Sponsors Link

Batuk Berdahak dan Pilek Berkepanjangan: Bahaya, Akibat Dan Pengobatannya

Sponsors Link

Pilek merupakan sebuah kondisi yang bisa memicu terjadinya sebuah penyakit tertentu. Ada beberapa faktor yang bisa mengakibatkan seseorang mengalami pilek atau hidung tersumbat seperti alergi, atau terkena serangan virus. Seseorang yang mengalami pilek tentu akan membuatnya kesulitan bernapas sehingga harus segera dilakukan pengobatan yang tepat untuk mengatasi pilek tersebut.

ads

Salah satu penyakit yang bisa ditimbulkan dari pilek adalah batuk berdahak. Mengapa? Karena lendir atau ingus yang awalnya menumpuk di hidung kemudian akan mengalir menuju tenggorokan sehingga menyebabkan terjadinya peradangan pada tenggorokan. Hal inilah yang kemudian akan membuat anda mengalami batuk berdahak atau bahkan bisa mengalami radang tenggorokan.

Bahaya Batuk Berdahak dan Pilek Berkepanjangan

Perlu anda tahu bahwa baik batuk berdahak maupun juga pilek terkadang bisa sembuh dengan sendirinya meskipun tanpa anda lakukan pengobatan atau penanganan karena nanti sistem kekebalan tubuh anda lah yang akan berperan dalam melawan virus atau infeksi lain yang menyebabkan anda menderita batuk berdahak dan juga pilek.

Akan tetapi bagaimana jika batuk berdahak dan pilek berkepanjangan dan tidak kunjung sembuh meskipun anda sudah melakukan beberapa pengobatan? Tentu masalah ini bisa menjadi indikasi bahwasanya anda mengalami penyakit tertentu yang akan kita jelaskan pada kesempatan kali ini.

Di bawah ini akan kami berikan beberapa informasi penting kepada anda tentang akibat dari batuk berdahak dan pilek berkepanjangan serta bagaimana pengobatan yang harus anda lakukan untuk mengatasi masalah yang sedang anda alami tersebut.

1. Asma

Salah satu penyebab batuk berdahak dan pilek berkepanjangan adalah karena anda menderita penyakit asma. Asma merupakan salah satu penyakit jangka panjang yang bersifat kronis yang terjadi pada saluran pernapasan. Penyakit ini ditandai dengan adanya penyempitan saluran pernapasan sehingga akan menyebabkan penderitanya mengalami sesak napas.

Beberapa masalah lain yang bisa disebabkan oleh asma adalah nyeri dada, batuk mengi, maupun batuk berdahak atau batuk tidak berdahak. Seseorang yang menderita asma akan membuatnya mengalami batuk berdahak dan pilek berkepanjangan yang tidak kunjung sembuh, terlebih jika terjadi perubahan suhu.

Jika anda terindikasi mengalami asma, maka anda harus segera pergi ke dokter sehingga dokter bisa segera memberikan pengobatan yang tepat untuk mengatasi asma anda.

2. Penyakit Asam Lambung

Seseorang yang mengalami batuk berdahak dan pilek berkepanjangan juga bisa menjadi tanda bahwa ia sedang mengalami penyakit asam lambung atau yang juga disebut sebagai GERD. Penyakit ini identik dengan naiknya asam lambung menuju esofagus sehingga menyebabkan penderitanya mengalami beberapa masalah seperti sering sendawa, rasa panas dan juga nyeri pada bagian perut.

Untuk penyakit asam lambung yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama bisa membuatnya menderita batuk berdahak serta pilek berkepanjangan yang tentunya sangat mengganggu karena anda tidak bisa bernapas dengan lega atau dengan bebas.

3. Sleep Apnea

Sponsors Link

Apakah anda pernah mengetahui istilah sleep apnea? Sleep apnea merupakan sebuah kondisi dimana anda kesulitan untuk tidur secara obstruktif sehingga akan mempengaruhi kualitas tidur anda. Seseorang yang menderita sleep apnea akan membuatnya mengalami batuk berdahak maupun juga pilek yang relatif sulit untuk disembuhkan.

Untuk gejala yang paling umum terjadi kepada seseorang yang menderita sleep apnea adalah seperti insomnia, mendengkur, napas yang terengah – engah atau terputus – putus, dan lain sebagainya. Kondisi ini akan semakin parah jika tidak segera dilakukan penanganan karena akan membuat kualitas tidur anda semakin terganggu. Maka dari itu, bagi anda yang terindikasi menderita sleep apnea yang menyebabkan batuk berdahak, maka kami sarankan untuk membaca informasi seperti obat batuk berdahak tradisional serta penyebab batuk berdahak.

4. Infeksi

Seseorang yang mengalami batuk berdahak disertai dengan pilek berkepanjangan bisa mengindikasikan bahwa ia sudah terserang infeksi. Infeksi di sini bisa disebabkan oleh virus maupun bakteri yang masuk ke dalam saluran pernapasannya kemudian menyebabkan produksi lendir di dalam tubuh meningkat dan menimbulkan peradangan.

Jika kondisi ini dibiarkan dan tidak segera dilakukan pengobatan yang tepat, maka akan membuat lendir tersebut masuk ke tenggorokan sehingga akan memicu terjadinya radang tenggorokan. Untuk kasus yang lebih parah bisa menyebabkan seseorang menderita penyakit sinus atau yang kita kenal dengan sinutisis. Hal ini juga telah dijelaskan pada penyakit sinusitis menyebabkan kematian dan macam – macam sinusitis.

Pengobatan Batuk Berdahak dan Pilek Berkepanjangan

ads

Di bawah ini kami akan memberikan informasi kepada anda tentang apa saja pengobatan yang bisa anda lakukan sehingga anda tidak sampai menderita batuk berdahak dan pilek secara terus menerus.

1. Memperbanyak Minum Air Putih

Pengobatna batuk berdahak dan pilek berkepanjangan yang pertama adalah dengan membiasakan diri untuk meminum air putih lebih banyak dari biasanya. Air putih memang merupakan pengobatan awal yang ampuh mengatasi masalah yang berhubungan dengan saluran pernapasan, salah satunya yaitu batuk berdahak.

Selain itu, dengan memperbanyak minum air putih maka anda akan terjaga agar tidak sampai mengalami dehidrasi dimana seseorang yang menderita batuk berdahak dan juga pilek kemungkinan besar akan membuatnya mengalami dehidrasi. Manfaat lain yang anda dapatkan dengan memperbanyak minum air putih adalah anda akan terlihat lebih segar dan tidak mudah lelah. Biasakan untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari atau bisa lebih daripada itu.

2. Banyak Minum Air Hangat

Selain anda disarankan untuk banyak minum air putih, pengobatan lain yang bisa anda lakukan untuk mengobati batuk berdahak dan juga pilek adalah dengan membiasakan diri memperbanyak minum air hangat. Tentu minum air hangat di sini takarannya tidak harus seperti ketika anda minum air putih.

Dengan membiasakan minum air putih minimal 2 sampai 3 kali dalam sehari tentu akan membantu dalam mengencerkan dahak yang menumpuk baik di hidung maupun juga di tenggorokan anda. Selain itu, uap panas yang keluar dari air hangat juga berguna dalam membantu mengencerkan dahak.

Beberapa manfaat lain yang bisa anda dapatkan ketika membiaskan diri meminum air hangat lebih sering dari biasanya maka anda tidak akan mengalami dehidrasi, mencegah pilek semakin parah, serta membuat tenggorokan anda menjadi lebih lega.

3. Banyak Istirahat

Cara mengobati batuk berdahak dan pilek berkepanjangan juga bisa anda lakukan dengan meluangkan waktu anda lebih banyak untuk beristirahat. Dengan beristirahat, sistem kekebalan tubuh anda akan kembali normal sehingga kondisi fisik anda juga akan lebih baik.

Maka dari itu, biasakan untuk banyak istirahat seperti memiliki waktu tidur yang cukup yang sesuai dengan saran ahli kesehatan dan tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat yang bisa menguras tenaga maupun konsentrasi anda.

4. Minum Air Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah – rempah yang kami sarankan untuk anda manfaatkan di dalam mengobati batuk berdahak dan pilek berkepanjangan. Mungkin anda juga sudah tidak asing lagi akan manfaat jahe untuk kesehatan.

Kandungan yang ada di dalam jahe akan berfungsi sebagai anti inflamasi yang akan melawan peradangan yang terjadi di dalam tenggorokan anda. Untuk cara pengobatan menggunakan jahe tentu sangat mudah dimana anda hanya perlu menyiapkan jahe kemudian menggepreknya dan tinggal anda masukkan ke dalam air panas.

Minum air jahe secara rutin mnimal dua kali dalam sehari untuk mendapatkan khasiat yang lebih maksimal. Manfaat lain dari membiasakan diri meminum air jahe adalah tubuh anda akan terasa hangat sehingga anda akan terlihat lebih segar.

5. Madu

Sponsors Link

Selain menggunakan jahe, pengobatan lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi batuk berdahak dan pilek berkepanjangan adalah dengan madu. Sama halnya seperti jahe, di dalam madu juga mengandung suatu zat yang nantinya akan berperan sebagai anti inflamasi yang akan berguna untuk meredakan lendir yang menumpuk di dalam hidung maupun tenggorokan.

Biasanya seseorang yang ingin mengobati batuk berdahak dan pilek akan mencampurkan madu dengan bahan – bahan lain seperti jeruk nipis atau bahkan dengan jahe. Anda hanya perlu menyiapkan madu secukupnya kemudian anda tambahkan ke dalam air jahe maupun air jeruk nipis dan minum selagi masih hangat.

6. Menghindari Makanan Penyebab Dahak

Selain menggunakan pengobatan – pengobatan yang telah kami jelaskan sebelumnya. Hal lain yang harus anda perhatikan adalah anda harus menghindari produk makanan maupun minuman yang bisa membuat produksi lendir atau dahak akan semakin bertambah.

Beberapa produk makanan atau minuman yang hanya akan membuat produksi lendir anda bertambah adalah seperti susu kedelai, yoghurt, es krim, dan lain sebagainya. Karena tidak jarang seseorang yang menderita batuk berdahak dan pilek berkepanjangan tidak kunjung sembuh karena mereka memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan atau minuman yang bisa membuat produksi dahak menjadi lebih banyak dan mengental. Hal ini juga telah dijelaskan pada pantangan makanan untuk batuk berdahak dan makanan yang dilarang saat batuk.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang bahaya serta bagaimana cara pengobatan batuk berdahak dan pilek berkepanjangan yang bisa anda lakukan. Kami lebih merekomendasikan untuk melakukan pengobatan herbal karena tidak akan menimbulkan efek samping terhadap penggunanya. Namun jika kondisi anda tidak kunjung menunjukkan tanda – tanda akan kesembuhan, maka kami sarankan untuk segera pergi ke dokter guna mendapatkan perawatan yang lebih intens.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan