliki dua jenis yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Batuk berdahak mungkin sering terjadi di Indonesia, terutama saat seseorang sedang terserang flu. Biasanya akan ada lendir yang terjebak dalam pangkal tenggorokan dan memicu batuk berdahak. Selain itu batuk berdahak juga bisa disebabkan oleh adanya infeksi tenggorokan, baik yang disebabkan oleh peradangan bakteri maupun virus. (baca juga: Gejala Influenza)

ads

Tentu kondisi batu kerdahak ini tidak nyaman. Seseorang akan terus menerus merasa gatal pada tenggorokannya dan rasanya ingin terus menerus membuang lendirnya. Apalagi jika berada di tempat umum. Terua menerus membuang lendir akan sangat mengganggu. Maka dari itu batuk berdahak harus segera diatasi. Cara terbaik untuk mengobati batuk berdahak adalah dengan bahan alami. Untuk itu berikut ada 30 cara alami menyembuhkan batuk berdahak yang bisa dilakukan:

1. Teh Jahe

Cara alami pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi batuk berdahak adalah dengan mengokonsumsi teh jahe. Teh jahe merupakan minuman herbal dari teh yang dicampur dengan rimpang jahe yang akan menghangatkan tubuh. Jahe merupakan salah satu bahan alami yang sudah lama digunakan sebagai bahan obat-obatan tradisional. Baik sebagai obat sakit perut, sebagai bahan utama ramuan tradisional STMJ (Susu Telur Madu Jahe) yang sudah terkenal untuk menambah stamina dan kekebalan tubuh, maupun sebagai obat herbal untuk meredakan batuk berdahak. (baca juga: Penyebab Influenza Berkepanjangan)

Jahe banyak terdapat di Asia dan memiliki satu kandungan yang baik untuk mengobati berbagai macam gangguan pada tubuh. Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Hal inilah yang membuat jahe efektif untuk membantu meredakan batuk yang disebabkan oleh infeksi pada tenggorokan atau saluran pernafasan. Jahe juga sudah lama dijadikan obat alami batuk ini. Adapun bahan yang dibutuhkan untuk cara ini antara lain:

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat teh hangat lalu memasukkan jahe yang sudah digeprek atau diiris beberapa ruas. Aduk hingga sari jahe tercampur dalam ramuan tersebut. Minum setidaknya 2 gelas teh jahe sehari untuk meredakan batuk berdahak.

Artikel lainnya:

2. Buah dan Daun Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh sejak lama juga termasuk tanaman toga yang sering dijadikan bahan pengobatan herbal. Daun dan buahnya memiliki khasiat untuk batuk. Hal ini dikarenakan belimbing wuluh mengandung banyak nutrisi baik yang bisa dijadikan bahan pengobatan bahkan bahan kecantikan alami. Adapun bahan yang dibutuhkan untuk cara ini antara lain:

Cara yang bisa dilakukan untuk mengobati batuk berdahak dari belimbing wuluh adalah dengan mempersiapkan beberapa buah belimbing wuluh dan daunnya. Rebus air dan masukkan daun serta buah belimbing wuluh selama kira-kira setengah jam. Setelah itu, diamkan lalu saring airnya saja. Jika ingin menambah gula, gantilah saja gula dengan madu. Minum ramuan ini dua kali dalam sehari untuk hasil maksimal.

Sponsors Link

3. Jeruk Nipis dan Madu / Kecap

Bahan alami selanjutnya yang bisa dijadikan pengobatan batuk berdahak adalah jeruk nipis. Jeruk nipis juga sering dijadikan bahan utama pengobatan batuk berdahak. Batuk berdahak ini bisa diobati dengan jeruk nipis karena jeruk nipis memiliki kandungan vitamin, mineral, dan asam sitrat yang akan membantu mempercepat penyembuhan batuk berdahak. Sedangkan madu merupakan bahan alami yang manis dan memiliki kemampuan anti inflamasi alami. Namun bahan ini kurang cocok untuk seseorang dengan gangguan lambung karena jeruk nipis bisa meningkatkan asam lambung seseorang. Adapun bahan yang dibutuhkam untuk cara ini antara lain:

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan madu dalam 1 sendok makan. Lalu minum dalam dua kali sehari. Selain itu madu juga bisa diganti dengan kecap untuk cara yang lebih mudah dan murah.

4. Kunyit dan Madu

Selain jahe, akar rimpang lain yang berkhasiat juga untuk menyembuhkan batuk berdahak adalah kunyit. Kunyit mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk menyehatkan tubuh. Selain itu kunyit juga mengandung zat anti bakteri dan anti inflamasi yang bisa membantu meredakan batuk berdahak yang disebabkan oleh peradangan. Namun tidak seperti jahe yang memghangatkan, kunyit ini rasanya cukup pahit. Adapun bahan yang diperlukan dengan cara ini antara lain:

Caranya adalah dengan membuat ramuan kunyit madu. Siapkan 1 ruas jari kunyit dan haluskan. Siapkan juga 1/2 sendok teh madu. Masukkan kedua bahan pada segelas susu hangat. Aduk rata dan minum ramuan secara rutin. Hal ini akan memudahkan penyembuhan batuk berdahak. (baca juga: Obat Batuk Berdahak Tradisional)

5. Madu dan Lada Putih

ads

Cara alami menyembuhkan batuk berdahak selanjutnya adalah menggunakan madu dan lada putih. Lada putih merupakan salah satu bahan rempah yang berkhasiat untuk menyembuhkan batuk berdahak. Fungsi dari lada putih adalah sebagai antibiotik yang menyebabkan bakteri bisa mati dengan cepat. Hal ini akan mempercepat penyembuhan pada penderita batuk berdahak. Bahan yang dibutuhkan untuk cara ini antara lain:

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan lada putih dan madu adalah dengan mempersiapkan 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh ladah putih bubuk. Masukkan kedua bahan pada satu gelas teh hangat tanpa gula. Aduk hingga rata dan minumkan ramuan itu secara rutin 2 kali dalam sehari. (baca juga: Obat Batuk Rejan)

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan batuk berdahak. Selain cara itu, berikut beberapa cara alami lain yang bisa dilakukan:

  1. Mengonsumsi buah anggur.
  2. Menggunakan ramuan daun kemangi.
  3. Menggunakan ramuan bunga mawar.
  4. Mengonsumsi air perasan lemon dan madu.
  5. Memanfaatkan daun asam muda.
  6. Menggunakan daun sirih.
  7. Mengonsumai banyak air putih hangat.
  8. Memanfaatkan kacang almond.
  9. Mengonsumsi jus wortel.
  10. Menhonsumsi teh daun mint.
  11. Mengonsumsi lemon atau jus lemon.
  12. Mengonsumsi air jahe hangat.
  13. Berkumur dengan air garam.
  14. Melakukan terapi uap.
  15. Mengonsumsi sup hangat.
  16. Melakukan pemijatan lembut.
  17. Memanfaatkan kencur.
  18. Minum lebih banyak air.
  19. Menggunakan daun thyme.
  20. Menggunakan papermint.
  21. Mengonsumsi kaldu hangat.
  22. Mengonsumsi madu secara rutin.
  23. Memanfaatkan eukalyptus.
  24. Memanfaatkan bawang putih.
  25. Memanfaatkan khasiat oregano.

Baca juga:

Demikianlah penjelasan mengenai 30 cara alami menyembuhkan batuk berdahak yang bisa dilakukan. Segera tangani batuk berdahak yang terjadi agar aktivitas bisa kembali normal. Jika cara alami tidak juga berhasil dan batuk masih berlangsung lama, maka sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mengetahui apa penyebab batuk sebenarnya. Dengan demikian akan lebih mudah didapatkan cara pengobatan yang sangat tepat. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan