Sponsors Link

6 Cara Mengolah Kencur untuk Batuk Berdahak – Tanpa Ribet

Sponsors Link

Rempah-rempah memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Selain untuk bumbu masak, rempah-rempah juga bisa digunakan untuk alternatif meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi rasa sakit pada beberapa penyakit, hingga sebagai alternatif cara mengobati tenggorokan gatal dan menyembuhkan penyakit ringan seperti flu, batuk, dan pilek. Kita harus bersyukur karena di Indonesia kita mudah mendapatkan rempah-rempah dalam harga yang relatif murah dan ketika digunakan dengan benar bisa untuk obat herbal. Rempah-rempah itu terdiri dari berbagai macam, seperti kunyit atau kunir, asam jawa, cengkeh, kayu manis, juga kencur.

ads

Semuanya memiliki manfaat masing-masing karena kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya ternyata bisa lebih tinggi daripada kandungan vitamin dalam buah-buahan sehingga bisa menuntaskan berbagai penyebab batuk berdahak maupun berbagai jenis-jenis batuk yang mengganggu. Ketika kencur diklaim mampu memerangi batuk berdahak, kita harus mengetahui apa penyebabnya. Usut punya usut, kencur ternyata menyimpan berbagai manfaat karena kandungan seperti mineral, pati, sineol, asam metilkanil, alkaloid, dan berbagai macam kandungan lainnya sebagai alternatif cara mengobati batuk berdahak. Hal ini termasuk beberapa vitamin penting dan esensial bagi tubuh kita seperti vitamin C, vitamin B kompleks, serta kalsium dan beta karoten yang penting dalam cara ampuh mengatasi batuk.

Ramuan Pengelolahan Ramuan Tradisional Kencur

Tak hanya berperan untuk melawan batuk, kencur juga bisa dimanfatkan untuk meredakan penyakit ringan lainnya seperti diare, masuk angin, sakit kepala, flu, bahkan kesleo. Kencur juga dikenal sebagai alternatif pereda stres. Hal ini dikarenakan kencur memiliki kandungan yang bersifat sebagai antidepresan sehingga mampu menenangkan bagi orang yang mengonsumsinya. Selain mengurangi dan menghilangkan stres, kencur juga kerap digunakan untuk menyembuhkan kegelisahan atau cemas berlebih bahkan depresi. Bagi orang dewasa, mungkin mengonsumsi kencur secara langsung masih bisa dijadikan alternatif obat tradisional batuk kering.

Kita masih bisa menahan bagaimana pun rasanya demi kesembuhan diri. Dengan cara mengunyah sebanyak 2 hingga 3 siung kencur mentah yang sudah dibersihkan, kita bisa menikmati cara mengolah kencur untuk batuk berdahak dalam melawan batuk. Namun hal ini bisa menjadi momok tersendiri bagi orang yang tidak kuat akan rasa atau bau kencur, baik itu dewasa (kasus sebagian orang yang jarang mengonsumsi rempah dalam bentuk jamu) maupun anak-anak. Sehingga penting bagi kita mengetahui beberapa cara mengolah kencur menjadi minuman yang cukup nikmat untuk menyembuhkan batuk. Kami memiliki beberapa alternatif cara mengolah kencur untuk batuk berdahak sebagai obat batuk alami sebagai berikut:

  1. Campurkan kencur dan jahe untuk direbus selama beberapa saat hingga sarinya keluar. Dinginkan dan minum air rebusannya sebagai obat batuk.
  2. Mengombinasikan kencur dan madu. Peras kencur dan tambahkan beberapa tetes madu (sesuai selera) lalu langsung konsumsi dan minum air mineral sebanyak mungkin.
  3. Menggunakan kencur dan garam. Parut kencur lebih dahulu lalu peras untuk diambil sarinya.
  4. Berikan beberapa tetes air untuk membuat perasan sari kencur tidak terlalu kental dan pedas.
  5. Beri sedikit garam lalu aduk dan minum.
  6. Kombinasi ini diminum dua kali dalam sehari (pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur) untuk mendapatkan hasil optimal dan relatif cepat.

Tindakan Pencegahan terhadap Batuk

Pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Meski kami menyajikan beberapa cara mencegah batuk dan cara untuk mendapat cara mengolah kencur untuk batuk berdahak untuk batuk berdahak pada anak dan dewasa, penting bagi kita untuk menyadari bahwa kita harus melakukan pola hidup sehat agar terhindar dari serangan batuk dan penyakit musiman lainnya. Tindakan pencegahan ini tidaklah susah, sehingga alangkah baiknya ketika diterapkan menjadi kebiasaan sehari-hari.

Beberapa hal pencegahan yang harus dijadikan pola hidup sehari-hari untuk menghindarkan diri dari batuk antara lain:

  1. Menghindari makanan gorengan
  2. Banyak minum air putih
  3. Mencuci tangan
  4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur
  5. Menggunakan masker

Cara-cara di atas adalah beberapa saran yang bisa kami berikan terkait pencegahan terhadap penularan batuk dan flu yang menjadi penyakit musiman saat pancaroba. Menyadari kesehatan adalah hal yang vital merupakan dasar untuk Anda memulai pola hidup sehat sehingga lebih mampu melakukan aktivitas sehari-hari tanpa gangguan penyakit. Maka, perlu adanya kesadaran dari dalam diri serta dukungan dari orang sekitar untuk bersama-sama membangun kebiasaan baik guna mencapai pola hidup sehat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan