Sponsors Link

9 Cara Menyembuhkan Sinusitis Tanpa Operasi yang Alami dan Sehat

Sponsors Link

Jenis penyakit yang satu ini tentunya sangat jarang didengarkan dibeberapa kalangan masyarakat karena penyakit sinusitis ini memiliki beberapa gejala yang mirip dengan gejala yang timbul pada penyakit flu. Sinusitis merupakan sebuah penyakit yang menyerang sinus, sinus merupakan rongga-rongga yang keberadaannya terletak di sekitar hidung dan pipi. Penyakit sinusitas biasanya disebabkan oleh adanya penumbukan pada rongga-rongga ini sehingga membuat virus dan bakteri dengan mudah menginfeksi sinus, perkembangnya virus dan bakteri pada rongga sinus dapat menyebabkan beberapa gejala seperti hidung yang mempet, berlendiri serta mengalami peradangan pada batang hidung.

ads

Penyakit Sinusitis dapat disebabkan dan dipicu oleh beberapa faktor yang mana dapat berasal dari dalam ataupun luar tubuh, beberapa diantaranya seperti :

  • Virus, penyakit ini akan lebih mudah menyerang tubuh ketika daya tahan menurun akibat adanya infeksi pada tubuh. Besarnya resiko tubuh untuk terserang penyakit sinusitis dapat diawali dengan penyakit flu yang terjadi melalui cara penularan influenza, cuaca dan suhu yang dingin dapat memperparah flu yang sedang diderita yang mana lambat laun akan menyebabkan jaringan yang terdapat pada hidung akan mengalami pembengkakan dan akhirnya menyebabkan sinusitis.
  • Alergi, tentunya hal ini tidak dialami oleh semua tubuh namun tetap dapat menjadi faktor penyebab terjadinya sinusitis. Dalam beberapa kasus tubuh yang mengalami alergi terhadap debu atau objek alergi lainnya cenderung lebih rentan untuk mengalami sinusitis akibat flu dan pilek yang akan terus terjadi selama alergi berlangsung. Oleh karena itu ada baiknya jika seseorang yang memiliki alergi yang dapat menimbulkan gejala pada hidung untuk segera mengatasi alergi tersebut dan tidak membiarkannya terlalu lama.
  • Polip merupakan sebuah kondisi dimana terdapatnya segumpalan daging yang tumbuh dan berkembang pada bagian hidung tertentu, polip dapat menyebabkan rongga sinus menjadi tersumbat sehingga dapat membuat lendir menjadi lebih mudah menggumpal sehingga memicu sinusitis. Meskipun demikian, polip masih dapat diatasi dengan menggunakan semprotan steroid hidung apabila polip yang diderita masih tergolong ringan yang mana dapat menimbulkan gejala batuk disertai demam tinggi.
  • Menyelam dan berenang terlalu lama, air yang terdapat pada kolam renan biasanya mengandung klorin yang dapat memicu resiko timbulnya sinusitis. Kandungan klorin dalam air apabila terlalu lama masuk ke dalam hidung dapat menimbulkan iritasi pada lapisan dalam hidung sekaligus sinus.
  • Infeksi jamur, tidak hanya virus dan bakteri saja yang dapat menyerang tubuh manusia namun begitu juga dengan jamur. Walaupun infeksi jamur yang dapat menyebabkan gangguan pada sinus tidak sering terjadi jika dibandingkan dengan infeksi virus atau bakteri tetap saja memiliki resiko untuk menyebabkan sinusitis. Jenis jamur aspergillus biasanya ditemukan pada tubuh yang mengalami sinusitis akibat serangan jamur karena pada umumnya jenis jamur ini berkembang pada daerah yang lembab dan gelap seperti sinus dan dapat menyebabkan batuk berdahak hijau.
  • Merokok, rokok yang dikonsumsi dalam jangka panjang juga dapat meningkatkan resiko terjadinya sinusitis. Asap rokok yang dihirup oleh saluran pernafasan secara tidak langsung dapat menyebabkan iritasi pada lapisan dalam hidung sehingga gejala peradangan mungkin saja terjadi dan selanjutnya menyebabkan sinusitis.
  • Udara yang terlalu kering, kondisi dimana suhu dan udara yang sangat kering dapat menyebabkan lapisan dalam hidung menjadi lebih kering sehingga mudah teriritasi. Kondisi hidung yang kering akan membuat kelenjar lendir lebih aktif untuk memproduksi lendir dan hal ini bertujuan supaya hidung tetap dalam kondisi yang lembab. Namun apabila hal ini terus berlanjut akan membuat lendir menjadi menumpuk dan dapat menyubat rongga sinusitis.

Cara menyembuhkan sinusitis

  1. Hindari sumber alergi

Seperti yang dijelaskan pada pembahasan sebelumnya bahwa sinusitis dapat dipicu dan disebabkan oleh alergi yang menimbulkan dampak pada saluran pernafasan. Cara untuk mencegah dan mengatasi penyakit sinusitis salah satunya yaitu dengan menghindari sumber atau objek yang dapat memicu terjadinya alergi terutama debu, serbuk dari dan objek lainnya yang dapat masuk ke dalam saluran pernafasan melalui udara. Alergi yang dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan dampak yang lebih buruk terhadap kesehatan tubuh tidak hanya pada hidung atai sinus saja.

Sponsors Link

  1. Menjaga kestabilan kelembapan tubuh

Tubuh yang kehilangan kelembapan alaminya kadang dapat disebabkan oleh menguapnya cairan dalam tubuh akibat dehidrasi dan berkeringat lebih. Hal ini dapat menyebabkan resiko tubuh mengalami sinusitis menjadi lebih tinggi serta batuk sesak nafas, oleh karena itu penting untuk menjaga kelembapan tubuh setelah mengalami dehidrasi berlebih dengan meminum air yang banyak setiap harinya ketika sedang beraktivitas diluar ruangan ataupun ketika berada dalam ruangan ber-AC.

  1. Menguap hidung dengan minyak kayu putih

Cara untuk menyembuhkan sinusitis selanjutnya dapat berupa melakukan proses penguapan pada hidung dengan menggunakan minyak kayu putih. Minyak dari tanaman kayu putih ini pada dasarnya telah banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti menghangatkan tubuh ataupun sebagai aroma terapi alami yang dapat merilekskan tubuh. Cara menggunakan kayu putih dalam pengobatan penyakit ini tergolong mudah yaitu dengan memasukan beberapa tetes minyak kayu putih pada air hangat kemudian hirup uap yang dihasilkan dari air hangat tersebut. Dengan cara penguapan ini dapat membantu tubuh terutama hidung untuk megeluarkan lendir yang mengumpal karena uap yang dihirup dapat membuat bagian dalam hidung menjadi hangat dan lendir pun menjadi lebih encer.

ads
  1. Menggunakan Kain dan air hangat

Selain uap yang berasal dari air hangat dapat membuat bagian dalam hidung menjadi lebih hangat, kegunaan lainnya dari air hangat dengan cara yang berbeda juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara menyembuhkan sinusitis yang masih tergolong ringan. Dalam cara ini ada baiknya menggunakan kain yang dapat menyerap air dengan baik contohnya handuk, handuk selanjutnya dapat dicelupkan pada air dalam kondisi hangat. Handuk hangat ini dapat diletakan pada bagian atas hidung, cara ini juga dapat merilekskan jaringan otot yang kaku akibat peradangan dan sinusitas.

  1. Mengunakan jahe

Tanaman jahe diketahui mampu untuk menimbulkan sensasi hangat dan pedas ketika dikonsumsi oleh tubuh. Jahe kaya akan kandungan kurkumin yang dapat berkerja dalam meredakan dan mengatasi peradangan yang terjadi akibat gangguan pada sinus. Sensasi pedas dari jahe dapat membantu peredarah darah disekitar hidung menjadi lebih lancar sehingga penumpukan lendir dapat menjadi lebih encer dan dapat dengan mudah dikeluarkan. Pengolahan jahe sebagai bahan alami yang akan dimanfaatkan dalam cara menyembuhkan sinusitis dapat dengan membuatnya menjadi ramuan atau minuman penghilang flu atau dapat dimasukan ke dalam masakan yang dikonsumsi sehari-hari.

  1. Mengunakan daun sambilito

Daun dari tanaman sambilito juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami dalam cara menyembuhkan sinusitis. Cara menggunakan daun ini sebagai obat penyembuh penyakit sinusitis yaitu dengan mengolahnya menjadi obat tetes alami hidung. Cara pengolahan daun sambilito yaitu dengan menghaluskan daun yang telah dibersihkan hingga benar-benar dalam kondisi yang halus, kemudian peras daun yang telah halus dan gunakan air perasan tersebut dengan cara meneteskannya ke dalam hidung.

  1. Menggunakan cuka apel

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan dalam cara menyembuhkan sinusitis yaitu cuka yang berasal dari buah apel. Cuka apel ini sendiri banyak digunakan dan dimanfaarkan untuk berbagai keperluan rumah tangga salah satunya yaitu untuk mencuci buah dan sayuran sehingga lapisan pestisida yang menempel pada permukaan buah dan sayur dapat dibersihkan. Cuka apel sendiri diketahui mampu untuk mengatasi penumpukan lendir yang terdapat pada saluran pernafasan. Caranya yaitu dengan mengolah cuka apel sebagai ramuan alami, cuka apel dapat dicampurkan dengan madu dan air hangat. Campuran dari cuka apel, madu dan air hangat dapat langsung diminum setiap harinya hingga gejala dari penyakit sinusitis mulai merada.

  1. Kulit manggis

Kulit manggis merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan kandungan aktif yang mampu menjaga kesehatan tubuh serta kulit. Kulit manggis dapat diolah lebih lanjut sebagai salah satu cara alternatif dalam menyembuhkan sinusitis, kulit manggis dapat dijemur dibawah terik matahari. Kulit manggis yang telah kering dapat digunakan kapan saja dengan cara menyeduhnya dengan air hangat yang mana seterusnya air dari kulit manggis ini dapat diminum secara rutin tiap harinya. Selain itu saat ini telah banyak beredah ekstrak dan olahan kulit manggis dalam kemasan sehingga mempermudah untuk dikonsumsi.

  1. Air garam

Garam diketahui memiliki kandungan aktif yang mampu mengatasi infeksi virus atau bakteri yang menyebabkan hidung menjadi lebih mudah berlendir. Cara menggunakan garam untuk mengatasi sinusitis yaitu dengan cara melarutkan sejumlah garam dengan air kemudian air garam ini dapat dihirup langung oleh hidung dan dikeluarkan kembali. Air garam dapat mengeluarkan bakteri atau virus yang berada pada hidung dan ada baiknya jika hal ini dilakukan secara perlahan agar efek perih pada hidung akibat garam dapat diminimalisir. Berkumur dengan menggunakan air garam juga dapat dilakukan untuk merdakan beberapa gejala dari penyakit sinusitis pada tenggorokan.

Beberapa cara diatas dapat dilakukan sendiri dirumah yang mana tidak membutuhkan biaya yang banyak untuk mengatasi gejala dan penyakit sinusitis yang dialami. Beberapa macam obat-obatan kini juga telah banyak tersedia guna menyembuhkan sinusitis yang dapat menyebabkan hidung mampet dan tenggorokan berlendir.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan