Sponsors Link

9 Cara Meredakan Hidung Mampet Tanpa Obat Tercepat

Sponsors Link

Hidung yang mampet akibat menumpuknya cairan atau lendir pada saluran pernafasan dapat sangat mengganggu aktivitas yang akan dilakukan setiap harinya. Hidung yang mampet dapat merupakan sebuah gejala dari penyakit ringan yang saat ini sedang dialami, yang mana penyakit tersebut dapat mempengaruhi kinerja kelenjar lendir agar lebih aktif dalam memperoduksi lendir. Lendir yang disebabkan oleh infeksi dan serangan virus seperti virus influenza dapat menyebabkan lendir menjadi lebih kental dan dapat berakhir menjadi ingus yang kadang memiliki warna. Hidup mampet sebenarnya tidak hanya dapat disebabkan oleh penyakit ringan yang sedang menyerang tubuh seperti penyakit pilek, namun juga dapat disebabkan atau lebih tepatnya dapat menjadi sebuah gejala awal dari serangan penyakit berat yang terjadi pada tubuh. Beberapa jenis penyakit yang memiliki kemungkinan untuk menimbulkan dampak berupa hidung yang tersumbat, yaitu seperti :

ads
  • Penyakit sinusitis, penyakit ini diketahui sebagai salah satu penyakit yang dapat menyebabkan peradangan atau inflamasi pada salah satu bagian dari batang hidung yang mana biasanya disebut sebagai sinus. Sinusitis dapat terjadi akibat terjadinya infeksi bakteri ataupun virus. Perlu diketahui bahwa sinus yang berada di hidung ini merupakan sebuah rongga kecil yang memiliki udara di dalamnya, gangguan pada sinus ini dapat menimbulkan beberapa gejala yaitu batuk, gangguan pada indra penciuman, hidung mampet dan tersumbat, sakit kepala serta dapat menyebabkan bagian wajah menjadi nyeri.
  • Penyakit Polip merupakan gangguan pada saluran pernafasan terutama hidung yang mana terdapatnya jaringan tertentu yang tumbuh namun tidak dapat memicu kanker. Polip dapat menimbulkan beberapa gejala seperti penciuman yang terganggu, nafas menjadi sulit, hidung cenderung menjadi mudah mengeluarkan air atau lendir encer dan dapat membuat hidung menjadi tersumbat.
  • Rhinitis Non alergi, penyakit ini pada dasarnya dibagi menjadi 2 jenis yaitu rhinitis yang disebabkan oleh alergi dan rhinitis non alergi. Gejala hidung yang tersumbat merupakan salah satu gejala dari penyakit rhinitis non alergi yang disebabkan oleh infeksi virus ataupun bakteri. Umumnya beberapa gejala dari penyakit ini memiliki kemiripan dengan gejala penyakit ringan lainnya seperti flu, adapun beberapa dampak yang dapat ditimbulkan dari penyakit rhinitis non alergi ini seperti beberapa bagian batang hidung menjadi tidak nyaman, terjadinya iritasi pada hidung bagian dalam, hidung menjadi berair dan tersumbat, bersin, batuk dan dapat menyebabkan tubuh menjadi nyeri tiba-tiba.
  • Septum deviasi adalah kondisi dimana terjadinya ketidaksejajaran saptum yang dapat diakibatkan oleh cacat bawaan. Septum merupakan dinding tipis yang berfungsi memisahkan dua cuping hidung. Gangguan seperti cedera atau rusak akibat perawatan medis dapat menyebbakan infeksi sinus, hidung mudah mengeluarkan darah dan hidung menjadi tersumbat.
  • Kanker nasofaring merupakan sebuah sel kanker yang berada di daerah belakang langit-langit rongga mulut dan hidung. Untuk sementara ini pemicu dari kanker nasofaring ini dapat berasal dari diet, genetik merupakan dari lingkungan hidup sekitar. Penyakit ini adakalanya dapat membuat balita batuk pilek tidak sembuh-sembuh sehingga hidung menjadi mampet.

Hidung yang tersumbat akibat mengental dan menumpuknya lendir pada saluran pernafasan juga dapat dipicu oleh benda asing, asap rokok, debu maupun alergi yang sedang terjadi pada tubuh. Penumpukan lendir yang berlangsung lama dapat membuat pernafasan menjadi sangat terganggu, untuk mengatasi hidung yang tersumbat dan mampet dapat melakukan beberapa cara dan tindakan agar hidung tersumbat dapat dengan cepat teratasi. Untuk cara meredakan hidung mampet dapat menggunakan beberapa cara pencegahan flu penyebab hidung mampet seperti :

  1. Meminum teh pahit hangat

Teh merupakan salah satu sumber antioksidan yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Tingginya kandungan antioksidan dalam dauh teh menjadikan teh sebagai salah satu herbal alami yang dapat menyembuhkan beberapa gejala penyakit yang sedang di derita. Perlu diketahui bahwa antioksidan dapat membantu tubuh dalam memperlancar peredarah darah dalam tubuh, hal ini akan membantu oksigen lebih mudah menyebar ke seluruh bagian tubuh walaupun sedang mengalami hidung yang tersumbat. Selain teh juga dapat menggunakan bahan alami lainnya yang di dalamnya terkandung antiseptikd an dekongestan yang dapat mempermudah pernafasan saat sedang mengalami hidung mampet.

Sponsors Link

  1. Menghirup uap air

Uap yang berasal dari air panas atau hangat dapat dicoba sebagai salah satu cara meredakan hidung mampet dan dapat membantu hidung menjadi lebih lega saat sedang mengalami penyumbatan yang menyebabkan oksigen menjadi sulit untuk masuk ke paru-paru. Uap air dapat membuat lendir yang menumpuk menjadi lebih encer sehingga tidak lagi mengganggu pernafasan. Cara menggunakan uap untuk mengatasi hidung tersumbat ini cukup mudah yaitu dengan memasak air hingga mendidih, uap dari air tersebut dapat dihirup udaranya  agar lendir menjadi lebih cair.

  1. Menghirup uap air dicampurkan dengan kayu putih

Bahan alami lainnya yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara meredakan hidung mampet yaitu minyak kayu putih. Sebenarnya olahan minyak dari tanaman kayu putih ini sangat sering dimanfaatkan untuk menghagatkan tubuh ataupun mengatasi gatal akibat alergi atau gigitan seranggga, selain itu bagian lainnya dari tanaman kayu putih yaitu daunnya juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami pembuatan rambuan tradisional dalam mengatasi batuk dan sakit tenggorokan. Menghirup uap dari air dan minyak kayu putih yang dipanaskan dapat juga membantu memperingan dampak dari hidung yang mampet.

ads
  1. Meletakan kain hangat di atas hidung

Udara atau suhu disekitar yang terlalu dingin dapat membuat hidung yang mampet samkin parah, biasanya dalam kondisi yang seperti ini hidung akan lebih banyak memproduksi lendir. Cara lainnya yang dapat dilakukan guna mengatasi hidung yang mampet yaitu dengan meletakan kain yang telah dibasahi dengan air hangat lalu letakan di atasi hidung. Efek hangat yang diberikan dengan cara ini dapat membuat lendir menjadi lebih encer sehingga tidak terlalu menyumbat saluran pernafasan.

  1. Mengeluarkan lendir pada saluran pernafasan

Biasanya produksi lendir yang berlebih akan menjadi tempat terbaik bagi virus atau bakteri untuk menetap selama menginfeksi, penumpukan lendir ini dapat menjadi ingus atau pun dahak yang akan mengganggu tenggorokan serta saluran pernafasan. Bagi orang dewasa yang mengalami hal ini tentunya dapat diatasi dengan dikeluarkannya ingus atau dahak dengan mudah tanpa memerlukan bantuan orang lain atau alat, namun berbeda halnya jika bayi atau balita yang mengalami penyumbatan pada saluran pernafasannya. Pada bayi dan balita memerlukan bantuan alat atau orang tua untuk mengeluarkan ingus dari hidung nya supaya saluran pernafasannya menjadi tidak terganggu yang dapat menyebabkan sulit bernafas.

  1. Mencampurkan air hangat dengan madu

Madu diketahui sejak dahulu telah banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari karena dampaknya bagi kesehatan dan kecantikan sudah tidak diragukan lagi. Kandungan aktif dalam madu dapat membantu tubuh untuk meningkatkan metabolisme yang turun akibat serangan virus dan bakteri yang menyebabkan hidung mampet akibat mengentalnya lendir. Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak dengan menggunakan madu ini cukup mudah yaitu dengan mencampurkan madu secukupnya pada segelas hair hangat dan kemudian diminum secara runtin hingga hidung yang mampet dapat teratasi.

  1. Memilih menggunakan bantal yang tinggi saat tidur

Lendir pada saluran pernafasan cenderung lebih mudah menyumbat ketika tubuh dalam keadaan tertidur, hal ini karena saluran pernafasan atau kepada dalam kondisi yang rata. Untuk itu ada baiknya untuk memilih posisi tidur yang baik ketika sedang mengalami gangguan pernafasan ini. Cara terbaik yang dapat dilakukan yaitu dengan memposisiskan kepala lebih tinggi dari pada badan sehingga lendir tidak akan mudah menyumbat saluran pernafasan, hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan 2 bantal untuk tidur.

  1. Oleskan balsem pada hidung

Balsem dapat menjadi salah satu pilihan terbaik ketika hidung yang mampet secara tiba-tiba apalagi jika dialami pada malam hari saat sedang tertidur. Balsem pada umumnya memang memberikan sensasi hangat dan panas pada kulit ketika dioleskan. Untuk itu ada baiknya jika tidak terlalu banyak mengoleskan balsem pada area hidung karena dapat membuat kulit terasa terbakar, cukup menggunakan balsem secukupnya dan oleskan pada hidung. Sensasi hangat yang di dapatkan dari penggunaan balsem ini dapat membuat lendir menjadi lebih encer sehingga tidak menyumbat saluran pernafasan.

Sponsors Link

  1. Konsultasi ke dokter

Seperti yang diketahui bahwa bisa saja tubuh yang mengalami penyumbatan hidung dapat menandakan gejala awal dari penyakit berbahaya lainnya yang menyerang hidung atau bagian saluran pernafasan lainnya. Untuk itu apabila telah dilakukannya beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat namun tidak kunjung sembuh ada baiknya jika segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat agar pengobatan untuk hidung tersumbat dapat dilakukan dengan segera dan tepat tentunya.

Selain itu cara meredakan hidung mampet lainnya dapat berupa mengkonsumsi beberapa jenis sayuran yang bagus untuk flu. Beberapa jenis sayuran ini dapat bekerja sebagai makanan untuk flu penyebab hidung mampet yang bekerja secara cepat dan efektif. Hidung yang mampet memang merupakan gejala dari suatu penyakit yang dapat dengan segera diatasi oleh tubuh sehingga dapat sembuh dengan sendirinya, akan tetapi hal ini akan berbeda jika dialami oleh balita atau bayi karena akan menyebabkan kesulitan bernafas apalagi ketika sedang dalam keadaan tertidur di malam hari. Hidung yang mampet akibat penumpukan lendir dapat dihindari jika tubuh selalu dalam kondisi yang prima sehingga berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit tidak dengan menyerang tubuh.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan