Sponsors Link

10 Cara Mengobati Batuk Dengan Belimbing Wuluh yang Wajib Anda Coba

Sponsors Link

Batuk merupakan sebuah kondisi alami yang bisa dialami oleh siapa saja mulai dari anak – anak sampai orang tua sekalipun bisa terkena batuk. Meskipun begitu, jika kondisi batuk yang dialami tidak kunjung sembuh dan berlangsung dalam waktu yang lama maka tentu hal ini tidak bisa anda anggap remeh dan harus segera anda lakukan pengobatan.

ads

Ada dua jenis batuk yang umum dialami, yakni batuk berdahak dan batuk berdahak. Sementara untuk pembagian batuk berdasarkan tingkat keparahannya juga dibagi menjadi dua yakni batuk kronis dan juga batuk akut. Batuk kronis merupakan sebuah kondisi dimana batuk yang dialami berlangsung dalam jangka waktu kurang lebih 8 minggu atau lebih bagi orangg dewasa sementara untuk anak – anak adalah selama kurun waktu 4 minggu.

Batuk akut merupakan sebuah kondisi dimana batuk yang dialami berlangsung dalam jangka waktu yang sangat lama yakni lebih dari 8 minggu. Dalam beberapa kasus ditemukan bahwa batuk yang dialami bisa berlangsung selama satu tahun meskipun dalam intensitas yang tidak terlalu sering. Jika sudah seperti ini maka tentu anda harus melakukan pengobatan secara tepat guna membantu mengatasi batuk yang anda alami.

Cara mengobati Batuk Dengan Belimbing Wuluh

Beberapa orang menyebut belimbing wuluh dengan sebutan belimbin asam. Mengapa? Karena memang rasa dari belimbing wuluh agak masam alias kecut. Ada yang berpendapat bahwa tanaman belimbing wuluh merupakan sebuah tanaman yang berasal dari Benua Amerika, meskipun tidak sedikit yang beranggapan bahwa tanaman tersebut berasal dari Maluku.

Ada beberapa pengobatan yang bisa anda coba, mulai dari pengobatan menggunakan bahan – bahan herbal sampai dengan pengobatan yang menggunakan obat – obatan medis yang tentunya akan menimbulkan efek samping jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Dan salah satu pengobatan yang kami rekomendasikan untuk anda adalah dengan mengkonsumsi belimbing wuluh yang akan kita jelaskan pada penjelasan kali ini tentang cara mengobati batuk dengan belimbing wuluh dimana hal ini juga telah dijelaskan pada khasiat belimbing wuluh untuk batuk.

1. Cara Mengobati Batuk Dengan Belimbing Wuluh Yang Dihaluskan

Belimbing wuluh memang sudah dipercaya bertahun – tahun akan khasiatnya untuk membantu mengobati batuk, baik batuk kering atau batuk tidak berdahak sampai dengan batuk basah atau yang juga disebut dengan batuk berdahak.

Adapun mengenai cara penyajian dari belimbing wuluh untuk batuk tergantung selera anda. Bagi anda yang ingin tahu maka simak baik – baik penjelasan di bawah ini. Sebelum itu, kami sarankan anda membaca informasi yang tidak kalah penting yaitu khasiat air kelapa ijo untuk batuk dan makanan pencegah batuk.

  • Yang pertama adalah anda harus menyiapkan beberapa belimbing wuluh dan anda cuci sampai bersih menggunakan air yang mengalir.
  • Yang kedua anda siapkan air sebanyak kurang lebih 200 cc.
  • Kemudian anda haluskan belimbing wuluh bisa dengan memblendernya.
  • Setelah itu, anda masukkan belimbing wuluh yang sudah anda haluskan tersebut ke dalam gelas.
  • Dan yang terakhir adalah anda hanya tinggal meminumnya secara rutin minimal sebanyak 2 kali dalam sehari.
  • Sekedar informasi bahwa anda bisa menambahkan madu ke dalam belimbing wuluh tersebut untuk membuat rasanya sedikit lebih manis sehingga anda tidak mengalami kendala ketika harus meminumnya.

2. Cara Mengobati Batuk Dengan Mengkonsumsi Belimbing Wuluh Secara Langsung

Sponsors Link

Selain menyajikan dengan jus, anda juga bisa langsung mengkonsumsi belimbing wuluh untuk membantu mengobati batuk yang anda alami.

Berikut ini beberapa cara dan hal – hal yang harus anda perhatikan jika ingin langsung mengkonsumsi belimbing wuluh sebagai pengobatan batuk anda:

  • Anda harus menyiapkan belimbing wuluh yang masih segar dimana anda bisa melihat warnanya yang terlihat lebih cerah.
  • Setelah itu, anda cuci belimbing wuluh tersebut agar supaya terbebas dari kotoran atau bakteri yang menempel pada belimbing wuluh yang hanya akan memperparah kondisi anda juga sampai anda tidak membersihkannya.
  • Disarankan untuk membersihkan belimbing wuluh tersebut dengan menggunakan air yang mengalir dan jangan pernah mencucinya dengan cara mencelupkan ke air yang sama beberapa kali.
  • Selanjutnya anda hanya perlu mengkonsusmi belimbing wuluh tersebut secara langsung.
Sponsors Link

Meskipun sebenarnya belimbing wuluh tergolong ke dalam buah dan bisa anda konsumsi secara langsung, namaun kebanyakan ibu – ibu malah menggunakan belimbing wuluh sebagai tambahan bumbu masakan dimana belimbing wuluh atau belimbing masam ini lebih digunakan sebagai penyedap rasa. Hal ini yang membuat belimbing wuluh juga mendapat sebutan sebagai belimbing sayur.

Perlu anda tahu bahwa belimbing wuluh mengandung banyak zat yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita dan juga sangat bermanfaat digunakan sebagai obat batuk alami tanpa harus menimbulkan efek samping kepada penggunanya. Berbeda dengan ketika anda menggunakan obat dari dokter yang mengandung bahan kimia dimana hal tersebut akan memberikan efek samping kepada anda.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang bagaimana cara mengobati batuk dengan belimbing wuluh atau yang juga disebut dengan belimbing sayur. Anda harus ingat bahwa setiap pengobatan yang dilakukan haruslah secara rutin dan disarankan mengkonsmsi belimbing wuluh di waktu yang sama guna semakin meningkatkan tingkat keefektifan dari belimbing wuluh tersebut.

Kami menyarankan anda membaca beberapa informasi lainnya seperti cara mengatasi pilek saat bangun tidur dan cara mengatasi batuk saat puasa.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan