Sponsors Link

4 Olahraga Yang Dapat Menyembuhkan Batuk dan Manfaatnya

Sponsors Link

Apakah anda pernah mengalami batuk? Yah, semua dari kita tentunya pernah mengalami batuk karena memang kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia berapapun. Batuk sendiri merupakan suatu reaksi yang ditimbulkan karena pada waktu itu sel – sel yang terdapat pada saluran udara di bagian belakang kerongkongan mengalami iritasi. Dan kemudian iritasi inilah yang menjadi pemicu dari paru – paru untuk kemudian akan mengeluarkan udara dengan tekanan yang tinggi.

ads

Batuk memang sebuah releks yang natural di alami oleh seseorang, baik anak – anak maupun orang dewasa selalu dan akan selalu mengalami batuk meskipun dalam jangka waktu yang berbeda – beda. Batuk tersebut sebenarnya hanya bertujuan untuk membersihkan zat asing atau udara yang masuk yang merupakan sebuah iritan, seperti misalnya asap rokok, debu. Dan juga dengan batuk maka tentunya akan membuat anda terhindar dari terkena infeksi.

Batuk memang akan sembuh dengan sendirinya meskipun tanpa dilakukan pengobatan apapun, kecuali jika memang anda mengalami kondisi batuk yang berlangsung dalam waktu yang relatif lama maka hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa anda sedang mengalami kondisi atau penyakit lainnya. Oleh karena itu maka anda harus segera memeriksakan kondisi anda jika anda mengalami kondisi yang mengindikasikan bahwa anda terkena kondisi lainnya yang kemungkinan akan lebih berbahaya. Anda harus mengetahui tentang cara mengobati salesma dan juga flu harus banyak minum.

Seseorang yang mengalami batuk biasanya akan ditandai dengan beberapa hal seperti di bawah ini:

  • Demam
  • Menggigil
  • Nyeri pada tubuh
  • Mual dan juga muntah meskipun jarang terjadi
  • Sakit kepala
  • Hidung meler atau beringus
  • Juga bisa ditandai oleh kondisi lainnya seperti radang tenggorokan maupun juga biasanya akan mengalami berkeringat pada malam hari

Kemungkinan masih terdapat gejala lainnya yang belum kami sebutkan. Oleh karena itu, jika anda ingin mendapatkan informasi yang lebih detail maka anda silahkan bertanya langsung kepada dokter untuk bisa mendapatkan yang lebih lengkap mengenai gejal lainnya yang bisa menjadi tanda bahwa anda terkena batuk.

Perlu anda ketahui bahwa terdapat jenis batuk yang biasanya di alami oleh seseorang yang mengalami batuk, yang pertama yaitu batuk akut yang terjadi selama kurang dari 2 minggu. Yang kedua yaitu batuk kronis yang terjadi selama kurun waktu lebih dari 2 minggu.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwasanya batuk memang akan bisa sembuh dengan sendirinya meskipun tanpa diobati dengan apapun. Namun, hal tersebut juga bergantung kepada sistem kekebalan tubuh pada seseorang karena bisa jadi tidak semua orang yang mengalami batuk akan sembuh dengan sendirinya.

Olahraga yang dapat menyembuhkan batuk, adakah?

Pertanyaan ini sering muncul pada beberapa orang yang mana mereka ingin menyembuhkan batuk yang di alami dengan cara cepat, selain karena memang mereka pada dasarnya memiliki hobi berolahrga. Perlu anda ketahui bahwa batuk yang anda alami tersebut bergantung pada sistem kekebalan tubuh anda.

Dengan kata lain, jika sistem kekebalan tubuh anda baik, maka batuk yang anda alami juga akan semakin cepat sembuh. Sebaliknya jika sistem kekebalan tubuh anda mengalami penurunan, maka tentunya batuk yang anda alami akan lumayan lama untuk bisa sembuh.

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda, maka anda harus perlu melakukan olahraga. Tentu olahraga yang harus anda lakukan tidak sembarangan dan juga tidak terlalu berat karena biasanya malah akan membuat batuk anda menjadi semakin parah.

Olahrga yang dimaksud adalah olahraga ringan yang harus anda lakukan secara rutin. Adapun olahraga tersebut yaitu antara lain:

Sponsors Link

  • Jalan santai selama kurang lebih 20 sampai dengan 30 menit per hari
  • Jogging atau lari pagi santai selama kurang lebih 20 sampai dengan 30 menit
  • Bersepeda santai selama kurun waktu antara 3 sampai dengan 4 minggu
  • Anda juga bisa melakukan senam yang bisa anda lakukan di rumah maupun juga bisa di tempat gym selama kurang lebih 2 hari sekali.

Manfaaat yang akan anda dapatkan ketika berolaharga adalah seperti di bawah ini:

  • Dengan berolahraga, maka akan dapat mengeluarkan virus maupun juga bakteri yang terdapat di dalam tubuh anda.
  • Olahraga juga akan sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kinerja sel darah putih yang mana seperti kita ketahui bahwa fungsi sel darah putih inilah yang nantinya akan melawan infeksi yang ada pada tubuh anda.
  • Ketika anda berolahraga, maka suhu tubuh di dalam tubuh anda akan meningkat sehingga hal ini bisa membantu anda untuk mencegah virus maupun juga bakteri agar tidak bisa berkembang sehingga tidak akan menimbulkan bakteri maupun virus tersebut bertamnah banyak.
  • Selain itu, dengan melakukan kegiatan olahraga maka akan membantu anda untuk mengurangi hormon stress yang bisa menjadi sebab sistem kekebalan tubuh anda menurun. Stresst tersebut bisa disebabkan karena anda melakukan banyak kegiatan yang menguras tenaga maupun juga konsentrasi anda, atau pun anda memiliki masalah yang sulit untuk dipecahkan.

Sebenarnya masih ada cara lainnya untuk mengatasi batuk, yakni dengan cara mengetahui tips meredakan batuk dengan coklat, obat tradisional batuk kronis, maupun juga anda bisa mencoba cara mengobati batuk dengan jeruk nipis.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Jadi, olahraga sangat dianjurkan untuk membantu anda meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kemudian akan membuat kondisi batuk yang anda alami akan semakin cepat sembuh.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan