Sponsors Link

37 Cara Mengobati Flu secara Alami Paling Manjur

Sponsors Link

Flu pasti membuat penderitanya menjadi tidak nyaman. Gejala flu yang paling umum terjadi adalah demam, pilek, dan batuk. Flu terjadi karena infeksi virus dalam saluran pernafasan. Walau terlihat sepele, flu akan membuat seseorang malas dan tidak semangat dalam melakukan aktivitas harian. Maka dari itu, flu harus segera ditangani agar penderita cepat mampu melakukan aktivitas sehari-hari.

ads

Berikut ada beberapa banyak cara untuk mengobati flu secara alami paling manjur, yang sudah terbukti khasiatnya untuk anda coba:

1. Sering Berkumur dengan Air Bersih

Jika terserang pilek, sering-seringlah berkumur dengan air bersih. Berkumur dengan air membantu mengeluarkan lendir dari saluran pernafasan, yaitu pada jaringan hidung yang terhubung ke saluran tenggorokan. Pada bagian inilah virus berkembanh, sehingga berkumur akan bisa membantu membersihkan virus dan lendir. Air yang dikumur juga akan membantu meningkatkan kelembaban. Virus penyebab flu itu sendiri tidak suka dengan lingkungan yang lembab.

2. Olahraga atau Latihan Ringan

Ketika cara mengobati flu, mungkin banyak orang yang tidak mau beraktivitas karena tubuh memang membutuhkan istirahat yang cukul. Namun, bergerak atau melakukan aktivitas ringan saat flu justru bisa mengurangi gejala dari flu itu sendiri. Maka dari itu, lakukan aktivitas atau olahraga ringan seperti berjalan kaki. Tidak perlu lama-lama, cukup 20 menit saja. Namun saat keluar rumah, selalu gunakan pakaian yang tepat untuk menghindari udara dingin dan angin.

3. Minum Teh Hangat

Minum secangkir teh hangat saat flu akan membantu melegakan saluran pernafasan dan membuat tubuh terasa lebih segar. Teh hangat memiliki kemampuan untuk membantu melawan virus. Hal ini terjadi karena teh memiliki senyawa polifenol yang bisa meningkatkan sistem imun pada tubuh. Senyawa polifenol dalam teh juga dapat meningkatkan kondisi tubuh. Namun dalam mengonsumsi teh hangat ini jangan terlalu berlebihan. Cukup 2 kali sehari saja.

Artikel lainnya:

4. Berhenti Merokok

Rokok dapat memperburuk kondisi flu. Maka dari itu, berhenti lah merokok, atau hindarilah asap rokok. Hal ini dikarenakan asap rokok mengandung nikotin yang akan menghalangi fungsi dari serat rambut pada hidung. Jika fungsi serat rambut terganggu, maka kuman tidak bisa disaring dan dihancurkan, sehingga tubuh akan lebih mudah terserang flu dan pilek, atau memperparah flu yang sudah terjadi.

5. Mencuci Tangan Lebih Sering

Salah satu dari 37 cara mengobati flu secara alami paling manjur berikutnya adalah mencuci tangan lebih sering. Mencuci tangan bisa dilakukan dengan antiseptik dan air hangat. Bersihkan semua bagian kuku dan sela-sela jari. Cara sederhana ini akan membuat kuman dan virus di bagian luar tubuh hilang. Hal ini akan meminimalisir masuknya virus dan kuman yang lebih banyak dari media tangan. Selalu cuci tangan sebelum makan, sebelum minum obat, dan setelah melakukan aktivitas.

6. Tetap Menjaga Asupan Nutrisi dengan Makan

Orang yang sedang flu mungkin akan kehilangan nafsu makan. Namun hal ini tidak boleh dituruti. Penderita dlu sebaiknya tetap makan dengan mengkonsumsi makanan sehat. Hal ink akan membantu tubuh untuk melawan infeksi dari virus flu. Makanan sehat yang masuk ke dalam tubuh juga akan menyumbang nutrisi baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi itulah yang akan membantu menghilangkan gejala flu yang terus menyerang.

7. Mencoba Minum Ramuan Ginseng

Ginseng sebagai bahan alami juga baik untuk membantu sistem imun untuk melawan virus penyebab flu. Konsumsilah ramuan ginseng (wedang gingseng) atau teh panas yang sudah ditambahkan ginseng ke dalamnya. Ginseng akan membantu melawan infeksi dan meningkatkan sistem imun pada tubuh. Untuk mengonsumsinya, gingseng juga bisa dimasukkan ke dalam bahan makanan lain seperti sup, bubur, dan lainnya. (baca juga: Penyebab Pilek Berkepanjangan Pada Anak)

8. Konsumsi Makanan yang Mengandung Seng

Mineral seng ternyata penting untuk dikonsumsi saat sedang pilek karena dapat menurunkan resiko flu. Makanan yang mengandung seng bisa meningkatkan aktifitas dan metabolisme di dalam tubuh untuk melawan flu yang sedang menyerang. Mjneral seng juga bisa membantu proses regenerasi sel sehingga sel baru akan aktif untuk melawan virus. Beberapa jenis makanan yang mengandung seng misalnya seperti makanan laut, daging kambing, daging ayam, keju, kacang mete, dan kacang almond.

9. Konsumsi Sup atau Kaldu Ayam

Sponsors Link

Untuk mengatasi tubuh yang lelah dan lemas saat flu, penderita bisa mencoba mengonsumsi sup atau sup kaldu ayam. Sup ayam akan menjadi makanan yang menghangatkan tubuh dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Kaldu ayam juga bisa membantu meredakan peradangan yang diakibatkan oleh virus flu. Untuk hasil terbaik, campurkan sup atau kaldu ayam dengan sayuran yang sehat.

10. Istirahat Malam

Ketika flu tetap beristirahat lah pada malam hari. Tidur malam akan memulihkah kondisi tubuh yang lelah karena sepanjang siang beraktivitas. Tidur malam juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dibanding dengan istirahat siang, istirahat malam jauh lebih baik karena dapat memulihkan tenaga. Untuk mengatasi kesulitan tidur karena flu, konsumsilah minuman hangat saat sebelum tidur.

11. Tidur dengan Bantal yang Tinggi

Salah satu gejala flu adalah tidak nyaman saat tidur. Untuk mengatasi hal tersebut, maka cobalah tidur dengan bantal yang tinggi. Bantal yang tinggi akan membuat aliran cairan di hidung lebih lancar. Cairan yang keluar dari hidung akan mengatasi infeksi dari flu itu sendiri. (baca juga: Penyebab Batuk Berdahak)

12. Mandi dengan Air Panas

Saat flu, tetaplah mandi, namun gunakan air hangat. Mandi dengan air hangat dapat membuat tubuh menjadi lebih segar. Uap yang dikeluarkan daei proses mandi air panas akan membantu mengeluarkan lendir dari hidung.

13. Makan Telur

Telur bisa dibilang menjadi makanan terbaik saat flum Hal ini terjadi karena telur mengandung protein dan asam amino yang dapat mengatasi infeksi virus. Mengonsumsi telur ayam bisa dilakukan dengan merebusnya atau menggorengnya dengan mentega. Telur juga akan membantu memulihkan tenaga penderita flu.

14. Minum Jus Elderberry

Elderberry adalah buah kecil berwarna ungu. Buah ini mirip dengan anggur, namun ukurannya lebih kecil. Buah ini mengandung karotenoid. Karotenoid inj sendiri dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi. Selain itu buah ini juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

15. Minum Air Mineral yang Cukup

Meminum banyak air mineral sangat diperlukan saat flu. Air dan mineral penting untuk mencegah dehidrasi. Orang flu akan rentan terkena dehidrasi, bahkan tanpa mereka sadari. Maka minumlah air mineral yang cukup agar tubuh dapat melawan penyakit. Air yang dikonsumsi akan membantu tubuh mengeluarkan lendir dari saluran pernafasan.

Artikel lainnya:

16. Bersihkan Hidung dengan Air Garam

Cara ini mungkin jarang dilakukan, namun cara ini akan menjadi cara terbaik. Membersihkan hidung dengan air garam akan melawan infeksi di dalam hidung. Caranya adalah buat larutan air garam dan gunakan untuk membasuh hidung, yaitu dengan menghirupnya secukupnya lalu mengeluarkannya kembali. Garam memiliki sifat antibakteri yang baik untuk hidung yang sedang flu.

17. Minum Susu

Banyak orang yang menganggal minum susu saat flu itu tidak baik karena susu dapat memproduksi lendir. Namun hal itu salah karena susu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Susu juga mengandung vitamin D, yang mana vitamin D ini penting untuk melawan infeksi. Namun sebaiknya hindari jenis susu yang mengandung lemak, dan gunakan susu plain.

18. Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega 3

ads

Omega 3 penting untuk penderita flu. Omega 3 adalah zat yang bisa membangun kekebalan tubuh dan juga meredakam infeksi karena virus. Omega 3 juga dapat mengatasi peradangan. Beberapa makanan yang mengandung omega 3 adalah salmon, tuna, dan ikan makarel. (baca juga: Jenis-jenis Batuk)

19. Mengkonsumsi Tiram

Tiram merupakan salah satu bahan makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi, terutama saat flu. Tiram adalah makanan yang mengandung seng tinggi. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, seng dapat membantu menyembuhkan flu akibat virus. Bahkan tiram ternyata bisa mengurangi infeksi akibat flu. Namun untuk seseorang yang flu, proses masak tiram atau kerang harus benar-benar matang. Hindari kerang atau tiram yang mentah atau setengah matang. Hal ini dikarenakan tiram mentah dapat menyebabkan kondisi flu menjadi lebih buruk.

20. Minum Teh Licorice

Teh licorice adalah salah satu jenis teh yang sangat baik untuk orang yang sedang flu. Teh akar licorice ink akan melawan infeksi dalam tubuh dan mampu memecahkan atau mencairkan lendir di tenggorokan dan hidun. Teh ini juga ampuh dalam membantu mengatasi virus flu. Teh licorice juga sangat baik untuk meningkatkan daya tahan dan kondisi tubuh, serta ampuh untuk mengatasi demam.

21. Konsumsi Buah Mengandung Vitamin C Tinggi

Mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin C tinggi juga bisa membantu mengatasi flu. Hal ini akan sangat baik untuk mengatasi masalah saat flu. Vitamin C akan secara alami melawan sumber infeksi penyebab flu. Mengkonsumsi vitamin C juga penting untuk menurunkan demam. Beberapa jenis buah yang merupakan sumber vitamin C tinggi adalah jeruk, stroberi, jambu biji, pepaya, dan lainnya. (baca juga: Penyebab Sinusitis)

22. Konsumsi Sup Bawang Putih

Mengonsumsi sup yang mengandung bawang putih akan sangat dibutuhkan bagi penderita pilek atau flu. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung bahan alami alisin dan sulfur. Kedua bahan ini akan mengatasi virus dan radikal bebas penyebab flu. Bahkan aroma dan rasa yang kuat dari bawang putih ternyata memiliki manfaat yang besar untuk mengatasi berbagai sumber infeksi dan inflamasi.

23. Gunakan Bumbu Paprika Merah

Makanan pedas akan membuat penderita flu bisa mengeluarkan lendir dari hidung. Namun jika ingin mengonsumsi makanan-makanan pedas, maka gunakan bahan alami paprika merah sebagai bumbu tambahan. Paprika merah akan sangat mampu melawan penyakit, termasuk flu. Paprika merah yang segar akan memiliki rasa yang sedikit pedas. Namun bahan ini mengandung asam yang kemudian akan menjadi vitamin C alami di dalam tubuh. Vitamin C alami dalam paprika merah inilah yanh bisa melawan dan mengatasi flu yang dilarenakan virus.

24. Makan Biji Adas

Biji adas akan sangat baik untuk membantu menghalau virus penyebab flu secara alami. Biji adas dapat membantu menghilangkan lendir atau cairan dari dalam saluran pernafasan pendrrita flu. Biji adas juga dapat membantu menyembuhkan batuk dengan secara alami. Rasa adas adalah rasa manis, namun cukup tajam, apalagi jika sudah dimasak. Untuk mengonsumsinya saat flu, rebus biji adas lalu campurkan dengan air dan madu. Minum ramuan sebanyak 3 kali sehari untuk mempercepat penyembuhan flu.

25. Mengkonsumsi Jamur

Jamur ternyata juga bisa menjadi makanan yang disarankan untuk seseorang yang sedang flu. Jamur mengandung beberapa nutrisi penting, termasuk vitamin dan mineral. Beberapa jenis jamur yang disarankan saat flu antara lain jamur shiitake, jamur enoki, dan jamur tiram. Jenis jamur tersebut berwarna putih dan sangat baik untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh. Jamur juga akan memulihkan kondisi tubuh yang lemah karena flu, karena dalam jamur ada kandungan vitamin B, serat, dan juga kalium. (baca juga: Obat Batuk Berdahak Tradisional)

26. Minum Yogurt

Yogurt yang merupakan salah satu bahan olahan susu juga sangat penting untuk orang yang menderita flu. Yogurt mengandung bakteri baik yang kemudian akan menjadi probiotik dalam tubuh. Probiotik ini yang akan melawan infeksi dan radang akibat virus dan bakteri. Yogurt juga dapat memelihara kesehatan dan menjaga agar tubuh tetap memiliki sistem imun yang baik. Konsumsilah yoghurt plain tanpa gula dan tanpa tambahan apapun untuk meningkatkan kemampuannya.

27. Periksa ke Dokter

Jika flu terjadi secara terus menerus dan tidak kunjung sembuh, maka lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter, karena penanganan alami hanya bisa berhasil jika penderita tahu apa penyebab dari flu itu sendiri. Maka untuk mengetahui penyebabnya, lakukan pemeriksaan ke dokter.

28. Makan Jambu Biji

Kandungan vitamin C pada buah jambu biji ternyata dua kali lipat banyaknya jika dibandingkan dengan jeruk manis biasa. Jika jeruk manis mengandung 54 miligram vitamin C dalam  100 gramnya, maka pada kadar yang sama, jambu biji mengandung 108 miligram vitamin C. Maka jika ingin segera sembuh dari flu, mengonsumsi jambu biji atau meminum jus jambu biji tanpa gula akan membantu. Vitamin C akan menjadi prnambah daya tahan tubuh dan mampu membantu menyerang virus dalam tubuh.

29. Mengonsumsi Kiwi

Selain jambu biji, kiwi juga mengandung vitamin C yang banyak. Kandungan vitamin C pada kiwi sebanding dengan jambu biji, yaitu sebesar 100 miligram vitamin C dalam 100 gram buah kiwi. Jika sedang flu, mengonsumsi kiwi dengan cara apapun akan membantu menurunkan risiko virus flu. Minumlah jus kiwi tanpa gula atau makan buah kiwi secara langsung untuk membantu tubuh melawan virus flu.

30. Mengonsumsi Kelengkeng

Sponsors Link

Buah lain yang bisa dikonsumsi saat sedang flu adalah kelengkeng. Buah ini mungkin jarang ditemui dan tidak sepopuler buah lain. Namun buah ini ternyata juga mengandung vitamin C yang baik untuk membantu menyembuhkan penderita flu. Vitamin C akan membuat tubuh meningkat daya tahannya dan mampu menyerang virus. (baca juga: Obat Batuk Rejan)

31. Makan Pepaya

Pepaya adalah buah yang kaya akan serat dan vitamin C. Hal ini akan membantu tubuh untuk menyerap nutrisi serta membantu tubuh untuk melawan berbagai macam penyakit. Makan pepaya bisa dilakukan secara langsung. Atau bisa juga dikonsumsi dengan menambahkan jeruk nipis ke atas buahnya agar pepaya bisa terasa lebih nikmat dan lebih kaya akan vitamin C.

32. Mengonsumsi Paprika

Paprika merupakan salah satu jenis buah yang populer di negara sub tropis. Paprika ada dua jenis, yaitu merah dan hijau. Paprika sering dijadikan bahan makanan sehat. Paprika bisa dikonsumsi oleh orang yang sedang flu. Paprika memiliki kandungan vitamin C yang banyak, bahkan lebih banyak daripada jambu biji. Maka, mengonsumsi bahan ini akan membuat tubuh penderita flu lebih bugar dan dapat mengusir virus penyebab flu serta mempercepat pemulihannya.

33. Makan Brokoli

Selain paprika, brokoli juga ternyata mengandung banyak nutrisi yang bisa membantu tubuh untuk lebih segar dan bugar. Brokoli dikenal sebagai sayuran yang paling lengkap gizinya. Mengonsumsi brokoli saat flu akan membantu tubuh menerima nutrisi penting untuk membantu menyembuhkan flu dan mengusir virus penyebab flu. Tidak hanya itu, brokoli mengandung banyak vitamin C yang dibutuhkan untuk flu agar segera sembuh.

34. Makan Kubis

Sayuran lain selain brokoli yang baik untuk penderita flu adalah kubis. Kubis ini memiliki fungsi yang sama dengan brokoli dan juga mengandung vitamin C yang dibutuhkan. Kubis bisa dikonsumsi dengan banyak cara. Namun cara terbaik adalah dengan mengonsumsinya secara langsung (mentah) sebagai lalapan. Karena kubis mentah nutrisinya masih lengkap dan belum hilang karena proses masak. Namun jika tidak suka, konsumsilah kubis dalam bentuk sup hangat.

35. Mengonsumsi Stroberi

Buah stroberi dapat dikonsumsi oleh penderita yang sedang flu. Stroberi mengandung vitamin C dan mineral lain yang dibutuhkan oleh penderita flu agar flu bisa segera sembuh. Stroberi bahkan juga bisa membantu menurunkan demam. Jadi, jika saat flu dan memiliki gejala demam, maka konsumsilah stroberi, bisa secara langsung, bisa juga dengan membuat jus stroberi yang sehat.

36. Makan Kembang Kol

Kembang kol mirip dengan brokoli, hanya saja warnanya putih. Kembang kol memiliki khasiat yang mirip dengan brokoli, yaitu sebagai bahan makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh penderita flu agar flunya cepat sembuh. Kembang kol ini biasa dijadikan bahan utama membuat capcai. Namun, jenis makanan apapun juga bisa ditambahkan kembang kol agar lebih mudah menhonsumsinya.

37. Mengonsumsi Jeruk

Jeruk sudah lama dikenal sebagai buah yang baik untuk penderita flu. Jeruk bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menguatkan sistem imun. Dengan demikian jeruk bisa membantu mempercepat penderita flu agar cepat sembuh. Konsumsi lah jeruk secara rutin setiap hari, terutama saat flu agar virus penyebab flu bisa segera terbasmi secara alami.

Demikianlah cara mengobati flu secara alami paling manjur yang bisa dilakukan. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba. Ingat selalu untuk menjaga kesehatan agar kegiatam sehari-hari tidak terganggu.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan