Sponsors Link

Terbukti Mujarab, 3 Cara Mengobati Segala Jenis Batuk Dengan Gula Batu!

Sponsors Link

Batuk adalah salah satu kondisi yang bisa mengakibatkan aktivitas Anda terganggu, baik batuk kering maupun berdahak. Untuk itu, ada banyak pula solusi yang ditawarkan untuk mengobati batuk tersebut, baik cara mengobati batuk berdahak maupun cara mengobati batuk kering yaitu dengan obat batuk berdahak secara tradisional, obat batuk secara herbal, maupun obat batuk generic baik dengan atau tanpa resep dokter. Kali ini akan membahas salah satu cara mengobati batuk secara tradisional dimana mengobati dengan bahan yang mudah ditemukan di pasar yakni cara mengobati batuk dengan gula batu. Sudah pernah mendengar sebelumnya? Jika belum, artikel kali ini akan membahas tuntas mengenai cara mengobati batuk dengan gula batu.

ads

Khasiat Gula Batu

Gula batu merupakan salah satu jenis gula yang diproduksi di Indonesia, selain gula pasir, gula merah, gula tebu, dan gula aren. Nah, di antara jenis tersebut gula batulah yang cukup bersahabat dengan kesehatan Anda untuk meredakan batuk, baik batuk berdahak ataupun batuk tidak berdahak pada orang dewasa dan anak-anak, termasuk pada balita. Gula batu terbentuk dari alrutan gula cair jenuh dimana larutan tersebut kemudian dikristalisasi hingga menghasilkan gula yang keras layaknya batu.

Hal inilah yang melatarbelakangi penamaan dari gula batu tersebut. Dan ya, namanya gula sudah barang tentu rasanya manis dimana ia mengandung nutrisi gula sukrosa dan karbohidrat sama seperti gula pasir. Jika pada gula pasir terkandung karbohidrat sebesar 99,98 gram pada 100 gram gula pasir maka gula batu hanya berbeda sedikit kandungannya yakni mengandung 99,70 gram pada 100 gram gula batu. Di bawah ini akan dibahas lebih dulu mengenai khasiat gula batu, batuk untuk batuk berdahak, batuk kering, maupun batuk pada balita.

  1. Khasiat gula batu untuk batuk berdahak
  2. Mengeluarkan dahak saat batuk
  3. Menghentikan pilek yang mampu menyebabkan lender sehingga memperparah keadaan batuk
  4. Khasiat gula batu untuk batuk kering
  5. Melegakan tenggorokan
  6. Mengobati batuk kering yang dialami tanpa zat kimia
  7. Khasiat gula batu untuk batuk pada balita
  8. Mengeluarkan dahak pada saar balita mengalami batuk berdahak
  9. Melegakan tenggorokan dan menghentikan batuk kering

Cara Mengobati Batuk dengan Gula Batu

Setelah mengetahui khasiat gula batu, berikut ini cara mengobati batuk dengan gula batu yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Cara mengobati batuk berdahak dengan gula batu

  • Siapkan air sekitar 3 – 5 gelas
  • Siapkan gula batu sekitar 2-3 sendok makan
  • Siapkan madu
  • Siapkan panci yang sudah diisikan air di atas kompor, nyalakan api sedang
  • Saat air mendidih, masukkan gula batu yang sudah disiapkan dan aduk perlahan
  • Tunggu sebentar hingga air mendididh sekali lagi, lalu tambahkan madu, aduk rata dan perlahan
  • Dinginkan sebentar, tuangkan ke dalam gelas besar dan minumlah selagi hangat
  • Minum secara teratur sebanyak dua kali dalam sehari pada pagi dan sore hari

2. Cara mengobati batuk kering dengan gula batu

  • Siapkan air sekitar 3 – 5 gelas
  • Siapkan gula batu sekitar 3-5 sendok makan
  • Siapkan lemon
  • Siapkan panci yang sudah diisikan air di atas kompor, nyalakan api sedang
  • Saat air mendidih, masukkan gula batu yang sudah disiapkan dan aduk perlahan
  • Tunggu sebentar hingga air mendididh sekali lagi, lalu tambahkan air perasan lemon, aduk rata dan perlahan
  • Dinginkan sebentar, tuangkan ke dalam gelas besar dan minumlah selagi hangat
  • Minum secara teratur sebanyak dua kali dalam sehari pada pagi dan sore hari
Sponsors Link

3. Cara mengobati batuk dan pilek dengan gula batu berdasarkan kepercayaan India Kuno

  • Campur dua sendok makan kacang almond, 1 sendok the gula batu, dan setengah sendok the bubuk lada hitam, giling jadi bubuk halus. Lalu, campur susu pada bubuk halus yang telah dibuat sebelumnya. Minum selama 3-4 hari untuk menyembuhkan demam yang timbul oleh batuk dan pilek
  • Campur setengah sendok the lada hitam, setengah the yogurt, dan gula batu. Makan seperti biasa saja untuk menyembuhkan sakit tenggokan yang ditimbulkan oleh batuk

Meskipun gula batu digunakan sebagai salah satu cara mengobati batuk, namun tetap disarankan untuk mengonsumsi gula sesuai dengan kadar yang baik bagi perusahaan. Hal ini sesuai dengan saran dari WHO yang menyebutkan bahwa kadar yang aman bagi kesehatan tubuh yaitu sekitar 25 gram atau maksimal 50 gram saja yang setara dengan 4 sendok makan setiap harinya. Selain itu, jangan melebihi kadar yang dianjurkan sebab gula batu pun punya resiko yang sama dengan penggunaan gula pada umumnya. Jika terlalu banyak mengonsumsi gula batu juga akan meningkatkan resiko diabetes untuk Anda. Bijaklah untuk melakukan pengobatan pada batuk Anda.

Apabila kondisi batuk tak segera membaik setelah meminum resep di atas, disarankan untuk Anda mengunjungi atau berkonsultasi pada dokter ahli agar mendapatkan perawatan yang tepat dan sesuai. Apalagi bila diingat ada banyak jenis-jenis batuk yang mungkin saja bisa menyerang Anda dan keluarga. Dokter akan memberikan diagnosa terkait penyebab batuk berdahak yang mungkin Anda alami, seperti cara mengobati batuk TBC,obat tradisional batuk mengi, obat tradisional batuk kronis,obat tradisional batuk pilek dan radang tenggorokan, obat tradisional batuk pilek, obat tradisional batuk asma , obat tradisional batuk akut atau yang lainnya.

, , , ,