Sponsors Link

16 Cara Mengobati Batuk Dengan Lemon Langkah yang Mudah Untuk Diikuti

Sponsors Link

Kondisi manusia memang terkadang sehat dan juga pernah sakit. Hal ini memang wajar dialami manusia namun yang wajib diperhatikan adalah hindari penyakit kronis dengan mengobati segera ketika penyakit ringan itu muncul. Salah satu penyakit ringan yang setiap orang alami yaitu batuk. Sebagian besar orang menganggap batuk adalah penaykit ringan dan tidak perlu dikhawatirkan namun batuk yang tidak segera diobati atau tidak mendapatkan pengobatan yang tepat dan benar maka akan menjadi gerbang utama dalam masuknya penayait lainnya yang lebih berbahaya.

ads

Oleh sebab itu, ketika Anda mengalami batuk maka segeralah diobati dengan cara yang tepat dan benar. Salah satu pengobatan yang sering digunakan mayoritas orang dan terbukti ampuh yaitu dengan mamanfaaatkan lemon. Pada kesempatan ini di artikel ini akan dijelaskan secara lengkap dan tuntas tentang cara mengobati batuk dengan daun naga. Anda juga mengobati batuk yang anda alami dengan khasiat belimbing wuluh untuk batukkhasiat jeruk nipis untuk flu, dan juga obat tradisional batuk berlendir.

Mungkin sebagian besar dari kalian baru mendengar kata lemon. Lemon ini merupakan buah yang sangat asam, dimana buah ini merupakan yang sering dijumpai di sekitar halaman rumah, dan kebun. Dalam mengobati batuk sebaiknya harus dipahami terlebih dahulu tentang gejala yang dialami penderita saat batuk. Berikut ini gejala batuk, antara lain:

  1. Badan capek dan lemas, salah satu gejala batuk ini berupa capek dan lemas. Kondisi batuk mengakibatkan badan capek dan lemas dikarenakan flu singapura mengakibakan nafsu makan berkurang. Keadaan capek dan lemas juga dipengaruhi oleh sakit tenggorokan sehingga sulit meenelan makanan dan berdampak pada tubuh kekurangan asupan nutrisi. Apabila tubuh kekurangan nutrisi maka tidak ada lagi energi yang tercipta dan berujung pada kondisi tubuh yang capek dan lemas.
  2.  Demam, pada umumnya batuk disertai dengan meningkatknya suhu tubuh penderita. Keadaan demam yang dialami penderita ini sesaat sebelum munculnya batuk. Demam ini akan sembuh ketika batuk sudah mulai muncul.
  3. Radang tenggorokan, kondisi dapat terjadi karena terdapat lendir atau dahak di tenggorokan. Dahak ini akan mengumpal dan menggesek dinding tenggorokan sehingga berakibat terjadi inflamasi atau peradangan di tenggorokan.

Penyebab Batuk

Dalam mengobati suatu penyakit pasti diperlukan pemahaman tentang penyebab penyakit tersebut. Sejalan dengan itu, mengobati batuk dengan lemon juga dipelrukan pengetahuan tentang batuk. Hal ini dikarenkan apabila memahami penyebab batuk maka akan mudah untuk dicegah batuk tersebut. Seperti kata pepatah” lebih baik mencegah dari pada mengobati”. Berikut ini beberapa penyebab batuk, antara lain:

  1. Alergi terhadap kondisi tertentu seperti keadaan lingkungan yang bersuhu dingin atau alergi terhadap serbuk sari yang dikenal sebagai hay fever.
  2. Dampak dari penyakit refluk gastroesofagu yang dapat mengakibatkan naiknya asam lambung ke tenggorokan sehingga terjadi peradangan di tenggorokan.
  3. Penyakit menahun kronis seperti asama, penyakit paru – paru kronis dan bronkitis kronis.

Kandungan Nutrisi Lemon

Setiap tanaman pasti memiliki kandungan senyawa, namun tidak semua senyawa tanaman bermanfaat untuk kesehatan manusia. Lemon terbukti ampuh dalam mengobati beragam penyakit terutama batuk karena memiliki kandungan senyawa nutrisi yang mampu mengobati batuk. Berikut ini beberapa kandungan senyawa nutrisi lemon seperti dibawah ini.

  • Flusirizinat
  • Pentosa
  • Vitamin B1
  • Vitamain C

Artikel terkait:

Cara Mengobati Batuk dengan lemon 

Sponsors Link

Lemon dipercaya mampu mengobati batuk apabila mengikuti prosedur pengobatan batuk. Cara pengobatan batuk degnan lemon dibedakan berdasarkan jenis batuk seperti batuk kering, dan batuk berdahak. Selain itu pengobatan batuk dengan lemon juga dibedakan berdasarkan usia, karena pengobatan batuk anak pasti berbeda dengan orang dewasa.

  • Lemon Mengobati Batuk Anak

Dalam pengobatan batuk anak harus diperhatikan beberapa hal terkait keselamatan anak tersebut. Meskipun lemon merupakan tanaman herbal yang tidak memiliki efek samping, namun apabila dikonsumsi dengan jumlah atau porsi yang berlebihan akan bertambah parah batuk anak tersebut bahkan akan muncul penyakit lainnya. Berikut ini cara pengobatan batuk anak dengan lemon, antara lain:

  1. Siapakan dan bersihkan beberapa helai lemon dengan air mengalir
  2. Rebus lemon tersebut hingga airnya mendidih
  3. Setelah mendidih, saring ke dalam wadah
  4. Tambahkan madu dan aduk hingga merata
  5. Segera minum ramuan herbal lemon tersebut selagi masih hangat
ads

Apabila anak Anda ingin secepatnya sembuh maka sebaiknya lakukan pengobatan tersebut secara rutin minimal 2 kali sehari.

  • Lemon Mengobati Batuk Kering

Batuk kering merupakan keadaan batuk dimaana pendertita mengalami batuk tanpa disertai munculnya lendir atau cairan. Meskipun batuk tidak terdapat lendir atau cairan, namun kondisi batuk ini sangat membuat ketidaknyamanan penderita dalam menjalankan aktifitas sehari – hari. Berikut ini cara mengobati batuk kering pada orang dewasa, antara lain:

  1. Siapkan beberapa lemon yang sudah di potong-potonh
  2. Cuci bersih lemon tersebut dengan air mengalir
  3. Rebus lemon tersebut dengan air sebanyak 2 atau 3 gelas atau 1 liter hingga mendidih
  4. Setelah mendidih, saring ke dalam suatu wadah
  5. Tambahkan garam ke wadah tersebut dan aduk hingga merata
  6. Minum ramuan tersebut sealagi masih hangat

Kondisi ini dapat mempercepat penyembuhan batuk kering Anda jika Anda melakukan pengobatan ini secara rutin minimal 2 kali sehari.

  • Lemon Mengobati Batuk Berdahak

Batuk berdahak merupakan keadaan penderita yang mengalami batuk disertai cairan atau lendir. Cairan atau lendir ini secara medis dikenal sebagai dahak. Batuk berdahak ini pada umumnya disebabkan oleh pilek.  Karena rongga hidung sebagai saluran pernapasan maka gumplan cairan tersebut lama kelamaan terdorong oleh oksigen dan turun ke bagian tenggorokan. Disinilah cairan itu dikenal sebagi dahak. Berikut ini cara mengobati batuk berdahak dengan lemon, antara lain:

  1. Siapkan dan cuci bersih beberapa lembar lemon
  2. Rebus lemon tersebut dengan air 2 atau 3 gelas hingga airnya mendidih
  3. Saring ke dalam suatu wadah dan tunggu beberapa menit
  4. Selanjutnya tambahkan gula jawa atau gula pasir dan aduk hingga merata
  5. Minum segera ramuan herbal lemon tersebut dan ulangi pengobatan ini minimal 2 kali sehari

Demikian penjelasan singkat tentang cara mengobati batuk dengan lemon. Apabila keluarga Anda mengalami batuk maka Anda dapat mencoba mengobati batuk dengan lemon. Pengobatan ini juga bisa anda lakukan dengan cara membuat rebusan daun sirih untuk obat batuk dan obat tradisional batuk TBC.

, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan