Sponsors Link

6 Cara Mengobati Batuk TBC Secara Tradisional Paling Aman Tanpa Efek Samping

Sponsors Link

Batuk TBC ini merupakan batuk yang disebabkan oleh pnyakit TBC sebagai salah satu jenis penyakit di saluran pernapsasan terutama di paru-paru. Batuk TBC ini biasanya juga disertai keluar darah. Darah ini merupakan peradangan di paru-paru dan naik ke atas ketika terjadi batuk maka darah tersebut keluar bersamaan dengan batuk. Batuk TBC ini disebabkan oleh adanya infeksi bakteri atau kuman.

ads

Infeksi ini dapat menyebar keseluruh bagian tubuh. Oleh sebab itu, batuk TBC harus ditangani dengan cepat, tepat dan benar agar tidak menyebar ke seluruh tubuh dan menimbulkan penyakit baru. Dalam pengobatan batuk TBC ini selain menggunakan obat medis, pengobatan secara non medis atau herbal juga dipercaya mampu meredakan bahkan menyembuhkan batuk TBC. Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara mengobati batuk TBC.

Artikel terkait:

Pengobatan Batuk TBC

Pengobatan secara herbal memang terbukti ampuh serta tidak memiliki efek samping dalam menggunakannya. Meskipun tersebut, pengobatan secara herbal untuk mengobati batuk TBC tidak memiliki porsi atau jumlah yang pasti dan tersandartkan sehingga orang berusaha mespekulasi pengobatannya berdasarkan instingnya.

Hal inilah yang dapat mengakibatkan overdosis dan berpotensi terjadinya dampak dari pengunaan obat herbal yang berlebihan. Keadaan tersebut tidak membuat orang menggunakan tanaman herbal untuk mengobati batuk TBC berkurang. Berikut ini cara mengobati batuk TBC seperti dibawah ini.

  • Daun Waru

Daun waru ini dapat Anda peroleh secara mudah karena banyak terdaapat di pinggir jalan. Daun waru ini dipercaya mampu mengurangi intensitas batuk TBC dan mampu mengurangi darah yang keluar ketika batuk. Cara pengobatan batuk TBC dengan daun waru yaitu cuci bersh beberapa daun waru. Selanjutnya, rebusdaun waru tersebut hingga mendidih dan saring ke dalam suatu wadah. Minum segera air rebusan daun waru tersebut selagi masih hangat.

  • Air Jahe

Jahe merpakan tanaman yang memiliki mafaat yang bermanfaat dalam mengobati suatu penyakit. Rebusan air jahe juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita batuk TBC serta mampu menghangatkan tenggorokan. Apabila penderita mengkonsumsi air jahe ini maka akan melegakan tenggorokan sehingga melancarkan pernapasan. Cara pengobatan ini cukup mudah yaitu cuci beberapa jahe dan masukan ke dalam wadah yang berisi air hangat kemudian segera minum air jahe tersebut.

  • Kencur

Rempah – rempah satu ini juga memiliki khasiat yang sama seperti jahe yaitu mampu mereedakan intentsitas batuk TBC. Manfaat kencur ini dapat menyembuhkan gejala batuk TBC seperti demam, pusing dan pilek. Cara membuatnya dengan rendam kencur yang telah dicuci  bersiah ke dalam wadah yang berisi air hangat. Selanjutnya diamkan dan tunggu beberapa menit kemudian minum air tersebut. Apabila Anda ingin cepat sembuh maka lakukan pengobatan tersebut secara rutin minimal sehari sekali setiap bangun tidur di pagi hari. Baca juga  manfaat kencur untuk batuk berdahak.

  • Bawang Putih
Sponsors Link

Selain bermanfaat untuk menambah kenikmatan masakan, bawang putih ini juga berkhasiat dalam mengobati batuk TBC. Kandungan alicin pada bawang putih mampu menghambat berkembang biakan bakteri penyebab batuk TBC. Kandungan alicin ini juga mampu menghambat radikal bebas, dimana tumbuh kembang bakteri penyebab batuk TBC ini membuatuhkan radikal bebas. Selain itu, senyawa yang terdapat di bawang putih juga mampu menghambat bakteri tersebut dalam membantuk dinding pelindung.

Cara membuat ramuan herbal bawang putih ini yaitu siapkan dan cuci 400 gram bawang putih dan potong tipis- tipis. Selanjutnya masukan ke dalam wadah tertutup lalu tambahkan 100 gram alkhohol ke wadah tersebut. Rendam dan tunggu selam kurang lebih 5 hari. Setelah 5 hari, lalu saring dan minum segera ramuan herbal bawang putih tersebut. Lakukan rutin pengobatan tersebut minimal sekali sehari dengan porsi satu cngkir.

  • Daun Sirsak

Sirsak selain dapat dikonsumsi buahnya, daunnya juga dapat bermanfaat untuk pengobatan sepeti mengobati batuk TBC. Kondisi ini disebabkan daun sirsak sangat baik untuk mengobati penyakit yang berkaitan dengan paru-paru. Kandungan senyawa acetogenis ini mampu menghambat perkembangan virus atau bakteri yang meneyerang paru – paru dan mengurangi pendarahan sehingga darah yang keluar saat batuk tidak banyak.

Sponsors Link

Cara membuat ramuan herbal ini yaitu siapkan 10 hingga 15 lembar daun sirsak dan  cuci bersih. Rebus daun sirsak dengan air sebanyak 2 atau 3 gelas sekitar 800 mL. Rebus hingga air tesisa setengahnya kemudian saring air rebusan tersebut dan minum segera selagi hangat. Lakukan pengobatan tersebut secara rutin sebanyak 2 kali sehari minimal setengah gelas setiap satu kali minum.

  • Buah Nanas

Pengobatan batuk TBC yang terakhir ini adalah rutin mengkonsumsi buah nanas. Buah nanas dipercaya mampu mengurangi pembentukan lendir atau dahak serta mengurangi proses pendarahan. Selain itu, buah ini juga mampu mempercepat pemulihan akibat proses pendarahan.

Hal ini dikarenkan buah nanas terdapat senyawa yang dapat menstimulasi hormon dalam proses penyembuhan. Apabila Anda tidak menyukai mengkonsumsi buah nanas secara langsung maka Anda dapat menjadikan olahan masakan lainnya dari buah nanas seperti jus nanas atau selai nanas. Anda juga harus membaca obat tradisional batuk bronkitis.

Demikian penjelasan tentang cara mengobati batuk TBC. Bagi Anda yang sekarang mengalami batuk TBC maka Anda dapat mencoba melakukan cara mengobati batuk TBC seperti penjelasan diatas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan