Sponsors Link

5 Obat Tenggorokan Gatal untuk Ibu Menyusui yang Aman dan Murah

Sponsors Link

Tenggorokan gatal umumnya bisa dialami oleh siapa saja, termasuk ibu menyusui. Tenggorokan gatal umumnya membuat seseorang mengalami batuk-batuk, sebagai reaksi dari keluhan tersebut. Obat batuk untuk bantu atasi tenggorokan gatal terus menerus, memang bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasinya, namun, jika Anda merupakan seorang ibu menyusui, tentu tidak boleh meminum sembarang obat batuk jika belum mengenali penyebabnya.

ads

Penyebab Tenggorokan Gatal

Setiap keluhan di area tenggorokan dialami seseorang, tentu ada beberapa penyebab utama yang menjadikanya seperti itu. Dengan mengetahui penyebab dari tenggorokan gatal pada ibu menyusui, Anda juga bisa lebih mudah menentukan cara mengobati tenggorokan gatal dengan obat tenggorokan gatal untuk ibu menyusui yang tepat. Apa saja penyebab tenggorokan gatal, umumnya seperti berikut:

  • Sakit Tenggorokan

Rasa sakit di area tenggorokan dapat disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus, yang biasanya timbul karena ada peradangan. Bakteri streptococcus, menjadi salah satu penyebabnya. Umumnya, sakit tenggorokan diawali dengan gejala tenggorokan yang menjadi gatal. Obat antibiotic resep dokter biasanya akan diberikan, namun obat anti radang juga biasanya diberikan sebagai resep.

  • Post Nasal Drip

PND atau post nasa drip merupakan kondisi dimana lendir menjadi berlebih diproduksi, sehingga saat menelan, kita akan merasakan sensasi lendir ini tertelan di belakang tenggorokan. Umumnya, penyebab ini muncul karena penyakit rhinitis (pilek) yang sudah berlangsung lama. Munculnya lendir di belakang tenggorokan ini, menjadikan tenggorokan gatal untuk ibu menyusui.

  • Infeksi Sinus

Sinusitis juga bisa menjadi penyebab tenggorokan menjadi gatal pada ibu menyusui. Umumnya, Anda akan mengalami pilek selama lebih dari 10 hari, lalu kondisi semakin memburuk saat sinus telah terinfeksi. Penyakit infeksi sinus juga harus diberikan antibiotic. Untuk ibu menyusui, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter mengenai obat antibiotic yang mungkin akan diberikan.

  • Alergi

Alergi yang dialami seseorang juga bisa membuat tenggorokan menjadi gatal. Alergi muncul karena kita dekat dengan pemicu alergi itu sendiri. Obat dengan kandungan histamine biasanya akan diberikan. Namun, ibu menyusui sebaiknya bertanya terlebih dulu tentang manfaat obat histamine bagi ibu menyusui.

  • Penyakit Asma

Asma akan muncul saat kondisi organ paru-paru mengalami penyempitan dan peradangan, sehingga menjadi sulit untuk bernapas. Gejala batuk-batuk biasanya dialami oleh pasien asma, yang dikeluhkan karena tenggorokan yang gatal. Obat tenggorokan gatal untuk ibu hamil yang mengalami asma, tentunya harus berdasarkan resep dokter.

Obat Tenggorokan Gatal untuk Ibu Menyusui

Seperti kita ketahui, saat tenggorokan gatal dialami oleh ibu menyusui sekalipun, maka beberapa obat akan menjadi solusi yang tepat, terlebih jika obat tersebut adalah resep dokter. Namun, dalam obat-obatan, terkadang kandungan obat yang ada malah seharusnya dihindari oleh ibu menyusui, karena khawatir akan bercampur dengan ASI untuk bayinya.

Beberapa obat-obatan yang sebaiknya tidak dikonsumsi ibu menyusui seperti obat dengan kandungan aspirin, guaifenesin yang belum dikatakan aman untuk dikonsumsi mereka. Begitu juga obat yang memiliki kandungan dekstrometorfan, antihistamin, juga harus dihindari. Obat batuk dengan kandungan potassium iodide sebagai ekspektoran juga harus dihindari, karena efeknya bisa langsung terjadi pada bayi Anda.

Sponsors Link

Lalu apa obat tenggorokan gatal dan obat tradisional batuk kering untuk ibu menyusui yang tepat? Pastikan itu adalah obat –obatan alami yang terpercaya sudah sejak lama. Berikut adalah obat alami untuk tenggorokan gatal yang dianjurkan:

  • Buah Nanas

Nanas yang berwarna manis dengan tekstur buah yang unik ini, ternyata dapat menjadi obat batuk untuk ibu menyusui yang aman dikonsumsi. Buah nanas juga memiliki kandungan zat bromelain, yang dapat membantu mengeluarkan lendir dari tenggorokan.

  • Madu

Obat tenggorokan gatal untuk Ibu menyusui yang alami adalah madu. Kandungan alami pada madu juga aman dikonsumsi ibu menyusui. Minum madu secara langsung dengan dicampur teh hangat sebelumnya. Selain tenggorokan lega, rasa gatal di area tenggorokan juga akan berkurang.

  • Probiotik

Probiotik adalah kumpulan bakteri baik yang umumnya terdapat pada produk minuman fermentasi seperti yoghurt. Probiotik ternyata tidak bekerja langsung untuk memerangi batuk, namun juga bisa mendukung system kekebalan tubuh kita, khususnya yang ada di area organ usus. Pastikan probiotik yang dikonsumsi sesuai takaran yang diperlukan dan tidak terlalu banyak.

  • Air Putih

Ibu menyusui bisa mengkonsumsi obat tenggorokan gatal untuk ibu menyusui berdasarkan resep dokter atau obat alami dengan disertai banyak minum air putih. Minum setidaknya 2 gelas air setiap 2 jam sekali. Minum air putih seperti ini juga bisa membantu meredakan gatal di tenggorokan yang bisa menyebabkan batuk-batuk, termasuk pada ibu menyusui.

  • Teh Jahe

Selain air putih, minum teh jahe juga dapat membantu meningkatkan system imun tubuh dalam melawan infeksi yang menjadi penyebab gatal di tenggorokan. Air teh jahe ini juga dapat membunuh virus saat masuk ke saluran pernapasan.

Ibu yang sedang dalam kondisi menyusui, sebaiknya memang tidak memilih sembarang obat tenggorokan gatal, tapi pilihlah obat batuk gatal tenggorokan tradisional untuk ibu menyusui. Memanfaatkan beberapa obat alami yang mudah ditemukan sekitar kita, ternyata lebih ampuh dijadikan obat tenggorokan gatal untuk ibu menyusui. Selamat mencoba.

, ,




Oleh :
Kategori : Obat Obatan