Sponsors Link

12 Cara Mengeluarkan Lendir di Hidung Bayi Dengan Mudah

Sponsors Link

Lendir merupakan sebuah masalah yang bisa dialami oleh siapa saja, namun memang lebih sering dialami oleh bayi maupun anak – anak dibandingkan orang dewasa. Mengapa? Karena sistem kekebalan tubuh pada bayi maupun anak – anak masih belum sesempurna sistem kekebalan tubuh pada orang dewasa.

ads

Hal ini membuat cara mengeluarkan lendir di hidung bayi tentu akan berbeda dengan cara mengeluarkan lendir pada hidung orang dewasa. Selain itu, lendir yang ada di dalam hidung bayi akan membuat setiap orang tua merasa khawatir karena bayi tidak bisa mengeluarkan lendirnya sendiri sehingga harus dilakukan penanganan khusus.

Sebenarnya fungsi lendir dibutuhkan oleh saluran pernapasan anda karena berfungsi agar supaya terjaga kelembapannya. Namun jika tubuh atau saluran pernapasan anda memproduksi lendir yang lebih banyak dari kondisi biasanya, maka tentu hal tersebut bisa menjadi sebuah indikasi bahwa kemungkinan anda terkena penyakit tertentu.

Pengobatan Pengeluaran Lendir di Hidung Bayi

Ada beberapa penyebab seorang bayi mengalami lendir di hidung. Salah satu penyebab yang umum adalah ia mengalami pilek. Pilek merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh serangan virus sehingga akan membuat penumpukan lendir di hidung. Jika kondisi ini dibiarkan, maka bayi kemungkinan besar akan mengalami batuk berdahak atau bahkan radang tenggorokan.

Maka dari itu anda membutuhkan sebuah pengobatan yang tepat yang bisa anda lakukan sebagai obat untuk mengeluarkan lendir di hidung bayi anda. Ketika bayi anda tidak mengalami produksi lendir yang berlebihan, maka ia tidak akan kesulitan bernapas karena lendir yang menumpuk di hidung akan membuat bayi anda kesulitan bernapas sehingga akan memaksanya untuk bernapas melalui mulut.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada anda tentang bagaimana cara mengeluarkan lendir di hidung bayi yang memang terbukti ampuh dan sudah dilakukan sejak dahulu.

1. Akar Elecampene

Pengobatan untuk lendir di hidung bayi bisa dilakukan dengan memanfaatkan akar elecampene. Akar elecampene merupakan sebuah obat herbal yang nantinya akan diolah menjadi sebuah tonik dan memiliki peran untuk membantu memperlancar pernapasan bayi anda dan masalah ini juga telah dijelaskan pada cara mengatasi hidung bayi tersumbat.

Di dalam akar elecampene mengandung suatu zat yang nantinya akan bertugas mengurangi produksi lendir di saluran pernapasan anda serta membantu mengencerkan lendir sehingga tidak akan sampai membuat bayi anda mengalami peradangan yang parah.

Akar ini diketahui bukan hanya sebagai obat untuk mengeluarkan lendir pada bayi, melainkan juga bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan infeksi paru  – paru, bronkus, maupun juga bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan infeksi trakea.

2. Teh Fenugreek

Pengobatan untuk mengeluarkan lendir di hidung bayi juga bisa anda lakukan dengan memanfaatkan teh fenugreek. Teh fenugreek memang sebuah obat herbal yang sudah dimanfaatkan sejak jaman dahulu dan sudah terbukti khasiatnya membantu mengatasi masalah penumpukan lendir di hidung maupun tenggorokan.

Teh fenugreek nantinya akan bekerja melawan lendir maupun dahak baik yang berada di hidung mapun yang berada di tenggorokan anda yang menjadi sebab anda menderita radang tenggorokan.

3. Akar Licorice

Sponsors Link

Pengobatan yang ketiga yang bisa anda lakukan untuk mengeluarkan lendir di hidung bayi adalah dengan memanfaatkan akar licorice. Akar licorice merupakan sebuah obat herbal yang sudah dilakukan sejak dahulu oleh masyarakat China karena memang terbukti manfaatnya sebagai pengobatan lendir maupun masalah saluran pernapasan lainnya.

Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan menggunakan akar licorice selain penumpukan lendir di hidung adalah bisa digunakan sebagai obat untuk radang tenggorokan, bronkus, maupun penyakit lain yang berhubungan dengan saluran pernapasan.

4. Thyme

Apakah anda tahu apa itu Thyme? Thyme merupakan sebuah obat herbal yang sebenarnya sudah umum dikalangan medis atau dunia pengobatan tradisional karena khasiat yang terkandung di dalamnya mempu mengatasi penyakit flu atau influenza yang menjadi sebab penderitanya mengalami pilek maupun batuk berdahak.

Beberapa penyakit yang banyak disembuhkan dengan menggunakan thyme antara lain seperti asma, bronkitis, infeksi sinusitis atau penyakit sinus, maupn juga pengoban batuk berdahak. Meskipun begitu, beberapa sumber yang kami dapat menjelaskan bahwasanya thyme bukan hanya bisa digunakan sebagai pengobatan batuk berdahak, namun juga bisa dmanfaatkan sebagai pengobatan batuk kering atau batuk tidak berdahak.

5. Pepermint

ads

Pepermint, selain memiliki rasa yang sejuk di tenggorokan juga berfungsi sebagai obat yang ampuh mengeluarkan penumpukan lendir yang terjadi di dalam tenggorokan. Pepermint juga bisa menjadi sebuah bahan penenang untuk membuat anda tidak menderita batuk berdahak.

Di dalam pepermint memang mengandung beberapa zat aktif yang akan berperan bukan hanya mengobati lendir yang anda alami, melainkan juga berfungsi sebagai obat untuk menghangatkan tubuh anda.

6. Jahe

Pengobatan alami yang bisa anda lakukan untuk mengatasi lendir di hidung bayi adalah menggunakan jahe. Jahe merupakan rempah – rempah yang memang sudah terbukti khasiatnya di dalam dunia kesehatan. Di dalam jahe mengandung suatu zat yang nantinya akan berperan sebagai anti peradangan atau anti inflamasi.

Namun karena ini pengobatan untuk bayi, maka anda harus lebih berhati – hati. Pengobatan menggunakan jahe juga terbukti bisa mengobati penyebab batuk rejan serta bisa digunakan sebagai cara alami menyembuhkan batuk berdahak.

7. Minyak Eukaliptus

Apakah anda pernah mengetahui apa itu minyak eukaliptus? Minyak ini sebenarnya cukup terkenal karena terbukti ampuh menghilangkan lendir yang menumpuk di dalam hidung bayi yang membuatnya kesulitan untuk bernapas. Adapun untuk cara pengobatan menggunakan minyak eukaliptus tentu sangat mudah dan tidak membutuhkan keahlilan khusus.

Anda hanya perlu mengoleskan minyak ini secukupnya ke dada bayi dan anda hanya perlu mendiamkannya beberapa menit sampai nanti minyak eukaliptus ini akan mengeluarkan sensasi hangat pada bayi anda. Lakukan pengobatan ini secara rutin untuk bayi anda mungkin bisa 2 kali sehari yaitu pada waktu pagi dan sore hari.

8. Kecap dan Jeruk Nipis

Kecap maupun jeruk nipis merupakan bahan – bahan yang anda butuhkan untuk mengobati lendir yang menumpuk di hidung bayi. Bukan hanya untuk pengobatan pada bayi, campuran kecap maupun jeruk nipis juga bisa anda lakukan sebagai pengobatan untuk batuk berdahak pada anak – anak atau bahkan orang dewasa.

Namun tentunya dengan takaran dosis yang berbeda – beda antara bayi, anak – anak, serta orang dewasa. Kedua bahan yang terkandung di dalam kecap dan jeruk nipis akan berperan dalam mengencerkan lendir serta akan membuat badan anak anda menjadi hangat.

9. Madu dan Jahe

Selain menggunakan jahe saja untuk mengatasi lendir pada hidung bayi, anda juga bisa mencampurkan jahe dengan madu untuk semakin meningkatkan khasiatnya. Madu juga merupakan bahan yang sering dipakai dalam dunia pengobatan herbal atau tradisional karena khasiatnya yang mampu mengobati berbagai macam masalah, terutama yang berhubungan dengan saluran pernapasan.

Di dalam madu juga mengandung suatu zat aktif yang akan berfungsi sebagai anti inflamasi atau anti peradangan yang akan melawan virus penyebab lendir yang menumpuk di dalam hidung bayi anda. Untuk cara pengobatannya sangat mudah dimana anda hanya perlu menjadikan jahe tersebut menjadi sebuah bubuk dan kemudian anda tambahkan madu secukupnya.

10. Memandikannya Dengan Air Hangat

Untuk cara ini sebenarnya merupakan penanganan atau cara pertama yang bisa anda lakukan sebelum nantinya anda mengarah ke cara – cara lain yang telah kami jelaskan. Air hangat yang anda siapkan tersebut selain dapat menghangatkan tubuh bayi, juga bisa berguna untuk mengencerkan dahak, terlebih lagi uap yang keluar pada air panas akan masuk ke hidung bayi anda sehingga lendir yang menumpuk semakin lama akan semakin encer.

Sponsors Link

11. Memberikan Asupan Cairan Yang Cukup

Dan juga yang tidak kalah penting adalah anda harus tetap memberikan ASI kepada bayi anda jika memang ia masih membutuhkan pasokan ASI. Air susu ibu akan berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada bayi sehingga akan berperan dalam melawan virus yang membuatnya mengalami pilek atau hidung tersumbat atau bahkan batuk.

Jadi anda harus tetap memberikan ASI kepada bayi anda secara ekslusif dan jangan pernah anda mengurangi pasokan ASI pada bayi karena selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ASI juga akan berfungsi untuk mencegah bayi anda agar tidak sampai mengalami dehidrasi dimana kondisi ini berpeluang membuat bayi anda mengalami tenggorokan kering dan dehidrasi.

12. Menggunakan Balsem Bayi

Pengobatan yang lain yang juga kami rekomendasikan untuk anda adalah dengan menggunakan balsem bayi. Saat ini sudah banyak toko obat atau apotik yang menjual balsem bayi jadi anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya. Untuk penggunaan balsem bayi tentu sangat mudah dimana anda hanya perlu mengoleskannnya ke dada maupun punggung bayi anda secukupnya, terutama ketika ia baru selesai mandi. Balsem yang anda oleskan akan memberikan sensasi hangat serta melegakan untuk bayi anda.

Hal yang harus anda perhatikan adalah jangan pernah mengoleskannya di dekat area wajah dan juga anda harus selalu memperhatikan takaran dosis yang anda berikan. Jangan sampai mengoleskan balsem bayi melebihi takaran dosis yang telah dianjurkan karena hal tersebut malah akan membuat bayi anda terancam kesehatannya. Dan jangan sekali – kali menggunakan balsem untuk orang dewasa karena balsem yang anda oleskan ini harus balsem untuk bayi. Hal ini juga telah dijelaskan pada cara menghilangkan dahak pada bayi.

, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan