Sponsors Link

8 Obat Terbaik Untuk Tenggorokan Sakit Saat Menelan yang Alami dan Ampuh

Sponsors Link

Sakit tenggorokan saat menelan akan menjadi hal yang sangat menyiksa dan amat tidak nyaman bagi seseorang. Ini merupakan keadaan dimana saluran tenggorokan terasa sakit untuk menelan setiap makanan yang masuk, untuk minum dan bahkan untuk sekedar menelan ludah. Ada banyak penyebab tenggorokan sakit, diantaranya adalah disebabkan karena gejala awal penyakit flu dan batuk, akibat pita suara yang tegang setelah berteriak keras, bahkan yang lebih parah bisa disebabkan oleh radang tenggorokan.

ads

Sakit tenggorokan sebelum batuk tentu jika dibiarkan akan sangat mengganggu, oleh karena itu segera lakukan perawatan sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami yang bagus untuk penyembuhan sakit tenggorokan. Berikut adalah daftar obat terbaik untuk tenggorokan sakit saat menelan yang alami dan ampuh:

  1. Berkumur dengan air garam

Garam mengandung senyawa yodium yang sangat efektif untuk melawan bakteri penyebab iritasi pada tenggorokan. Selain itu, anda juga harus tau cara mengobati pilek dengan air garam. Caranya adalah siapkan secangkir air hangat, tambahkan satu sendok garam, lalu diaduk sampai rata. Gunakan untuk berkumur, ulangi beberapa kali sehari untuk hasil yang maksimal.

  1. Perbanyak minum air putih

Mencukupi cairan tubuh sangat penting untuk perawatan tenggorokan sakit. Selain mencegah dehidrasi, memperbanyak minum air putih juga menjadikan selaput lendir di tenggorokan akan tetap lembab sehingga mampu melawan bakteri. Begitu pula saat flu kita harus banyak minum air.

  1. Minum air hangat

Sangat dianjurkan untuk banyak minum air putih, terutama air hangat. Sediakan termos berisi air panas di samping anda, dan campur dengan air biasa agar tidak terlalu panas sehingga nyaman di tenggorokan. Minum secara rutin dan rasakan manfaatnya bagi tenggorokan.

  1. Hindari konsumsi es

Musim panas membuat anda tergoda minum es, namun itu justru akan semakin memperburuk sakit tenggorokan yang anda alami. Es, apalagi yang dijual bebas dibuat dengan air yang kita tidak tahu mentah atau matang, sehingga sangat rentan akan bakteri. Untuk itu anda juga harus mengetahui pengaruh buruk minum es terutama saat tengggorokan sakit karena flu.

  1. Air perasan lemon untuk berkumur

Lemon bersifat asam dan mengandung zat astringent yang sangat baik untuk mematikan virus dan bakteri penyebab tenggorokan sakit. Cara penggunaannya cukup campurkan 1 sendok perasan lemon ke secangkir air hangat, gunakan untuk kumur-kumur. Lakukan secara rutin sehari 3-5 kali dalam sehari.

  1. Terapi madu asli

Madu memiliki khasiat yang bagus untuk tubuh. Itu merupakan obat alami yang sangat dianjurkan dan ampuh untuk segala macam penyakit. Seperti yang kita ketahui, madu berkhasiat untuk obat batuk, demam dan sakit tenggorokan. Untuk obat tenggorokan sakit, cukup minum 1-2 sendok madu langsung, atau campurkan ke dalam air atau the hangat tawar.

  1. Kayu manis adalah obat terbaik

Selain biasa digunakan sebagai bumbu masakan, kayu manis ternyata mengandung zat anti mikrobia. Ini bisa mengurangi rasa sakit saat menelan. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok the kayu manis bubuk ke dalam 1 gelas air panas. Aroma yang dihasilkan mampu membuat hidung lega.

  1. Istirahat yang cukup

Istirahat merupakan obat yang penting dan jangan sampai disepelekan. Setelah minum obat alami, pulihkan tubuh dengan cukup istirahat. Dan rasakan tidak hanya tenggorokan melainkan tubuh akan kembali sembuh.

Demikian penjelasan mengenai beberapa tentang obat untuk tenggorokan sakit yang bisa anda coba.

, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan