Sponsors Link

15 Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami

Sponsors Link

Cara Mengobati Batuk BerdahakCara mengatasi batuk berdahak secara alami. Batuk merupakan penyakit yang bisa disebabkan oleh virus dan penyakit lain yang dapat menyebabkan radang pada tenggorokan. Pada umumnya batuk di bagi menjadi dua jenis yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Meskipun demikian, ada beberapa batuk yang di muncul akibat dari timbulnya suatu penyakit. Perbedaan yang mendasari antara batuk kering dan batuk berdahak adalah ada tidaknya lendir yang muncul ketika batuk terjadi. Pada orang yang mengalami batuk berdahak maka ia akan mengeluarkan lendir saat dia batuk, sedangkan orang yang mengalami batuk kering ia tidak mengeluarkan lendir.

ads

Beberapa batuk berdahak muncul sebagai gejala atau penyebab dari penyakit kronis. Beberapa penyakit yang memiliki gejala batuk berdahak antara lain ialah bronchitis, TBC, dan penyakit jantung. Apabila anda mengalami batuk berdahak dalam waktu yang lama segeralah untuk mengunjungi dokter, karena bisa jadi itu adalah gejala dari penyakit kronis yang siap menggerogoti tubuh anda.

Penyebab Batuk Berdahak

Cara mengobati batuk berdahak, berdasarkan penyakit batuk berdahak bisa terjadi di sebabkan oleh banyak hal. dengan mengetahui penyebab terjadinya batuk berdahak, kemungkinan besar dapat membantu anda untuk mengobati batuk yang anda derita. Berikut beberapa kemungkinan yang mungkin menjadi penyebab dari batuk berdahak yang anda derita:

1. Peradangan atau inflamasi pernafasan

Inflamasi atau peradangan ini dapat menjadi pemicu timbulnya batuk, baik batuk kering maupun batuk berdahak. Peradangan ini bisa terjadi pada tenggorokan maupun pada paru – paru. (baca juga: Penyebab Batuk Berdahak)

2. Asap rokok, asap kendaraan dan polusi udara

Asap rokok, asap kendaraan dan polusi udara yang ada di sekitar tempat tinggal anda bisa sangat berdampak buruk bagi tubuh anda sendiri. Salah atu yang dapat di timbulkan apabila asap dan polusi udara ini masuk ke dalam tubuh anda adalah batuk berdahak. Sangat di sarankan untuk anda berada jauh dari orang yang sedang merokok serta gunakan masker setiap kali anda keluar dari rumah.

3. Infeksi pada saluran pernafasan

Infeksi pada saluran pernafasan biasanya di sebabkan oleh virus atau bakteri. infeksi yang dapat menyebabkan batuk berdahak ini bisa terjadi pada infeksi tenggorokan maupun infeksi pada paru – paru.

4. Flu yang berlebihan

Pada banyak kasus, orang yang mengalami flu memiliki kemungkinan besar untuk terkena batuk berdahak, begitu pula sebaliknya. (baca juga: Penyebab Pilek Berkepanjangan Pada Anak)

5. Meningkatnya asam lambung

Batuk berdahak bisa muncul sebagai akibat dari meningkatnya asam lambung menuju ke kerongkongan yang merangsang timbulnya batuk berdahak. Bila asam lambung tidak segera di atasi, kemungkinan besar akan menyebabkan timbulnya batuk berdahak yang membandel. Asam lambung ini tidak hanya menyebabkan bauk berdahak tetapi juga menimbulkan rasa perih pada bagian lambung.

6. Alergi

Batuk dan flu dapat terjadi secara bersamaan sebagai suatu akibat dari alergi. Terutama apabila penderita memiliki alergi pada dingin. Hal ini sering terjadi pada malam atau pagi hari. Untuk mengantisipasi batuk yang di sebabkan oleh alergi ini, anda dapat melakukan tes alergi untuk tahap awal. Tes ini bisa di lakukan secara mandiri atau dengan bantuan dari dokter.

7. Pneumonia

Pneumonia adalah radang yang terjadi pada satu atau dua paru – paru yang umumnya menyerang orabg dewasa dan khususnya menyerang bayi. Penderita penyakit ini memiliki paru – paru yang terisi oleh banyak cairan, sehingga akan menimbulkan sesak nafas dan batuk berdahak. (baca juga: Obat Batuk Berdahak Tradisional)

8. Virus

Virus merupakan penyebab utama terjadinya batuk berdahak. Biasanya batuk berdahak yang di sebabkan oleh virus akan di sertai dengan flu. Hal ini di sebabkan karena tanpa sadar lendir yang di sebabkan oleh flu terserap dan masuk ke dalam tenggorookan yang akhirnya menyebabkan munculnya batuk berdahak.

9. Asma

Gejala yang di timbulkan dari penyakit asma pada dasanya sama dengan alergi. Yang membedakannya adalah gangguan saluran nafas dan penyempitan saluran nafas di sebabkan oleh asma. Umumnya penderita penyakit asma akan mengalami susah tidur. Hal ini di sebabkan karena dada penderita asma akan terasa berat dan tenggorokannya juga akan terasa lengket.

10. Batuk rajen

Sponsors Link

Batuk rajen ini biasanya menyerang anak – anak dan balita terutama bagi mereka yang tidak menerima vaksin, vaksin untuk batuk rajen ini adalah DPT. Dengan memberikan imunisasi DPT akan menghindarkan anak anda dari batuk rajen ini.

11. TBC

TBC merupakan penyakit radang paru – paru yang sangat menular sehingga bagi penderita TBC harus mendapatkan perawatan secara intensif pada ruang khusus penderita TBC. (baca juga: Jenis-jenis Batuk)

12. ISPA

Infeksi saluran pernafasan akut atau sering di sebut dengan ISPA dapat membuat orang terserang batuk berdahak. Penyakit ISPA ini tidak sangat membahayakan bagi tubuh anda. Infeksi ini di sebut sebagai infeksi akut di karenakan infeksi ini tidak hanya menyerang 1 organ tubuh saja. Beberapa organ yang dapat terinfeksi antara lain sinus, tenggorokan, saluran pernafasan dan saluran paru – paru.

13. Penyakit jantung

Apabila jantung tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh secara normal terutama pada paru – paru, maka lendir yang menumpuk pada paru – paru sebagai akibat dari kerja jantung yang tidak normal akan menyebabkan penderita penyakit jantung akan mengalami batuk berdahak.

14. Kanker paru – paru

Kanker paru – paru dapat memicu terjadinya batuk berdahak yang sangat parah. Munculnya sel kanker di dalam paru – paru akan menghambat kerja dan fungsi paru – paru sehingga akan merusak fungsi paru – paru dan menimbulkan batuk berdahak. Ciri – ciri yang mungkin timbul dari kanker paru – paru ini adalah batuk berdahak yang tidak kunjung sembuh dan batuk berdahak. Pola hidup yang sehat dapat membantu anda untuk menghindari penyakit kanker paru – paru ini.

15. Infeksi paru- paru

Infeksi paru – paru bisa di sebabkan oleh virus dan bakteri yang menyebabkan paru – paru terisi penuh dengvn lendir.lendir itulah yang kemudian di keluarkan dalam bentuk batuk berdahak. Infrksi paru – paru yang dapat menyebabkan batuk berdahak adalah penyakit bronkitis.

Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak

Cara mengobati batuk berdahak secara alami, selain obat dari dokter, tidak ada salahnya mengobati batuk dengan car yng alami. Ada banyak cara yang bisa di lakukan bagi penderita batuk berdahak untuk mengobati secara alami. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Teh jahe

ads

Jahe dengan kandungan antihistamin dan kemampuan decongestant dapat membantu meredahan gejala demam dan flu. Cara membuat teh jahe ini sangat mudah. Yaitu dengan cara memasukkan irisan jahe ke dalam teh yang telah di seduh. Minuman ini di percaya oleh banyak masyarakat dapat mengatasi batuk berdahak. Bukan hanya di Indonesia saja, tetapi negara negara di Asia juga mempercayai hal tersebut.

2. Belimbing wuluh

Di beberapa daerah pedesaan, belimbing wuluh ini biasa di jadikan sebagai salah satu bumbu masakan tradisional. Namun demikian, ternyata belimbing wuluh ini dapat di jadikan sebagai obat untuk mengatasi batuk berdahak.Untuk mengobati batuk berdahak, yang digunakan ialah bunga dari buahyang rasanya asam ini. Cara membua ramua denga belimbing wuluh ini juga terbilang mudah. Yaitu dengan mencampurkan 1 genggam bunga dari belimbing wuluh dengan beberapa butir adas, kemudian tambahkan gula dan secangkir air. Setelah itu tiriskan, apabila ramuan telah dingin saringlah dan ramuan tersebut siap untuk di minum.

3. Jeruk nipis

Banyak orang tidak menyukai rasa jeruk nipis karena rasa yang asam. Akan tetapi, jeruk nipis ini sangat membantu dalam mengobati batuk berdahak. Cara mengaplikasikan jeruk nipis sebagai obat batuk berdahak dengan cara mencampurkan air perasan dari jeruk nipis dengan madu dan air matang. Dengan ukuran 1 sendok makan air jeruk nipis di tambah dengan 3 sendok makan madu murni lalu di campurkan dengan 5 sendok makan air matang. Untuk ramuan ini anda hanya cukup meminum 1 sendok teh sebananyak 2 kali sehari saja. Cara lain yang jauh lebih mudah ialah dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan kecap lalu di minum 2 kali sehari dengan takaran 1 sendok teh.

4. Kunyit

Selain sebagai bumbu masak juga sangat efektif di gunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati beragam penyakit. Salah satu penyakit yang dapat diobati denga menggunakan kunyit adalah batuk berdahak. Cara membuat ramuan dari kunyit ini adalah dengan menambahkan ½ sendok teh kunyit yang telah di tumbuk dan madu kemudian di masukkan ke dalam 1 gelas susu.

5. Madu dan lada putih

Sensasi panas yang di timbulkan dari lada putih dapat merangsang dahak menjadi cair sehingga mudah untuk di keluarkan. Selainitu rasa panas dari selada juga dapat mengurangi batuk karena lendir. Cara membuat obat batuk dari lada ini hanya dengan mencampurkan lada putih dengan teh madu.

6. Kemangi

Khasnya aroma daun kemangi ternyata tidak hanya nikmat untuk lalapan saja, tetapi daun kemangi ini bisa di jadikan sebagai obat tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati batuk berdahak. Anda hanya perlu menyediakan 1 sampai 2 gelas air putih dan 2 sampai 3 lembar daun kemangi. Kedua bahan tersebut lalu direbus hingga mendidih. Diamkan sesaat hingga air rebusan menjadi hangat lalu segeralah meminumnya. Ramuan tradisional ini mampu membantu menghilangkan batuk berdahak yang anda derita.

7. Daun sirih

Untuk membuat ramuan dengan bahan dasar daun sirih ini anda hanya perlu menyiapkan 5 lembar daun sirih, cengkeh, kemukus, kapulaga dan kayu manis. Langkah untuk membuat ramuannya yaitu dengan merebus semua bahan yang telah di sebutkan dengan air sebanyak 2 gelas. Tunggulah hingga air yang tersisa dalam rebusan tadi kurang lebih 1,5 gelas, lalu angkat ramuan tadi dan saring. Ramuan ini dapat diminum dengan takaran 1 sendik makan sebanyak tiga kali dalam satu hari.

8. Bunga mawar

Tidak hanya keindahan dan aroma harum saja yang di miliki oleh bunga yang menjadi idola banyak orang ini. Ternyata bunga yang indah ini juga mampu menyembuhkan batuk yang anda derita. Cara yang dapat anda lakukan untuk membuat ramuan dari mawar ini yaitu dengan mengambil kira-kira 10 gr bunga mawar yang masih segar , tim dengan menggunakan air secukupnya lalu tambahkan gula batu sesuai dengan selera anda. Minumlah ramuan ini sebanyak 2 kali dalam satu hari.

9. Perbanyak minum air putih hangat

Air hangat terbukti mampu membantu melancarkan dahak keluar dari tenggorokan sehingga batuk yang anda alami akan cepat terobati secara alami. (baca juga: Cara Mengobati Pilek)

10. Kacang almond

Belum banyak yang tau bahwa ternyata kacang almond memiliki khasiat untuk mengobati batuk. Berikut cara yang bisa anda laukan untuk menjadikan kacang almond ini menjadi obat batuk:

  • Siapkan sekitar 8 butir kacang almond, kemudian rendam kacang tersebut selama 12 jam
  • Haluskan kacang almond tersebut dengan cara di tumbuk hingga menjadi seperti pasta yang lembut, lalu tambahkan satu sendok teh mentega
  • Konsumsi pasta tersebut sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari, lakukan hingga batuk yang anda derita sembuh

11. Buah anggur

Anggur merupakan buah yang mampu menyembuhkan batuk berdahak. Hal ini terjadi karena buah anggur memiliki sifat ekspektoran yang mampu mengeluarkan lendir pada saluran pernafasan. Untuk buah anggur ini, anda tidak perlu menambahkannya dengan bahan lain, anda cuup mengkonsumsinya secra langsung atau anda juga bisa menjadikannya jus sebagai variasi agar anda tidak merasa jenuh.

12. Jus wortel

Antioksidan yang terkandung dalan wortel mampu menjaga tubuh dari radikal bebas. Selain itu wortel juga mengandung banyak vitamin yang tentunya sangat penting untuk tubuh. Kandungan dalam wortel di antaranya magnesium, kalium, mangan, besi, fosfor dam kalsium. Tanaman sirih yang memiliki nama latin piper betle 1 ini memiliki banyak sekali kandungan yang dapat menjadkannya sebagai tanaman obat, antara lain kadanen, kavikol, sineol, eugeriol, kariofolen, karvakrol, tervinen, dan kueterpan. Tidak hanya baik untuk mata saja tetapi wortel juga dapat di gunakan untuk mengobati batuk. Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk membuat obat batuk dari wortel ini.

  • Siapkan 4 buah wortel, bersihkan dengan air bersih. Lalu siapkan beberapa sendok teh madu asli, guna dari madu adalah memberikan rasa manis pada wortel
  • Haluskan kedua bahan tadi dengn blender
  • Minumlah jus wortel ini 3 sampai 4 kali setiap hari sampai batuk yang anda derita mereda.

13. Daun mint yang di jadikan teh

Daun mint yang di jadikan bahan baku pembuatan teh dapat di jadikan solusi untuk menyembuhkan batuk. Hal ini terjadi karena daun mint memiliki fungsi untuk mengurangi inflamasi dan dapat merilekskvn otot trakea dan ilea. Petiklah beberapa lembar daun mint lalu seduh dengan air mendidih. Diamkan beberapa saat lalu saringlah. Apabila anda ingin memberi rasa pada teh daun mint tersebut, anda dapat menambahkan madu dan lemon.

14. Lemon

Pada dasarnya lemond dan jeruk nipis berbeda, akan tetapi keduanya dapat di jadikan obat untuk meredakan dan mengobati batuk. Cara untuk mengkonsumsi lemon ini terbilang cukup unik dan terkesan memaksakan. Yaitu dengan membelah lemon menjadi 2 bagian, lalu taburi garam dan merica bubuk pada dagingnya. Kemudian hisap lemon hingga cairan yang berada pada kedua irisan lemon berkurang. Sebenarnya ada cara lain yang dapat anda pilih untuk mengkonsumsi nuah yang memiliki rasa asam ini, yaitu dengan membuat jus lemon hangat dengan pemanis madu.

15. Susu kambing etawa

Sponsors Link

Susu kambing etawa ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Bukan hanya untuk meningkatkan kekebalan tubuh saja, melainkan juga dapat membantu proses penyembuhan pada pasien penderita saluran pernafasan. Mulai dari batuk hingga TBC dan bebrapa penyakit pernapasan lainnya. Cara menkonsumsi cukup dengan di minum langsung atau di tim untuk menghangatkan susu kambing. Untuk memberikan rasa pada susu kambing ini bisa dengan menambahkan madu.

Cara mengatasi batuk berdahak, terdapat beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi batuk berdahak antara lain:

1. Mencari tahu penyebabnya

Salah satu cara yang harus di lakukan pertama kali ketika anda mengalami batuk berdahak adalah mencari tahu penyebab dari batuk berdahak yang anda alami. Hal ini akan sangat membantu anda dalam proses pengobatan yang sesuai dengan penyebab batuk berdahak yang anda derita.penanganan yang sesuai akan membantu anda untuk pulih lebih cepat.

2. Hindari asap rokok dan polusi udara

Cara yang sangat tepat untuk mengatasi batuk berdahak adalah dengan meminimalisir asap rokok dan polusi udara yang masuk ke dalam tubuh anda. Hal ini bisa di lakukan dengan carv menjauh dari orang yang sedang merokok dan menggunakan masker di setiap anda keluar dari rumah. Di dalam asap rokok dan polusi udara mengandung zat kimia berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi pada paru – paru.

3. Hindari makanan yang di goreng

Jika anda memakan makanan yang di goreng saat anda mengalami batuk berdahak, maka batuk yang anda derita akan semakin parah. Memakan makanan yang di goreng akan membuat dada anda terasa semakin sakit ketika anda batuk. Hal ini akan berakibat pada lamanya proses penyenbuhan.

Tips meredakan batuk berdahak, pada saat batuk baru dimulai dengan gejala dan ciri-ciri yang masih belum parah sebagai berikut:

1. Konsumsi air hangat

Batuk berdahak biasanya menimbulkan rasa tidak nyaman. Hal ini di sebabkan karena adanya rasa gatal yang timbul akibat batuk yang anda alami. Air putih hangat atau air teh dapat membantu mengurangi rasa gatal pada tenggorokan pada saat anda mengalami batuk berdahak. Apabila anda memilih teh hangat sebagai alternatiff untuk mengobati batuk, usahakan teh hangat yang anda minum tidak mengandung gula. Sebagai penggantinya, anda bisa menggunakan madu sebagai perasa. Mengkonsumsi air hangat dapat membantu mengencerkan lendir yang sangat mengganggu.

2. Konsumsi madu sebelum tidur

Terdapat sebuah riset yang mengatakan bahwa mengkonsumsi madu sebanyak 2 sendok teh setiap malam sebelum tidur dapat membantu menyembuhkan batuk.

3. Kumur dengan air garam

Masyarakat meyakini bahwa garam mampu menyerap cairan yang terdapat pada tenggorokan yang menyebabkan tenggorokan bengkak. Apabila air garam ini digunakan berkumur dalam kondisi hangat maka akan mampu mengurangi rasa gatal di tenggorokan.

4. Hirup uap air dan memijat dada

Cara ini bisa di katakan sebagai cara yang paling sederhana karena tidak memerlukan banyak bahan untuk meredakan batuk. Untuk meredakan batuk berdahak dengan cara ini anda hanya perlu membuat uap air dengan cara merebus air hingga mendidih lalu mematika apinya. Langkah selanjutnya posisikan wajah anda beberapa cm di atas panci lalu hirup uap yang keluar selama beberapa menit. Ini dapat mengencerkan lendir yang menyumbat hidung anda.

5. Berilah sugesti pada otak kanan anda

Sugesti ini bertujuan untuk memberikan support secara mental agar batuk berdahak yang anda alami bisa lekas sembuh. Caranya sangat mudah, yaitu dengan cara memberikan sugesti pada otak kanan anda bahwahari ini anda akan sembuh setiap kali anda mengobati batuk anda. Lakukan hal ini secara berulang ulang hingga anda benar – benar yakin bahwa hari ini anda akan sembuh.

Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami. Itulah beberapa penyebab, cara mengobati dan cara mengatasi batuk berdahak yang dapat anda praktekkan sebagai alternatif pengobatan. Tentunya kesembuhan atas segala jenis penyakit tidak lepas dari ketentuan Tuhan. Oleh karenanya mintalah kesembuhan dari-Nya. Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan