Sponsors Link

Sinus Karena Gigi Berlubang? Bagaimana Solusinya?

Sponsors Link

Sinusitis merupakan suatu istilah medis atau istilah kedokterkan yang ditujukan kepada infeksi yang terjadi pada sinus. Sinus adalah merupakan rongga yang ada di dalam bagian wajah yang mana fungsi dari sinus itu sendiri adalah sebagai pertukaran udara dan juga sebagai sekresi atau yang disebut dengan ingus.

ads

Perlu anda ketahui bahwa seperti yang telah dijelaskan oleh dr. Dendy Hamdali, SPTHT, beliau menjelaskan bahwa misalnya hidung dan juga sinus dilapisi oleh selaput lendir yang terhubung antara yang satu dengan yang lainnya. Infeksi atau peradangan yang terjadi pada sinus secara umum disebabkan karena merupakan step atau tingkatan selanjutnya dari infeksi hidung yang sedang dialami. Baca mengenai bagaimana cara mengobati batuk dengan jeruk nipis.

Dan juga setiap kondisi saluran pernapasan, yang mana di dalam kasus ini adalah kondisi yang menyebabkan terhambatnya ciaran atau lendir di dalam hidung, maka tentunya akan menyebabkan terjadinya infeksi pada hidung tersebut. Ketika seseorang mengalami infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri, atau disebabkan karena hal lainnya, maka kemudian akan menyebabkan orang tersebut akan mengalami pembengkakan pada selaput lendir hidung dan hal ini juga bisa terjadi pada sinus.

Karena hal inilah maka akan menyebabkan tertutupnya hubungan antara sinus dan juga hidung. Perlu anda ketahui juga di dalam tubuh terdapat empat jenis sinus. Yang pertama sinus yang terdapat di dahi, kedua mata, terletak di pipi, dan yang terkahir sinus tersebut bisa anda temukan di bagian belakang dahi. Sementara untuk istilah medisnya, sinus tersebut disebut dengan sinus maksilaris, sinus etmodialis, sinus frontalis, dan juga sinus sfenoidalis. Baca tentang cara mengobati salesma.

Keempat jenis tersebut semuanya bisa mengalami sinusitis, namun memang penyakit sinus yang paling sering terjadai adalah sinus maksilaris. Dan juga untuk penyebab sinus sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, namun paling umum memang disebabkan karena adanya suatu penyumbatan yang terjadi yang dikarenakan produksi lendir maupun dahak yang semakin meningkat sehingga kemudian bisa menyebabkan penyumbatan pada rongga sinus.

Bahayakah sinus karena gigi berlubang?

Jangan pernah anda abaikan ketika gigi anda berlubang, terutama jika gigi berlubang tersebut terjadi pada bagian atas. Hal ini bukan tanpa alasan, karena memang jika anda mengalami gigi berlubang maka anda dianjurkan untuk segera pergi ke dokter karena kemungkinan anda mengalami infeksi dan infeksi tersebut nantinya bisa menyebar sehingga nantinya bisa menyerang bagian tubuh yang lainnya.

Dan salah satu infeksi yang terjadi ketika gigi berlubang, maka juga bisa menyerang kepada sinus. Dan kemudian jika anda tidak segera mengobatinya, anda kemungkinan besar akan mengalami sinus maksilaris. Sinus maksilaris sendiri merupakan suatu peradangan atau inflamasi yang terjadi pada daerah sekitar pipi, hal inilah yang juga dijelaskan oleh dr. Roberto Simanjundjuntak, MS SpBM.

Beliau juga menjelaskan bahwasanya sinusitis yang dialami akan mengakibatkan terjadinya komplikasi kelainan yang ada di dalam rongga hidung atau yang disebut dengan rinogen. Penyebab lainnya adalah juga bisa disebabkan karena adanya suatu komplikasi kelainan gigi atau yang disebut juga dengan dentogen. Anda harus mengetahui tentang obat tradisional batuk pilek dan radang tenggorokan.

Kesimpulannya adalah bahwa gigi berlubang akan menyebabkan kita mengalami penyakit sinus, yakni sinus maksilaris. Oleh karena itu, jika anda mengalami gigi berlubang maka anda harus segera berkonsultasi dan segera mendapatkan perawatan medis untuk nantinya anda dapat terhindari dari hal – hal yang tidak diinginkan.

Sponsors Link

Lantas, bagaimana solusinya? 

Setelah kita membahas mengenai bahaya gigi berlubang karena sinusitis, sekarang kita harus membahas mengenai bagaimana solusi yang harus anda lakukan untuk bisa mengatasi sinusitis yang sedang anda alami tersebut.

  1. Menggunakan Biji Jintan Hitam

Solusi pertama yang bisa anda lakukan untuk membantu mengatasi sinusitis maksilaris adalah dengan menggunakan jintan hitam. Cara yang harus anda lakukan adalah dengan mengambil biji jintan hitam dan kemudian anda mengikatnya dengan kain tipis.  Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menghirup biji jintan hitam tersebut untuk bisa melegakan hidung anda.

2. Minyak Kayu Putih

Solusi kedua yang bisa anda lakukan untuk mengatasi penyakit sinus yang sedang anda alami adalah dengan menggunakan minyak kayu putih. Seperti yang kita ketahui bahwa minyak kayu putih sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi berbagai gangguan yang terjadi, seperti misalnya mengatasi sakit perut, masuk angin, luka bekas gigitan nyamuk, dan lain sebagainya. Anda perlu mengetahui cara menghilangkan suara dengkuran saat batuk.

Sponsors Link

Selain itu, minyak kayu putih juga bisa anda gunakan untuk membantu mengatasi sinusitis. Cara yang bisa anda lakukan bisa mencampurkan atau meneteskan minyak kayu putih tersebut ke dalam air panas, kemudian anda bisa menghirup uap air panas yang sudah dicampur dengan minyak kayu putih tadi. Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan langsung menghirup aroma atau bau dari minyak kayu putih tersebut untuk membantu meringankan sinusitis yang anda alami.

3. Mengompres dengan Air Panas

Cara terakhir yang bisa anda lakukan yang mana cara ini tentunya juga mudah anda lakukan adalah dengan mengompres hidung anda dengan menggunakan air panas. Sebenarnya cara ini bisa dikombinasikan dengan menggunakan minyak kayu putih. Kompres hidung anda dengan menggunakan handuk atau kain tipis. Rasa panas yang tedapat bisa membantu untuk mengencerkan dahak atau lendir yang menumpuk di hidung anda.

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan menghirup uap dari air panas tersebut dengan menambah beberapa tetes dari minyak kayu putih untuk membantu mengencerkan lendir yang terdapat pada hidung anda. Baca juga mengenai penyebab batuk berdahak disertai mengi.

Demikianlah artikel ini disampaikan, semoga bisa bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan