Sponsors Link

6 Cara Mengobati Flu Untuk Ibu Menyusui Paling Aman Tanpa Efek Samping

Sponsors Link

Flu merupakan penyakit yang sering dialami oleh setiap orang, namun kondisi seseorang yang paling menentukan timbulnya penyakit ini. Apabila orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah pada saat itu maka sangat mudah terserang flu. Selain itu, pada kondisi ibu menyusui juga sangat rentan terkena virus influenza atau virus penyebab flu. Meskipun flu sangat mudah untuk menyerang manusia yang memiliki daya tahan tubuh rendah, namun flu ini sangat mudah untuk disembuhkan.

ads

Namun apabila flu ini tidak segera diobati akan menjadi boomerang bagi penderita karena akan berdampak timbulnya penyakit kronis lainnya. Oleh sebab itu, apabila Anda terkena flu khususnya pada ibu menyusui sebaiknya langsung segera diobati dengan beragam cara pengobatan. Pada artikel ini akan dibahas secara lengkap dan mendalam tentang cara mengobati flu untuk ibu menyusui.

Artikel terkait:

Pengobatan Batuk yang Paling Aman

Pengobatan suatu penyakit harus didasarkan pada kondisi penderita. Sejalan dengan kondisi tersebut maka dalam mengobati flu pada ibu menyusui harus dibedakan dengan orang biasa. Hal ini dikarenakan ibu menyusui erat kaitannya dengan anak yang disusuinya. Apabila cara pengobatan flu pada ibu menyusui asal – asalan maka akan berdampak buruk pada anak. Oleh sebab itu, cara mengobati flu harus dilihat terlebih dahulu kondisi ibunya. Berikut ini beberapa cara mengobati flu untuk ibu menyusui, seperti dibawah ini:

1. Perbanyak mengkonsumsi air putih

Setiap orang pasti membutuhkan air putih karena sebagian besar di dalam tubuh manusia adalah cairan. Keadaan ini berlaku juga untuk semua orang terutama ibu menyusui. Ibu menyusui lebih rentan kekurangan cairan karenan setelah ASInya diminum oleh bayinya maka si ibu tersebut kekeurangan cairan. Kekurangan cairan atau istilah medisnya dehidrasi akan berpengaruh besar terhadap daya kekebalan tubuh si ibu sehingga ibu mudah terkena penyakit terutama flu.

Virus influenza atau virus penyebab flu lebih mudah menyerang kepada seseorang yang memiliki sistem imun yang rendah seperti ibu menyusui tersebut. Oleh sebab itu, salah satu cara dalam mengobati flu pada ibu menyusui yaitu dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih. Air putih dipercaya mampu meningkatkan daya kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terkena virus, bakteri dan kuman penyebab penyakit termsuk virus influenza. Selain itu, manfaat mengkonsumsi air putih lainnya yaitu mampu mengeluarkan racun dalam tubuh. Singkat cerita, air putih baik bagi kesehatan terutama sebagai pengobatan flu pada ibu menyusui.

2. Minum atau makan yang berkuah hangat

Minum atau makan yang berkuah hangat membantu Anda sebagai ibu menyusui dalam mengobati flu. Minuman atau makanan tersebut dapat melegakan hidung dan tenggorokan. Minuman atau makanan ini bisa berupa teh hangat atau sup hangat. Selain melegakan hidung dan tenggorokan, makanan atau minuman tersebut mampu mengencerkan lendir atau ingus sehingga mampu memperlancar pernapasan dan meredakan flu.

3. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran yang segar memang sangat baik untuk kesehatan terutama kesehatan sistem perncernaan. Selain memperlancar sistem perncernaan, buah dan sayuran tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terutama buah dan sayuran yang mengandung vitamin C. Buah dan sayuran tersebut sangat cocok dikonsumsi ibu menyusui yang terkena flu karena akan mengobati dan meredakan gejala flu. Selain itu, buah dan sayuran tersebut mampu melawan virus influenza. Vitamin C pada buah dan sayuran akan membantu meredakan gejala flu seperti flu disertai demam serta sakit kepala dan sakit kepala saat batuk flu.

Sponsors Link

4. Mengkonsumsi air jahe dan madu

Cara ini sangat ampuh dalam mengobati flu terutama bagi ibu menyusui yaitu dengan mengkonsumsi air jahe. Air jahe hangat dapat menghangatkan badan dan mampu melegakan pernapasan. Air jahe juga mampu mengencerkan lendir atau ingus yang menyumbat sistem pernapasan di rongga hidung. Apabila lendir atau ingus tersebut encer maka dengan mudah dikeluarkan dari rongga hidung sehingga sistem pernapasan kembali normal.

Selain itu, air jahe mampu meningkatan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu meningkatkan kemampuan dalam melawan virus, bakteri dan kuman penyebab penyakit terutama virus influenza. Apalagi air jahe ditambah madu akan menambah kemampuan dalam melawan virus, bakteri dan kuman penyebab penyakit. Hal ini dikarenakan madu juga memiliki khasiat sama seperti jahe yaitu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia terutama ibu menyusui.

5. Mengkonsumsi yoghurt

Sponsors Link

Cara ini terbilang jarang digunakan namun sangat baik untuk mengobati flu pada ibu menyusui yaitu dengan mengkonsumsi yoghurt. Yoghurt merupakan susu yang difermentasi, dimana yoghurt ini mampu memperlancar sistem pencernaan. Selain itu yoghurt ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia sehingga tidak mudah terkena penyakit termasuk flu. Ibu menyusui memang sangat rentan terhadap serangan virus influenza sehingga dengan mengkonsumsi yogurt ibu meyusui tersebut mampu membentengi diri agar virus tersebut tidak masuk kedalam tubuhnya.

6. Mengkonsumsi air perasan jeruk nipis

Selain bermanfaat untuk mengobati batuk, air perasan jeruk nipis ini juga dipercaya mampu mengobati flu. Apabila Anda tidak suka dengan yang masam maka Anda dapat menambahkan madu. Selain menambah rasa manis, madu juga mampu meningkatkan sistem imun manusia. Air perasan jeruk nipis ini sangat baik digunakan untuk mengobati flu pada ibu menyusui. Hal ini dikarekan selain tidak ada efek sampingnya, air perasan jeruk nipis ini mengandung banyak vitamin C sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh pada ibu menyusui. (baca juga: Penyebab Pilek Berkepanjangan Pada Anak).

Demikian penjelasan singkat namun mendalam tentang cara mengobati flu untuk ibu menyusui. Bagi Anda ibu yang sedang menyusui terkena flu maka sebaiknya Anda pahami penjelasan diatas dan ikuti cara pengobatan tersebut. Anda tidak akan lagi merasakan flu yang mengganggu Anda beraktifitas sehari – hari. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan