Sponsors Link

Batuk Saat Puasa: Penyebab dan Tips Penanganannya

Sponsors Link

Batuk adalah aktifitas manusia dalam merespon meringankan gatal pada tenggorokan. Batuk adalah satu penyakit yang mudah datang dan mudah pergi. Oleh sebab itu banyak orang menilai batuk adalah hal yang sepele dan wajar. Apalagi kalau batuk dalam saat berpuasa. Kondisi tubuh yang letih dan lemas dalam berpuasa mengakibatkan tubuh mengalami batuk lebih mudah daripada hari atau waktu biasanya. Kondisi seperti ini harus ditangani lebih lanjut. Artikel ini membahas tentang batuk saat puasa: penyebab dan tips penangannya.

ads

Artikel Terkait:

Kondisi tubuh yang sehat yang diperlukan dalam menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Tidak semua orang menjalankan ibadah puasa dengan kondisi sehat. Salah satu masalah yang sering timbul ketika orang menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan adalah batuk. Batuk ini memang sangat mengganggu dalam menjalankan ibadah puasa.

Penyebab Batuk Saat Puasa

Segala penyakit pasti memiliki penyebab, termasuk batuk saat puasa. Berikut ini penyebab batuk saat puasa, antara lain:

  • Mengkonsumsi Gorengan Saat Buka Puasa

Setiap orang pasti menyukai gorengan. Memang mengkonsumsi gorengan yang mengandung minyak berlebih akan tidak baik untuk kesehatan. Hal ini juga berlaku saat Anda berpuasa. Kondisi puasa seharian menyebabkan tenggorokan terasa kering. Apabila mengkonsumsi gorengan saat buka puasa akan berdampak buruk bagi tenggorokan. Hal ini dikarenakan tenggorokan kering saat puasa dipaksa makan makanan gorengan akan bertambah kering dan berminyak. Kondisi ini pula yang menyebabkan timbulnya batuk.

Selain itu, gorengan yang keras juga akan berdampak pada bertambah parahnya sakit tenggorokan. Kondisi sakit tenggorokan juga akan menyebabkan radang tenggorokan. Gorengan yang mengandung minyak juga akan berdampak pada bertambahnya produksi lendir di tenggorokan, sehingga menyebabkan timbulnya batuk berdahak. Makanan yang digoreng sepert gorengan ini ketika proses penggorengan makanan akan melepaskan akroelin, yaitu senyawa yang mampu mengiritasi tenggorokan dan memperparah peradangan.

  • Mengkonsumsi Makanan yang Berlemak Tinggi

Makanan yang berlemak tinggi sama halnya dengan gorengan. Makanan ini sangat buruk bagi kesehatan tenggorokan. Hal ini karena makanan yang berlemak tinggi biasanya sebelum dikonsumsi di goreng terlebih dahulu. Kondisi seperti ini yang mampu menjadikan makanan tersebut penyebab radang tenggorokan dan batuk.

  • Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan

Pemanis buatan memang sangat berbahaya bagi tubuh. Apalagi dikonsumsi sewaktu bulan ramadhan yang erat kaitannya dengan ibadah puasa. Kondisi puasa yang tidak terdapat asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 11 jam, akan menyebabkan tubuh letih, lemas dan dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun. Kondisi tubuh yang demikian yang membuat tubuh lebih sensitif, sehingga apabila anda berbuka dengan makanan yang mengandung pemanis buatan seperti camilan akan menyebabkan batuk serta radang tenggorokan atau sakit tenggorokan. Baca mengenai penyebab batuk kronis yang sering diabaikan.

Tips Penanganan Batuk Saat Puasa

Setelah memahami penyebab batuk saat puasa diatas, artikel ini memberikan Anda tips penangangan batuk saat puasa. Berikut ini beberapa tips penanganan batuk saat puasa, antara lain:

Sponsors Link

  • Perbanyak Minum Air Putih Saat Berbuka dan Sahur

Menurut penelitian, manusia harus mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari atau setara 2 liter. Kondisi puasa ini memang sangat membutuhkan asupan cairan yang cukup. Baik batuk atau tidak, pemenuhan kebutuhan cairan harus terpenuhi. Cairan ini dapat Anda peroleh ketika berbuka dan saat sahur.

Apalagi saat Anda mengalami batuk saat puasa, semakin banyak Anda mengkonsumsi air putih maka semakin baik untuk menjaga tubuh tidak mengalami dehidrasi saat puasa dan akan meredakan batuk. Sebaiknya Anda mengkonsumsi minum air yang suhunya sedikit hangat. Hal ini dikarenakan cairan dan uap hangat akan membantu meredakan dahak di tenggorokan sehingga memudahkan dahak keluar dari tenggorokan.

  • Hindari mengkonsumsi gorengan, makanan berlemak dan mengandung pemanis buatan

Seperti yang dijelaskan pada penyebab batuk saat puasa, makanan yang mengandung minyak seperti gorengan akan dapat menyebabkan produksi lendir bertambah sehingga menyebabkan batuk berdahak. Selain itu, makanan berlemak dan mengandung pemanis buatan juga dapat menyebabkan batuk. Oleh sebab itu hindari mengkonsumsi makanan berminyak atau gorengan, makanan berlemak dan mengandung pemanis buatan sehingga ibadah puasa Anda akan nyaman dan terhindar dari batuk.

Sponsors Link

  • Mengkonsumsi Minuman Jahe Hangat Plus Madu

Minuman jahe sangat baik untuk kesehatan karena mampu menghangatkan tubuh. Apalagi kalau mengkonsumsi minuman jahe hangat plus madu akan menambah daya tahan tubuh. Madu memang sangat baik untuk kesehatan karena mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu jahe hangat yang masih ada uapnya juga akan membantu meredakan nyeri tenggorokan.

Kandungan antioksidan dalam jahe ini yang mampu meningkatkan sistem imun yang dapat melawan bakteri, virus atau kuman penyebab penyakit termasuk batuk. Dimana jahe dapat membunuh bakteri atau virus penyebab ciri batuk berdahak akan sembuh. Selain itu, madu juga dipercaya mampu mengatasi batuk berdarah karena radang tenggorokan.

  • Gunakan Masker Saat Keluar Rumah

Kondisi batuk akan membuat tubuh lebih sensitif. Kondisi udara yang berdebu dan terhirup akan menyebabkan batuk bertambah parah. Oleh sebab itu, apabila anda batuk saat puasa sebaiknya menggunakan masker saat keluar rumah.

Artikel lainnya :

Demikian penjelasan singkat tentang batuk saat puasa: penyebab dan tips penangannanya. Apabila Anda mengalami batuk saat puasa seperti sekarang ini, sebaiknya Anda perhatikan penyebabnya supaya tidak terulang kembali. Selain itu, Anda juga perhatikan tips penangannya supaya batuk Anda segera sembuh.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan