Sponsors Link

Pusing Karena Sinusitis? Apa Penyebabnya? Bagaimana Penanganannya?

Sponsors Link

Apakah anda pernah mendengar tentang sinusitis? Mungkin istilah ini masih belum terlalu familiar di telinga beberapa orang, namun jika misalnya orang tersebut pernah mengalami masalah yang terjadi pada saluran pernapasan maka tentunya dia akan mengetahui apa itu sinusitits. Baca tentang sering mengeluarkan dahak di pagi hari.

ads

Sinusitis sebenarnya merupakan sebuah penyakit yang paling umum terjadi di Amerika Serikat. Dalam beberapa sumber yang terpercaya diketahui bahwa lebih dari 15 juta pasien yang mengunjungi dokter karena mereka terindikasi mengalami sinusitis, tentunya biaya yang dihabiskan oleh orang – orang tersebut tidak sedikit. Mereka bahkan sampai menghabiskan uang lebih dari 140 juta dollar hanya untuk melakukan pengobatan.

Pengertian sinusitis sendiri merupakan suatu peradangan yang terjadi di daerah sinus. Sinus merupakan sebuah rongga yang anda bisa temukan di beberapa derah yang ada di wajah, seperti misalnya pipi, dahi, maupun juga ada yang berada di belakang rongga hidung. Sinus juga diketahui juga terletak pada daerah di bagian wajah yang ada di antara hidung dan juga mata. Dan keempat rongga sinus inilah yang disebut dengan sinus pranasal. Baca juga tentang cara agar hidung tidak mampet saat tidur.

Perlu anda ketahui bahwa sinus memiliki peran yang sangat penting dalam hal untuk meningkatkan suara kita, sementara untuk fungsi utama dari sinus sendiri adalah untuk bisa menghasilkan mukus yang merupakan sebuah cairan lengket dan juga tebal yang ada di hidung untuk nantinya akan menghentikan kuman, alergen, maupun juga zat lain yang dikhawatirkan nantinya dapat menyebabkan infeksi dan kemudian bisa mengganggu kesehatan anda.

Apa saja penyebab sinusitis?

Untuk mengetahui penyebab sinusitis, biasanya akan disebabkan oleh beberapa faktor yang yang sifat umum. Penyebab umum pertama bisa ditandai oleh kealainan bawaan yang diakibatkan oleh virus maupun juga bakteri sehingga kemudian akan menyebabkan peradangan atau inflamasi pada sinus.

Selanjutnya sinus yang tadinya menghasilkan lendir, maka akan menyebabkan produksi lendir atau cairan yang tebal tadi semakin banyak dan semakin lama semakin menumpuk sehingga karena peradangan yang disebbabkan maka sinus mengalami kesulitan untuk mendorong mukus untuk sampai ke tenggorokan.

Bagaimana dengan pusing karena sinusitis?

Sekarang pertanyaannya bagaimana denganpusing? Apakah bisa batuk termasuk disebabkan karena sinus? Untuk menjawab hal ini, tentunya anda harus mengetahui bahwa batuk sendiri merupakan sebuah kondisi yang mana tubuh disebabkan karena tubuh kita bereaksi terhadap zat atau benda asing yang dikhawatirkan dapat mengganggu tubuh. Anda harus mengetahui tentang tips agar anak tidur nyenyak saat batuk.

Untuk batuk sendiri, biasanya disebabkan juga karena misalnya di dalam saluran pernapasan terhadap lendir. Seperti yang kita ketahui bahwa misalnya saluran pernapsan kita mengalami produksi lendir yang semakin meningkat, maka lendir atau yang juga disebut dengan dahak tersebut akan semakin lama menumpuk di saluran pernapasan.

Dan kemudian karena penumpukan inilah tubuh kita akan bereaksi kepada lendir tersebut sehingga akan berusaha mengeluarkannya melalui mekanisme batuk dan juga pusing. Jika misalnya lendir atau dahak tersebut semakin lama semakin banyak, maka batuk yang akan kita alami pun akan semakin sering dan dahak yang dikeluarkan juga akan semakin banyak.

Ketika seseorang sudah mengalami batuk yang disebabkan oleh sinusitis, maka semakin lama akan menyebabkan orang tersebut mengalami pusing yang disebabkan dari penumpukan lendir yang produksinya semakin lama semakin bertambah tersebut.

Sponsors Link

Bagaimana cara penanganan sinusitis?

Sekarang kita akan membahas mengenai bagaimana cara penanganan sinusitis yang bisa anda terapkan karena memang cara yang akan kami jelaskan relatif mudah.

1. Mengompres hidung

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengobati sinusitis adalah dengan cara mengompres hidung anda, tentunya dengan menggunakan air panas. Air panas yang nantinya anda gunakan tersebut bisa mengencerkan lendir yang terdapat di hidung anda.

Anda bisa menggunakan handuk atau kain tipis kemudian tempelkan ke hidung anda. Jika sudah mulai dingin, maka anda ganti air tersebut dengan air yang panas. Lakukan cara ini setiap pagi dan juga sore atau ketika anda mau tidur untuk bisa mengencerkan lendir anda. Anda harus mengetahui mengenai olahraga yang dapat menyembuhkan batuk.

2. Memakan nanas

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memakan nanas. Nanas memang merupakan salah satu buah yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi sinusitis yang sedang anda derita. Di dalam nanas terdapat suatu zat yang bernama bromelain yang mana zat ini bisa digunakna untuk membantu mengatasi peradangan yang terjadi.

Sponsors Link

Akan tetapi perlu anda ingat bahwa ketika anda sudah mulai mengkonsumsi nanas untuk membantu mengatasi sinusitis, maka anda juga tidak dianjurkan untuk menggunakan obat – obatan. Mengapa hal ini dilarang? Karena nantinya zat bromelain tersebut diketahui dapat mempengaruhi kinerja atau bahkan akan membuat obat yang anda konsumsi tersebut tidak bekerja.

3. Minum banyak air

Cara yang ketiga yang bisa anda lakukan untuk membantu mengurangi sinusitis yang anda alami adalah dengan sering mengkonsumsi air mineral dalam jumlah yang banyak. Dengan meminum air mineral dalam jumlah yang banyak, maka bisa menyebabkan bagian di dalam hidung anda akan tetap terjaga kelembapannya sehingga tidak terlalu kering.

Ketika anda dalam kondisi mengalami sinusitis, anda bisa memperbanyak mengkonsumsi air hangat ataupun air mineral biasa. Namun, jangan pernah mengkonsumsi air dingin karena malah akan menyebabkan penyakit yang anda sedang alami tersebut akan semakin parah.

Dan juga dengan memperbanyak minum air mineral adalah dapat menyebabkan keluarnya racun di dalam tubuh. Dan hal ini juga dianjurkan kepada pasien yang mengalami flu seperti yang telah dijelaskan pada flu harus banyak minum.

Demikianlah artikel ini disampaikan, semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan