Sponsors Link

Batuk Pilek Karena Alergi: Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Siapa yang tidak pernah mengalamai batuk dan pilek? Setiap orang pasti mengalami kondisi seperti itu. Batuk dan pilek sering terjadi oleh siapapun tanpa terkecuali. Ada beragam penyebab batuk, salah satunya adalah makanan penyebab batuk berdahak. Batuk ini disebabkan oleh dua faktor yaitu akibat virus dan alergi. Batuk alergi merupakan batuk yang disebabkan oleh alergi tertentu oleh alegen tertentu. Alergi adalah kondisi tubuh yang sensitif terhadap suatu zat.

ads

Alergen adalah zat atau benda yang dapat menyebakan timbulnya alergi. Contoh alergi: apabila terkena debu sehingga dapat menimbulkan bersin – bersin dan pilek maka untuk alergennya adalah debu. Kondisi batuk alergen ini memiliki gejala, penyebab dan pengobatan yang berbeda dari pada pengobatan batuk akibat virus. Artikel ini akan membahas tentang batuk pilek karena alergi gejala, penyebab dan pengobatan.

Batuk pilek yang dikarenakan alergi memang setiap orang berbeda – beda. Hal ini dikarena setiap orang memiliki stuktur DNA yang berbeda – beda sehingga mengakibatkan kondisi tubuh yang berbeda pula. Setiap orang memiliki alergi yang berbeda satu dengan lainnya sehingga mengakibatkan gejala, penyebab dan pengobatan yang berbeda. Namun secara umum memiliki tampilan yang sama apabila dalam kondisi alergen yang sama. Baca juga mengenai ciri-ciri batuk kering.

Gejala Batuk Pilek Karena Alergi

Secara umum memang terdapat perbedaan gejala batuk pilek akibat virus dengan batuk pilek karena alergi. Mayoritas orang yang mengalami batuk pilek karena alergi mengalami tanda-tanda atau gejala seperti dibawah ini. Anda juga wajib memahami  ciri – ciri batuk menahun yang wajib diwaspadai.

  • Kondisi ini berlangsung berminggu – minggu bahkan berbulan – bulan selama alergen ada

Semisal orang yang memiliki alergi debu dimana apabila terkena debu maka dia batuk dan pilek. Kondisi ini akan tetap berlangsung meskipun sudah berbulan – bulan. Kondisi ini dapat sembuh apabila tidak ada debu di sekitarnya ( alergennya hilang). Hal inilah yang harus Anda perhatikan meskipun dibawa ke dokter dan diobati namun akan timbul kembali karena alergen itu masih tetap ada.

  • Kondisi ini terjadi sepanjang tahun terutama musim dingin

Kondisi ini terjadi bagi Anda yang memiliki alergi dingin. Kondisi msuim dingin akam membuat Anda lebih mudah terkena batuk dan pilek. Kondisi ini tidak dapat dihindari bagi Anda yang alergi dingin namun Anda dapat mengurangi tingkat batuk dan pilek dengan cara memakai jaket atau baju tebal serta minum minuman yang hangat agar tubuh terasa hangat dan terhindar dari rasa dingin. Kondisi ini biasanya mengakibatkan terjadinya sinusitis sakit pada telinga akibat kondisi dingin.

  • Kondisi alergi ini terjadi cepat setelah penderita terpapar oleh alergen

Kondisi batuk dan pilek akibat alergi ini memang berlangsung cepat dalam hitungan menit. Kondisi alergi ini akan menimbulkan beberapa efek seperti gejala batuk dan pilek akibat virus yaitu hidung beringus, mata berair dan gatal, serta tenggoroakan gatal.

Penyebab Batuk Pilek Karena Alergi

Setiap penyakit pasti memiliki penyebabnya seperti halnya batuk pilek karena alergi. Batuk pilek ini tentu saja diakibatkan oleh alergi tertentu dari alergen tertentu. Berikut ini beberapa penyebab batuk pilek karena alergin secara umum seperti dibawah ini.  Anda juga perlu memahami beberapa penyebab batuk kronis, dan beberapa penyebab batuk pilek karena alergi:

Sponsors Link

  • Terpapar Alergen Tertentu

Setiap orang memiliki alergen yang berbeda, semisal ada orang yang alergi pada suhu dingin namun ada pula orang yang suka dengan kondisi lingkungan yang dingin. Bagi yang alergi pada suhu dingin akan berdampak batuk dan pilek ketika berada di musim dingin. Hal ini dikarenakan mereka mendapatkan paparan alergen yang dapat menimbulkan alergi pada tubuhnya. Baca juga makanan penyebab batuk berdahak.

  • Daya Tahan Tubuh Menurun

Meskipun Anda tidak memiliki alergen semisal alergi dingin namun apabila kondisi daya tahan tubuh Anda lemah maka dengan mudah Anda juga terkena batuk dan pilek di musim dingin. Daya tahan tubuh memang berperan penting sebagai garda depan pelindungan tubuh terhadap serangan berbagai virus, kuman dan bakteri yang dapat menimbulkan beragam penyakit termasuk batuk dan pilek.

  • Kondisi Lingkungan yang dapat Menimbulkan Alergen Tertentu

Alergen akan muncul ketika terbentuknya kondisi lingkungan yang mendukungnya. Semisal alergi debu, apabila dalam lingkungan kotor maka alergen debu akan terbentuk dan apbila ada penghuni rumah yang memiliki riwayat alergi debu maka penghuni rumah dengan lingkuangan tersebut akan mengalami bersin – bersin, batuk dan pilek.

ads

Pengobatan Batuk Pilek karena Alergi

Secara umum pengobatan batuk pilek sama seperti batuk pilek akibat virus. Namun ada beberapa hal yang menjadi skala prioritas dalam mengobati batuk pilek karena alergi. Berikut ini beberapa cara mengobati batuk pilek karena alergi seperti dibawah ini.

  • Menghindari Alergen yang dapat Menimbulkan Alergi pada Tubuh Anda

Setiap orang memiliki alergen yang berbeda – beda maka Anda sendiri yang harus mengindetifikasi alergen apa yang membuat tumbuh Anda mengalami alergi sehingga menimbulkan batuk dan pilek. Apabila Anda alergi debu maka Anda harus setiap saat membersihkan rumah agar tidak berdebu atau apabila Anda alergi bulu binatang maka sebaiknya jangan memelihara atau mendekati hewan yang berbulu seperti kucing, burung dan sejenisnya.

  • Mengkonsumsi Anthistamin

Dengan mengkonsumsi anthistamin maka mampu menghambat terciptanya histamin yang menyebabkan batuk pilek karena alergi. Selain itu, Anthistamin juga dipercaya mampu mengurangi gejala hidung tersumbat, tenggorokan gatal dan mata berair.

  • Mengkonsumsi Dekongestan

Seperti halnya anthistamin, dekongestan juga mampu mengobati gejala batuk dan pilek karena alergi seperti hidung beringus, mata berair dan hidung tersumbat.

  • Menjalani Imunoterapi

Cara ini sangat ampuh karena imunoterapi ini memberikan suntikan zat alergen tertentu kepada tubuh penderita alergen tersebut supaya tubuh lebih toleran terhadap alergen itu. Oleh sebab itu, apabila tubuh terkena alergen yang dapat menimbulkan alergi maka tubuh mempunyai benteng agar tubuh tidak mudah terkena batuk pilek karena alergi.

Artikel Terkait:

Demikian penjelasan singkat tentang batuk pilek karena alergi : gejala, penyebab dan pengobatan. Bagi Anda yang mempunyai alergi terhadap alergen tertentu sebaiknya Anda perhatikan beberapa gejala, penyebab dan pengobatannya. Anda juga dapat melakukan pengobatan seperti yang telah di jelasakan diatas agar Anda lebih cepat sembuh dan lebih tahan terhadap alergen tersebut.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan