Sponsors Link

5 Pengobatan Sinusitis Akut Secara Alami yang Mudah di Lakukan

Sponsors Link

Apakah anda pernah mengalami sinusitis? Jika anda mengatakan iya maka tentunya anda sama dengan kami, dan memang seseoorang yang mengalami kondisi ini ingin cepat – cepat menyembuhkannya karena bisa mengganggu segala aktivitas kita sehari – hari. Pada dasarnya sinusitis sendiri merupakan suatu kondisi yang mana seseorang yang menderitanya akan mengalami peradangan atau inflamasi di daerah saluran pernapasan, tepatnya di daerah hidung. Sinus merupakan suatu rongga yang terdapat di daerah sekitar wajah yang berfungsi untuk jembatan atau tempat keluar masuknya udara.

ads

Secara garis besar dijelaskan bahwa terdapat 4 jenis rongga sinus yang ada di area wajah, semua rongga sinus tersebut adalah sinus yang berada di pipi, dahi, belakang pipi, dan juga sinus yang terletak di daerah tulang belakang. Anda harus mengetahui tentang sinus karena gigi berlubang maupun juga pusing karena sinusitis.  Sekarang jika kita berbicara mengenai penyakit sinus atau sinusitis berdasarkan tingkat keparahannya, maka penyakit ini dibedakan atau dibagi menjadi dua. Yang pertama disebut sinusitis akut atau penyakit sinus akut dan yang kedua disebut dengan penyakit sinus kronis atau sinusitis kronis.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda mengenai beberapa informasi yang berkaitan dengan sinusitis akut, termasuk juga di dalamnya kami akan menjelaskan tentang bagaimana pengobatan atau perawatan yang harus anda lakukan untuk membuat penyakit sinusitis akut yang sedang anda alami menjadi kambuh. Perlu anda ketahui bahwa jika kondisi ini menyerang anak – anak, maka biasanya akan disebabkan oleh alergi atau mungkin juga karena terserang atau tertular dari teman atau orang – orang disekitarnya. Mengapa demikian? Karena memang sistem kekebalan tubuh yang dimiliki oleh anak kecil masih belum dikatakan sempurna.

Sementara jika sinusitis menyerang atau dialami oleh orang dewasa, maka disebabkan oleh adanya suatu peradangan yang terjadi pada dinding sinus yang mana hal ini merupakan sebuah efek dari penyakit flu atau karena disebut oleh infeksi virus. Berikut ini akan kami berikan mengenai beberapa informasi yang berkaitan dengan pengobatan sinusitis akut yang harus anda ketahui karena dengan ini anda anda bisa menerapkannya di rumah untuk meredakan sakit yang anda alami.

  1. Terapi air garam

Pengobatan sinusitis akut yang pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan terapi air garap. Seperti yang telah anda ketahui bahwa pada dsaranya terdapat tiga jenis penyebab sinus, yaitu disebabkan oleh virus, bakteri, maupun juga disebabkan oleh jamur.

Untuk mengobati penyakit sinus, anda disarankan jangan langsung menggunakan obat – obatan kimia, melainkan anda harus menggunakan pengobatan alami terlebih dahulu seperti misalnya terapi air garam. Menggunakan terapi air garam memang tidak diragukan lagi akan khasiatnya dan juga banyak digunakan oleh para masyarakat atau pasien yang berada di Amerika. Anda harus mengetahui mengenai sering mengeluarkan dahak di pagi hari.

2. Menggunakan teknik uap air

Cara pengobatan sinusitis akut yang kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan teknik uap air. Yang harus anda lakukan tentunya sangatlah mudah, yaitu anda hanya perlu menuangkan air panas ke dalam baskom untuk kemudian anda hirup aroma atau uap air yang terdapat di dalam baksom tersebut.

Namun anda harus ingat bahwasanya anda harus memfokuskan uap air tersebut ke hidung anda agar nantinya dahak atau lendir yang menumpuk di dalam hidung anda akan semakin lama semakin encer sehingga sinusitis yang anda alami akan bisa mendingan. Lakukan cara ini secara rutin untuk bisa mendapatkan khasiat atau manfaat yang lebih maksimal.

3. Teknik pot neti

Sponsors Link

Cara pengobatan sinusitis akut yang ketiga adalah dengan menggunakan teknik pot neti. Teknik ini merupakan teknik yang umum digunakan oleh para pasien yang sedang menderita penyakit sinusitis. Pot neti sendiri merupakan sebuah ceret atau teko yang berukuran kecil yang mana gunanya adalah untuk memasukkan air ke dalama hidung penderita sinusitis.

Anda bisa mencampurkan air panas tersebut dengan campuran garam sekitar kurang lebih seperempat sendok. Selanjutnya yang anda lakukan adalah dengan memasukkan air tersebut ke dalam hidung kiri untuk kemudian akan keluar melalui rongga hidung sebelah kanan dan lakukan sebaliknya. Hal ini juga bisa anda gunakan sebagai cara agar hidung tak mampet saat tidur dan juga tips agar anak tidur nyenyak saat batuk.

4. Imunoterapi

Imunoterapi juga bisa menjadi salah satu pilihan alternatif untuk anda gunakan membantu mengatasi sinusitis yang sedang anda alami. Teknik ini juga menjadi teknik yang paling umum dan juga banyak digunakna untuk para pasien yang menderita penyakit sinus. Cara ini sangat ampuh digunakan untuk membantu membunuh sel – sel kanker yang dapat membahayakan tubuh kita.

Sponsors Link

Akan tetapi untuk kasus sinusitis yang sedang anda alami, anda juga bisa menggunakan imunoterapi untuk membunuh infeksi yang menyebabkan anda mengalami penyakit sinus, terutama bagi seseorang yang menderita ppenyakit sinus karena disebabkan oleh alergi.

5. Terapi obat

Cara pengobatan sinusitis akut yang terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan terapi obat. Untuk cara ini sebenarnya memang menjadi alternatif terakhir yang harus anda lakukan ketika beberapa cara sebelumnya tidak menunjukkan efek apapun.

Terapi obat yang bisa anda lakukan untuk membantu mengatasi sinus akut yang anda alami adalah seperti menggunakan:

  • Obat pereda rasa sakit, digunakan meredakan rasa sakit pada area sinusitis yang dialami
  • Semprotan hidung saline. digunakan untuk membersihkan lendir yang terdapat di dalam hidung
  • Kostikosteroid, digunakan untuk mencegah peradangan yang bisa dialami oleh pasien
  • Dekongestan, digunakan untuk mengatasi sinusitis namun penggunaannya harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

Demikian beberapa cara untuk mengobati penyakit pada sinusitis yang mengalami akut yang bisa anda ketahui, dengan ini anda bisa tahu untuk cepat mengobatinya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan