Sponsors Link

Ini Dia, 6 Manfaat Obat Batuk Itrasal yang Ingin Diketahui Banyak Orang!

Sponsors Link

Pernah dengar obat batuk itrasal? Obat batuk Itrasal merupakan obat batuk dalam bentuk syrup yang dikemas dalam botol 100 ml. Obat batuk Itrasal bisa didapatkan secara bebas di apotek maupun dengan resep dokter. Meski ada banyak jenis-jenis batuk, namun umumnya manfaat obat batuk itrasal berguna untuk mengobati batuk berdahak. Apakah Anda juga sedang mencari obat batuk itrasal untuk mengobati batuk yang sedang Anda atau keluarga Anda alami? Mungkin obat batuk itrasal adalah pilihan yang tepat untuk Anda dan keluarga Anda sebagai cara ampuh untuk mengobati batuk. Baiklah, di bawah ini akan dipaparkan mengenai obat batuk itrasal secara lebih rinci. Komposisi yang terkandung dalam obat batuk itrasal mengandung beberapa zat seperti

ads
  • 3200 mg Glycyrrhizae Succus, yang artinya pada setiap satu takar sendok teh atau setara dengan 5 ml obat batuk itrasal mengandung 160 mg Glycyrrhizae Succus. Zat ini merupakan ekstrak kering yang dibuat dari akar tumuhan Glycyrrhiza glabra variates glandulifera yang mengandung zat aktif berupa asam glisiri zinat yang sangat manis dimana zat ini mampu menghambat suatu enzim yang mengkatalisasi perubahan androtendion menjadi testosterone. Selain itu,ia juga mengandung aster asam glisiretinat yang tidak manis dimana zat ini akan dihidrolisas dalam hati menjadi glisirenat yang berkhasiat menghambat perubahan koltisol menjadi kortison.
  • 2000 mg Chloretum Ammonicum, yang artinya pada setiap satu takar sendok teh atau setara dengan 5 ml obat batuk itrasal mengandung 100 mg Chloretum Ammonicum. Kandungan ini merupakan senyawa organic yang mampu megiritasi mukosa bronchial.
  • 2000 mg Solutio Ammonia yang artinya pada setiap satu takar sendok teh atau setara dengan 5 ml obat batuk itrasal mengandung 100 mg Solutio Ammonia
  • 2000 mg Sprituosa Anisata, yang artinya pada setiap satu takar sendok teh atau setara dengan 5 ml obat batuk itrasal mengandung 100 mg Sprituosa Anisata

Berbicara mengenai takaran obat batuk itrasal, berikut takaran yang sesuai dengan dosis untuk pemberian obat batuk itrasal tersebut.

  • ½ sendok teh untuk anak-anak dengan usia 1-3 tahun, minum 3 kali sehari
  • 1 sendok teh untuk anak-anak usia di atas 3 tahun, minum 3 kali sehari
  • 3 sendok teh untuk dewasa, minum 3 kali sehari

Selain takaran, perhatikan juga cara pakai pada obat batuk itrasal yakni kocok dahulu sebelum diminum dan minumlah setelah Anda makan, jangan pada saat perut Anda masih kosong.Lalu apa saja manfaat obat batuk itrasal? Baiklah, di bawah ini akan dipaparkan manfaat obat batuk itrasal.

  1. Mengobati obat batuk berdahak sebab mengandung efek ekspektoran dari kandungan Glycyrrhizae Succus dan Chloretum Ammonicum yang membantu untuk mengeluarkan dahak.
  2. Mengurangi rangsangan pada kerongkongan sehingga dapat mengurangi batuk yang diderita karena efek gatal di tenggorokan tersebut, sehingga ampuh sebagai cara menghilangkan dahak
  3. Mengobati batuk yang terkait dengan penyebab influenza seperti pilek yang menyebabkan produksi dahak yang berlebihan, sehingga manfaat obat batuk itrasal dianggap sebagai salah satu cara mengobati flu juga.
  4. Mengobati batuk yang berkaitan dengan bronchitis
  5. Mengobati batuk yang berkaitan dengan asma, sehingga obat batuk itrasal juga menjadi pilihan sebagai cara mengobati asma.
  6. Mengobati batuk yang disebabkan oleh merokok

Manfaat Obat Batuk Itrasal

Selain manfaat obat batuk itrasal, sama seperti obat-obat lainnya yang beredar di pasaran, obat batuk itrasal ini juga memiliki efek samping meskipun tidak terlalu banyak yaitu :

  • Jika mengonsomsi obat ini secara terus –menerus akan menyebabkan munculnya asidosis, apalagi jika mengonsumsinya dengan melampaui batas dosis yang telah ditentukan
  • Dapat menyebabkan mual dan juga muntah yang disebabkan oleh efek kandungan zat Chloretum Ammonicum

Aturan lainnya untuk penggunaan obat batuk itrasal terangkum seperti di bawah ini. Yuk, simak apa saja!

Sponsors Link

  • Jangan mengonsumsi obat batuk itrasal ini jika Anda adalah pasien yang memiliki riwayat alergi atau hipersensitivitas terhadap kandungan-kandungan yang ada pada obat batuk itrasal ini.
  • Hentikan pemakaian obat batuk itrasal jika terdapat tanda-tanda seperti ruam, gatal, sakit tenggorokan, demam, artralgia, jantung berdebaar, pucat, atau tanda-tanda lainnya yang muncul dan memperparah kondisi kesehatan Anda. Sebaiknya segera mendapatkan pertolongan medis agar tidak mengakibatkan kondisi yang fatal.
  • Hindari suhu yang lembab dan panas, sebaiknya simpan obat batuk itrasal tersebut  pada suhu ruangan yang jauh dari panas dan cahaya secara langsung
  • Jangan berbagi obat dengan orang lain, walaupun gejala penyakit yang diderita cenderung sama dengan yang Anda rasakan. Biasakan dengan resep dokter saja agar tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.
  • Buanglah semua sisa obat tersebut, baik yang tidak terpakai, yang kadaluarsa, atau bahkan yang tidak lagi dibutuhkan. Namun, jangan membuangnya di toilet atau drainase sebab akan merusak lingkungan
  • Perhatikan tanggal kadaluarsa, jangan sampai meminum obat setelah tanggal kadaluarsa sebab obat yang kadaluarsa dapat menyebabkan sindrom berbahaya yang mengakibatkan kerusakan pada ginjal
  • Konsultasikan ke dokter jika Anda juga mengonsumsi obat lainnya yang bersamaan dengan pemakaian obat batuk itrasal sebab efek dari obat tersebut akan berubah dan mengakibatkan efek obat pun tidak berjalan dengan baik. Atau kondisi terburuknya ialah meningkatkan resiko Anda untuk efek samping yang ada. Maka dari itu, jika Anda berkonsultasi pada dokter ahli, Anda akan dibantu sang dokter untuk mengatur interaksi obat atau berapa lama waktu selang untuk mengonsumsi obat lainnya.

Obat batuk itrasal adalah salah satu obat batuk dari kesekian banyak obat batuk yang ditawarkan di pasaran, khususnya untuk batuk berdahak. Manfaat obat batuk itrasal pun hampir memiliki kesamaan dengan beberapa obat batuk lainnya. Ini hanya masalah kecocokan pasien yang satu dengan pasien yang lainnya, mungkin saja pasien yang satu lebih cenderung ampuh dengan obat yang lain atau mungkin saja Anda lebih cocok dengan mengonsumsi obat ini. Apapun itu, bacalah setiap keterangan yang tertera di label kemasan atau segera hubungi dokter terdekat jika ada keluhan-keluhan lainnya.

, , ,