Sponsors Link

8 Obat Radang Tenggorokan untuk Anak 3 Tahun yang Ampuh

Sponsors Link

Menjelang bulan Ramadhan tahun 2019 ini, kondisi cuaca semakin tidak menentu. Pagi-pagi bisa jadi sangat cerah dan cukup panas, namun pada sore hari, kondisi cuaca bisa menjadi hujan. Kondisi cuaca yang tidak stabil ini tentunya cukup rawan bagi anak-anak, sebab rentan terkena sakit. Salah satu penyakit yang sering dialami anak dalam kondisi seperti ini adalah radang tenggorokan. Penyakit yang muncul karena si kecil mengalami peradangan di area tenggorokanya, ini akan membuat  terganggu aktifitasnya, hingga nafsu makan menurun. Umumnya rekomendasi obat tradisional radang tenggorokan pada bayi 9 bulan yang wajib diketahui.

Saat si kecil mengalami radang tenggorokan, tentu kita harus lebih waspada dari biasanya, dalam menangani dan mengobati penyakit tersebut, agar segera sembuh. Meski kondisi anak sedang sakit dan mengalami peradangan, namun kebutuhan nutrisi yang tepat bagi anak-anak usia 3 tahun harus maksimal. Selain mempercepat kesembuhan, seperti manfaat obh succus liquiritiae untuk system imun anak juga bisa menjadi stabil kembali dan daya tahan tubuhnya tersebut akan jauh lebih kuat disbanding sebelumnya, serta tidak akan mudah mengalami radang tenggorokan kambuh.

Obat Radang Tenggorokan untuk Anak 3 Tahun

Lalu apa yang harus dilakukan saat anak mengalami radang tenggorokan? Anak-anak di usia 3 tahunan ini, umumnya bisa diberikan beberapa jenis obat-obatan resep dokter. Namun, jika masih ada cara lain selain memberikan obat-obatan kimia untuk obati radang tenggorokanya, sebaiknya pilih pengobatan di rumah yang alami dan lebih sehat, untuk atasi sakit tenggorokan sebelum batuk dan radang tenggorokan untuk anak 3 tahun.

Berikut ini beberapa jenis obar radang tenggorokan untuk anak 3 tahun:

  • Garam dan Air

Tahukah Anda, bahwa campuran air dan garam ini secara alami dapat  membantu meredakan tenggorokan. Garam dapur yang biasanya Anda gunakan untuk memasak, memiliki fungsi sebagai antibakteri. Campurkan garam dengan air hangat, lalu biarkan si kecil berkumur dengan air garam ini, hingga 6 kali sehari.

  • Madu dan Lemon

Buah lemon sangat kayak akan vitamin C dan bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak 3 tahun. Sedangkan madu, dapat membantu si kecil untuk makan dengan lebih nyaman, saat mengalami radang tenggorokan. Campurkan 1 sendok makan madu dan 1 sendok air perasan lemon, dalam segelas air hangat. Berikan pada di kecil  sebanyak 1 sendok teh saja sebanyak 3 kali dalam sehari.

  • Berikan Yogurt

Yogurt juga berfungsi sebagai anti bakteri, sehingga proses penyembuhan akan berjalan lebih cepat. Rasa yogurt saat ini juga cukup bervariasi, sehingga bisa dijadikan sebagai obat radang tenggorokan untuk anak 3 tahun. Berikan yogurt pada si kecil, lalu biarkan selama 30 menit dan hindari memberikan makanan dan minuman lain dalam rentang waktu tersebut.

  • Pisang

Buah pisang juga umumnya sangat disukai anak-anak. Pisang juga merupakan salah satu buah yang cocok dikonsumsi anak yang sedang mengalami radang tenggorokan. Buahnya lembut dan mengandung vitamin C, sangat baik untuk memelihara system kekebalan tubuh sang anak yang bolehkah bayi batuk boleh makan pepaya dibandingkan obat kimia.

  • Jahe

Minuman jahe yang Anda buat secara alami, juga bisa diberikan sebagai obat radang tenggorokan untuk anak 3 tahun. Jahe sebagai anti bakteri dan anti peradangan, sangat efektif dalam membantu meredakan nyeri radang tenggorokan. Berikan minuman jahe pada si kecil, jika perlu tambahkan sedikit pemanis atau madu agar rasanya lebih enak.

  • Bawang Bombay dan Bawang Putih

Bawang putih ternyata memiliki sifat sebagai anti peradangan untuk kesehatan. Caranya, Anda cukup hancurkan beberapa butir bawang putih, lalu rebus selama 10 menit.Saring air rebusan tersebut, dan minumkan pada si kecil. Begitu juga dengan bawang Bombay, sebagai antiseptic dan anti bakteri yang juga ampuh untuk atas radang tenggorokan pada anak. Buat jus dari bawang Bombay, dan berikan pada si kecil saat kondisi perutnya kosong. Cara lain, biarkan si kecil berkumur dengan campuran jus bawang Bombay dan air.

  • Akar Manis (Licorice)

Akar manis yang aslinya dari Eropa dan Asia Selatan ini, sudah banyak dikenal sebagai pengobatan tradisional yang dapat membantu memulihkan sakit radang tenggorokan. Cukup campurkan akar manis ini dengan air panas, dan diamkan selama 5 menit.Saring airnya sebelum diminum oleh si kecil, atau bisa juga digunakan dengan berkumur. Selain itu, simak juga mitos dan fakta mengenai obat batuk yang harus diketahui.

  • Cuka Apel

Obat alami cuka apel juga banyak sekali dimanfaatkan untuk kesehatan dalam maupun luar tubuh kita. Cuka apel bersifat sebagai pelawan bakteri, dengan kandungan asam asetatnya. Campurkan 1 sendok makan cuka sari apel lalu tambahkan madu ke dalam air hangat. Minumlah ramuan tersebut secara rutin oleh anak yang mengalami radang tenggorokan.

Saat anak mengalami radang tenggorokan dan mengeluhnya sakitnya pada Anda, maka tidak perlu khawatir. Beberapa obat radang tenggorokan untuk anak 3 tahun yang alami dan bisa dibuat di rumah, lebih baik diberikan untuk proses penyembuhan yang lebih cepat.

, ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan