Sponsors Link

Benarkah Batuk Berdarah Karena Asam Lambung? Bagaimana Penanganannya?

Sponsors Link

Setiap orang pasti mengalami batuk dan wajar untuk semua orang karena penyakit ini mudah ditularkan. Namun, jangan menyepelekan batuk, tidak menutup kemungkinan batuk ini dapat mengeluarkan darah. Dalam istilah kedokteran batuk berdarah atau hemoptisis adalah kondisi munculnya darah yang berasal dari saluran pernapasan saat batuk. Hemoptisis dapat menjadi gejala dari penyakit serius. Selain itu ada banyak faktor yang melatarbelakangi, salah satunya adalah tungkak lambung atau sakit maag. Benarkah batuk berdarah karena asam lambung? bagaimana penanganannya?. Pada artikel ini akan menjawab pertanyaan itu. Batuk berdarah ini mungkin juga dialami dengan batuk yang tak kunjung sembuh – sembuh atau istilahnya batuk menahun. Ada beberapa ciri-ciri batuk menahun yang perlu diwaspadai seperti batuk setelah makan.

ads

Pada umumnya kondisi batuk berdarah dapat terjadi dalam jumlah sedikit dan bercampur dengan ludah. Kondisi darah yang keluar terlihat berwarna merah terang dan bergelembung, hal ini diakibatkan bercampur dengan udara dan lendir. Mayoritas penderita yang mengalami batuk berdarah dengan gejala demam, dada terasa sakit ataupun kurang enak badan. (baca juga : sakit tenggorokan saat batuk ).

Fakta yang menyatakan asam lambung (sakit maag) menyebabkan batuk berdarah

Penyebab penyakit batuk berdarah selain dari kerusakan bagian paru – paru akan tetapi apabila ada bagian lambung terluka atau mengalami tukak lambung maka tidak menutup kemungkinaan terjadi batuk berdarah. Hal ini disebabkan bagian lambung terluka karena sering terjadinya asam lambung, sehingga lambung yang terluka bisa mengeluarkan darah dan ketika batuk darah yang ada pada luka lambung akan terbawa naik keatas ketika batuk.

Cara mengobati batuk berdarah

Cara mengobati batuk berdarah, selain dari pada mengobati batuk itu sendiri. Pengobatan pada batuk berdarah ini harus disembuhkan dari penyebabnya. Karena penyebabnya diawal telah dideteksi yaitu kenaikan asam lambung atau sakit maag maka sebaiknya Anda sembuhkan sakit maag terlebih dahulu dan selanjutnya pengobatan batuknya. Berikut ini cara mengobati batuk berdarah yang telah di riset oleh tim batukflu.com, antara lain:(baca juga: cara mengobati batuk kronis )

  • Mengkonsumsi Jahe

Jahe selain digunakan sebagai bumbu dapur untuk penyedap makanan, akan tetapi terbukti sangat bermanfaat untuk kesehatan manusai. Salah satu contohnya adalah penggunaan jahe untuk meredakan batuk dengan cara melegakan saluran pernapasan serta mengurangi sakit maag sehingga mengurangi pula batuk disertai darah.

  • Mengkonsumsi air jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh karena mengandung banyak vitamin C dan E. Selain itu jeruk nipis juga sangat ampuh dalam menghilangkan batuk berdahak atau batuk kering. Akan tetapi jangan terlalu rutin dalam mengkonsumsi buah jeruk nipis ini, dikarenakan ketika mengkonsumsi terlalu berlebihan akan membawa dapak negatif yaitu berupa keasaman di lambung yang semakin tinggi. Hal ini akan memperburuk kondisi tubuh sehingga intensitas mengeluarkan darah semakin besar diiringi semakin besar pula keasaman di lambung.

  • Mengkonsumsi kunyit

Apabila kondisi batuk berdarah semakin parah maka cara mengobati dengan proses penangangan yang benar dan tepat. Salah satu cara mengobati batuk berdarah ini adalah mengkonsumsi kunyit. Dimana kunyit ini dipercaya dapat mengatasi batuk berdarah dengan respon cepat. (baca juga : khasiat bawang putih untuk batuk )

Cara menggunakan kunyit:

  1. siapkan 1 buah kunyi dan kupas
  2. tumbuk kunyit hingga lembut
  3. Masukan kunyit tadi ke dalam gelas dan seduh dengan air hangat
  4. Minum segera campuran tersebut
  5. lakukan hingga 2x sehari hingga benar – benar dirasa sembuh
Sponsors Link

  • Mengkonsumsi bunga sepatu

Cara mengatasi batuk berdarah diakibatkan asam lambung yang lainnya adalah dengan cara mengkonsumsi atau menggunakan bunga sepatu. Kondisi bunga sepatu yang belum mekar atau masih dalam kondisi kuncup dapat dijadikan bahan ampuh dalam mengobati penyakit batuk berdarah.

Cara menggunakannya:

  1. Siapkan bunga sepatu yang masih kuncup
  2. Rebus bunga sepatu tersebut hingga mendidih
  3. Saring rebusan bunga sepatu tersebut ke dalam gelas
  4. Tambahkan beberapa sendok madu ke dalam gelas tersebut
  5. Minum segera selagi masih hangat
  6. Lakukan dan ulangi kegiatan tersebut 3 kali dalam sehari hingga sembuh
Sponsors Link

  • Mengkonsumsi daun pagangan

Salah satu produk herbal yang bermanfaat adalah daun pegagan. Daun ini dipercaya sangat berkhasiat dalam mengobati batuk berdarah akibat asam lambung yang naik atau sedang terserang sakit maag. Selain mengobati sakit maag, daun pegagan juga sangat ampuh mengobati penyakit bronkitis atau infeksi pada tenggorokan.Cara menggunakannya:

Cara menggunakannya:

  1. Siapkan daun pegagangan minimal 3 helai dan cuci sampai bersih
  2. Masukan daun pegagan ke dalam panci dan air secukupnya lalu rebus
  3. Tunggu hingga air mendidih dan ambil satu gelas ke air rebusan itu
  4. Diamkan hingga kondisi air menjadi hangat
  5. Minum air rebusan daun pegagan tersebut
  6. Lakukan hal serupa minimal 2 kali sehari hingga kondisi batuk berdarah menghilang

Demikian penjelasan dari pertanyaan Benarkah Batuk Berdarah Karena Asam Lambung? Bagaimana Penanganannya? . Hal ini terbukti bahwa saat kondisi asam lambung meningkat maka berpotensi besar akan mengalami batuk berdarah. Untuk penanganannya, Anda dapat mencoba satu atau beberapa cara diatas yang terbukti manjur mengatasi masalah batuk berdarah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (baca juga: batuk berdarah karena radang tenggorokan )

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan