Sponsors Link

28 Obat Batuk Berdahak Tradisional Paling Ampuh dan Manjur

Sponsors Link

Batuk tidak bisa digolongkan sebagai penyakit. Batuk adalah  sebuah respon yang diberikan oleh sistem daya tahan tubuh di saluran pernapasan yang dikirim melewati syaraf  menuju pusat batuk di otak. Tujuan tubuh melakukan aktivitas batuk adalah untuk mengeluarkan sisa makanan yang masih tersisa di kerongkongan, berekasi terhadap asap, debu, lendir dan lain sebagainya yang berada di dalam bagian  reseptor (penerima rangsang) batuk seperti di saluran pernapasan, hidung dan telinga.

ads

Dilihat dari jenisnya, batuk bisa dibedakan menjadi dua tipe, yaitu batuk berdahak dan juga batuk kering. Keduanya sama-sama menyiksa, namun batuk berdahak jauh lebih merepotkan disbanding batuk kering. Batuk berdahak akan mengganggu aktivitas, dan lender yang ada di dalam tenggotokan, tidak akan berhenti keluar sampai kita meludahkannya.

Seringkali kita mengandalkan obat dari dokter atau apotek untuk menyembuhkan batuk berdahak. Padahal untuk menyembuhkannya, kita bisa membuat sendiri dari bahan-bahan tradisional yang mudah didapat di sekitar kita. Sebelum kita mengungkap lebih lanjut mengenai apa saja obat tradisional yang muncul, kita perlu belajar mengetahui penyebab batuk yang mengganggu aktivitas.

Apa saja yang menyebabkan batuk

Secara umum penyebab batuk adalah bakteri dan virus. Daya tahan tubuh yang melemah, menjadi penyebab utamanya. Meskipun begitu, masih ada penyebab lainnya yang bisa jadi merupakan gejala penyakit lain yang kadang luput dari perhatian, sebagai berikut:

  • Penyakit akut yang sering kambuh adalah jenis penyakit yang awalnya tidak terdeteksi namun menyebabkan anda sering batuk-batuk. Contohnya seperti PPOJ (Penyakit Paru Obstruktif Kronik), batuk disertai sesak nafas karena asma dan bronkitis parah.
  • Anda pernah mengalami batuk dan bersin di saat bersamaan ketika mencium bunga atau berada di padang bunga? Itu adalah Rinitis alergi. Alergi tersebut merupakan intoleransi saluran pernapasan pada serbuk sari atau serbuk bunga.
  • Penyakit asam lambung akut atau istilah medisnya GERD (Gastroesophageal Reflux). GERD adalah penyakit yang terjadi saat asam lambung menuju ke kerongkongan karena lemahnya katup penutup. Gejala dari penyakit tersebut adalah batuk disertai nyeri pada dada. GERD juga bisa menyebabkan batuk kronis.
  • Apakah anda pernah batuk-batuk terus di tengah jalan atau di samping orang yang sedang merokok? Itu tandanya anda sensitif dengan polusi atau asap. Polusi yang terhirup pasti akan menimbulkan reaksi di tubuh. Reaksi pertamanya setelah polusi terhirup adalah batuk-batuk keras.
  • Suburnya pertumbuhan spora jamur di alam dan di lingkungan rumah juga merupakan salah satu faktor pemicu batuk dan  sesak napas. Aroma jamur spora yang cenderung lembab, tidak terlalu bagus untuk dihirup.
  • Ada juga batuk yang justru disebabkan setelah menelan obat. Salah satunya adalah sakit batuk setelah menelan obat ACE inhibitor. Obat tersebut adalah jenis obat yang dipakai untuk menurunkan angka hipertensi di dalam darah dan juga mengobati gagal jantung. Efek buruk dari penderita yang menelan ACE inhibitor akan sering menderita batuk kering. Batuk kering akan terjadi setelah pasien justru sudah sembuh sepenuhnya dari maag akut yang diderita.
  • Partusis atau batuk rejan adalah batuk yang menandai adanya penyakit demam, flu dan juga batuk yang membuat penderita kesulitan dalam bernapas. Batuk rejan ini dapat diidap penderita hingga berminggu-minggu. Semakin lama kondisi vitalitas tubuh membaik,maka batuk rejan akan lama sembuhnya.

Setelah memahami penyebab batuk pada anda,sekarang kita masuk ke pembahasan tentang obat alami yang bagus untuk menyembuhkan batuk berdahak.

Obat Tradisional untuk Batuk Berdahak

Dengan mengonsumsi obat batuk berdahak tradisional diyakini lebih aman  dibandingkan dengan menggunakan obat kimia buatan pabrik. Walau memang jika kita memilih pengobatan tradisional lalu sedikit menghabiskan waktu untuk membuat sendiri, khasiatnya tak boleh dianggap remeh. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang jenis bahan tradisional untuk obat, ada beberapa tips untuk penderita batuk berdahak supaya sakitnya tidak bertambah parah, sebagai bertikut:

  • Penderita batuk berdahak disarankan menjauhi tempat yang berdebu dan juga suhunya dingin. Bagi yang suka mendaki gunung atau bepergian ke dataran tinggi, tahan dulu keinginannya sampai benar-benar fit.
  • Jaga suhu tubuh selalu dalam kondisi hangat dengan mengenakan jaket atau selimut. Misalnya anda bekerja di ruangan berpendingin (AC), ceritakan secara jujur mengenai kondisi tubuh dan jelaskan alas an memakai jaket tebal di dalam ruangan. Jika perlu ambil cuti sehari atau dua hari untuk benar-benar beristirahat.
  • Selalu mandi memakai air hangat.
  • Dan makin banyak minum air putih sekurang-kurangnya 7 sampai 8 gelas tiap harinya. (Baca juga: Cara Mengobati Pilek)

Inilah resep obat tradisional untuk sakit batuk berdahak, yang bisa kalian buat sendiri dirumah dengan mudah sebagai berikut:

1. Jahe

Banyak orang sudah mengetahui, bahwa jahe dapat member manfaat berupa sensasi rasa hangat bagi tubuh. Minum minuman trmembeadisional  seperti wedang jahe atau susu jahe juga memberi rasa nyaman pada jalan pita suara. Jahe megandung antihistamin dan zat decongestant yang digunakan oleh para ahli untuk menyembuhkan gejala demam dan flu. Tidak perlu ragu, anda bisa segera membuat minuman jahe hangat dengan menyiapkan 12 iris jahe lalu dimasukkan dalam tiga gelas air panas selama lima belas menit. Jika warna air dan aromanya sudah tercampur merata, angkat lalu saring, kemudian anda tambah perasan jeruk lemon dan 1 sendok madu. Minum selagi  masih hangat.

2. Daun sirih

Daun sirih lebih populer di kalangan wanita karena manfaat utamanya untuk menjaga organ intim perempuan dari bakteri jahat. Ternyata dengan merebus daun sirih secukupnya  dicampur potongan jahe, daun sirih juga dapat meredakan batuk berdahak. Air rebusan tersebut diminum satu hari sekali agar kondisi tubuh semakin prima dan melawan batuk lebih baik.

3. Jeruk Nipis dan Kecap

Pernah tidak ibu atau nenek anda menyarankan untuk minum beberapa sesendok jeruk nipis bercampur kecap di saat batuk berdahak menyerang? Walau belum ada penelitian lebih lanjut tentang hal tersebut, rupanya banyak orang yang mengaku jika batuknya berkurang hingga benar-benar sembuh setelah minum  beberapa sendok jeruk nipis da dicampur kecap.  Cara membuatnya sebagai berikut:

  • Siapkan 1 buah jeruk nipis, kecap dan juga sendok.
  • Kupas jeruk nipis, ambil beberapa iris lalu peras jeruk nipis pada sendok, anda tuangkan kecap beberapa tetes, jangan terlalu banyak.
  • Aduk menggunakan sendok the sampai larutan tersebut benar-benar tercampur.
  • Terus konsumsi sebanyak du aatau tiga kali sampai batuk berdahak benar-benar berkurang.

4. Kencur

Sponsors Link

Kencur yang sudah dicuci bersih lalu dikupas, parut hingga mengeluarkan air sarinya. Peras hingga sarinya benar-benar habis, tambah sedikit garam dan air. Lalu aduk hingga tercampur merata. Sesudah itu minum ramuan tersebut dua kali sehari yaitu sebelum tidur dan sesudah makan pagi. Semoga jika diminum teratur, maka batuk berdahak akan sembuh.

5. Kacang Almond

Belum banyak yang tahu, bahwa biji atau kacang almond yang biasanya dicampur dalam bahan makanan ini dapat mengatasi batuk berdahak. Berikut ini tips menghilangkan batuk secara alami dengan memakai kacang almond:

  • Sediakan delapan biji kacang almond yang sudah bersih
  • Kemudian rendam kacang almond tersebut di dalam air kurang lebih selama dua belas jam. Tidak perlu menunggu berjam-jam saat merendamnya, anda biarkan saja selama semalaman sebelum tidur maka kacang almond akan terproses sendiri.
  • Keesokan paginya, haluskan kacang almond dengan proses menumbuk hingga bentuknya berubah menjadi pasta yang lembut.
  • Lalu tambahkan 1 sendok teh  mentega.
  • Anda harus ruti minum ramuan kacang almond itu tiga sampai empat hari sekali, jangan lewatkan waktu sehari pun.
  • Konsumsi minuman pasta kacang almond ini hingga batuk berdahak berangsur hilang.

6. Buah Anggur

Buah berwarna menarik dan juga memiliki banyak penggemar ini ternyata dapat menyembuhkan batuk berdahak. Anggur memiliki zat semacam ekspektoran yang mampu membersihkan lendir yang terendap di saluran pernapasan. Selain mengonsumsi buahnya secara langsung, anda juga dapat membuat jus anggur dicampur wortel misalnya sebagai varian rasa namun tidak mengurangi manfaat. (baca juga: Penyebab Pilek Berkepanjangan Pada Anak)

7. Jus Wortel

Wortel mempunyai kandungan beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A. Manfaatnya tentu  mampu meningkatkan kemampuan visual mata, dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari dan beraneka ragam penyakit kulit lainnya. Wortel juga snagat berguna demi kecantikan dan kesehatan kulit karena kandungan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Manfat lainnya dari wortel adalah menyembuhkan batuk berdahak. Inilah tips sederhana supaya and abis amembuat ramuan herbal dari wortel untuk mengobati batuk berdahak.

  • Anda siapkan 4 buah wortel, kupas dan bersihkan.
  • Setelah itu masukkan ke dalam wadah blender, beri air secukupnya.
  • Tambahkan beberapa sendok teh madu sebagai pengganti gula.
  • Blender hingga bentuk wortel benar-benar halus dan minuman herbal ini siap diminum.
  • Minumlah jus wortel sebanyak tiga sampai empat sehari sampai merasakan batuk berdahak anda semakin berkurang.

8. Lemon

Lemon dikenal memiliki khasiat untuk melunturkan lemak. Bagi anda yang ingin diet, maka mengonsumsi lemon sangat disarankan. Rupanya lemon juga bermanfaat untuk menyembuhkan batuk berdahak. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat obat batuk berdahak tradisional herbal dari irisan lemon:

  • Siapkan satu buah lemon, kemudian belah menjadi dua. Sisakan bagian atas dan  iris sesuka hati anda.
  • Pada bagian daging lemon beri taburan garam dan merica.
  • Tidak seperti air jeruk an kecap yang diperas dan diminum menggunakan sendok, anda cukup menyesap air lemon dari daging sampai airnya tidak tersisa. Cukup menyenangkan bukan?

9. Daun Kemangi

Bagi penggemar segala macam masakan berbau penyet, pasti juga sangat akrab dengan daun kemangi. Daun ini bisa menjadi lalapan yang lezat sambil makan tempe penyet atau ayam penyet. Aroma khas dari daun kemangi ini sangat menggugah selera. Ternyata daun kemangi juga sangat berkhasiat untuk mengenyahkan batuk berdahak. Cara membuat minuman herbal dari daun kemangi adalah  ambil daun kemangi ini kira-kira seukuran satu genggaman tangan, kemudian rebus dengan air sebanyak dua sampai tiga gelas. Biarkan hingga mendidih dan perhatikan sampai air rebusan menguap sampai tersisa hanya segelas, kemudian baru angkat. Konsumsi ramuan herbal daun kemangi ini selagi hangat.

10. Belimbing Wuluh

ads

Belimbing wuluh juga dikenal sebagai bahan penyedap masakan terutama bagi anda yang menyukai beraneka ragam jenis sambal tradisional. Batuk berdahak juga dapat diobati dengan belimbing wuluh. Caranya, siapkan sedikit bunga dari buah belimbing wuluh, 5 butir adas dan juga gula pasir. Campur ketiganya dalam secangkir air dan rebus sampai mendidih. Setelah itu biarkan air rebusan sedikit mendingin baru bisa anda minum

11. Bunga Mawar

Ramuan bunga mawar tak hanya bagus untuk memperharum dan membuat kulit halus, namun juga bisa digunakan untuk mengatasi batu berdahak. Cara membuat ramuannya adalah:

  • Cincang sepuluh gram bunga mawar segar
  • Lalu masukan ke dalam air yang sudah direbus terlebih dahulu dan suhunya sudah lebih hangat
  • Jangan lupa tambahkan dengan gula agar rasanya lebih enak, namun cukup sedikit saja.
  • Minum obat herbal dari mawar ini dua kali sehari sampai batuk berdahak sembuh.

12. Madu dan Lada Putih

Cara membuat obat herbal dari madu dan lada putih ini amat sangat mudah. Ambil satu sendok makan madu lalu beri taburan sedikit lada putih di atasnya. Minum sehari dua sampai tiga kali sampai batuk berdahak anda berkurang.

13. Daun Asam Muda

Cara membuat ramuan ini juga sangat mudah yaitu tinggal mencampurkan saja satu genggam daun asam muda, daun saga manis, kayu manis dan gula batu secukupnya. Kemudian rebus semuanya dengan 3 gelas air. Biarkan hingga air rebusan mendidih dan menguap tinggal satu gelas, kemudian baru matikan api dan disaring dari daun-daunannya. Setelah agak dingin baru konsumsi ramuannya.

14. Serai

Bahan masakan ini juga sangat berguna untuk menyembuhkan obat batuk berdahak tradisional. Tinggal ambil beberapa serai lal rebus dengan dua gelas air, dan anda dapat minum air rebusannya sampai batuk berdahak sembuh. Rupanya bahan-bahan tradisional yang dipakai untuk memasak bisa diubah menjadi ramuan herbal yang kaya manfaat. Walau anda sudah mengetahui banyak bahan dapur yang berguna sebagai bagan herbal, anda juga harus lebih perhatian jika batuk berdahak tak kunjung sembuh meski sudah mencoba berbagai obat kimia dan tradisional. Ada beberapa jenis batuk berdahak yang harus ditangani sedikit berbeda.

Alasan Batuk Berdahak Harus di Perhatikan

Batuk berdahak terjadi saat paru-paru Anda mengalami infeksi, oleh sebab itu paru-paru menghasilkan dahak lebih dari kadar normalnya. Akibat buruknya, terdapat dahak pada tenggorokan yang muncul tiap kali anda batuk. Batuk adalah cara alami dari tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari gangguan dahak.

Batuk berdahak pada  umumnya muncul sebagai gejala penyakit pilek, penyakit pneumonia dan sinusitis, yang lebih mengkhawatirkan adalah jika batuk berdahak parah bisa menjadi gejala penyakit bronkitis akut, gagal jantung, dan asma. Semakin lama batuk berdahak tidak hilang dari tubuh, berarti tubuh anda sedang mengirim sinyal adanya penyakit akut lainnya yang harus segera diperiksakan ke dokter. Batuk adalah kondisi yang relative sering terjadi sehingga jarang diperiksakan ke dokter. Namun ada waktunya anda perlu memeriksakan diri untuk mencegah semakin parahnya penyakit lain. Inilah beberapa momentum yang harus segera anda waspadai dan segera periksakan ke dokter:

  • Jika batuk berdahak Anda tidak berangsur sembuh atau bahkan semakin parah, hingga lebih dari seminggu.
  • Jika dahak yang keluar saat batuk itu tak seperti biasanya yang berwarna bening atau keputihan namun malah berwarna hijau pekat atau merah muda dengan sedikit busa.
  • Jika ada darah dalam dahak ketika anda batuk.
  • Jika batuk berdahak anda disertai dengan sakit di bagian dada, sesak nafas, demam tinggi dan juga sakit kepala.
  • Jika anda seorang perokok aktif maka segera cek kesehatan anda,barangkali efek rokok menjadi kesehatan paru-paru anda terganggu.
  • Jika mendadak anda merasakan kelelahan yang sangat parah, batuk berdahak makin kencang di malam hari.

Obat Kimia Untuk Batuk Berdahak

Batuk berdahak yang membandel, tentu harus menerima pengobatan lebih serius. Beberapa bahan kimi yang bermanfaat untuk batuk berdahak ini punya khasiat masing-masing. Berikut ini beberapa ciri khas obat untuk batuk berdahak yang perlu diperhatikan, sebagai berikut:

  • Obat batuk berguna untuk mengencerkan dahak atau disebut ekspektoran, agar dahak lebih mudah keluar saat batuk. Jika dahak sudah menerima kandungan ekspektoran, maka batuk akan mendorongnya keluar.
  • Meski masih memerlukan penelitian klinis lebih lanjut, Succus liquiritiae adalah contoh kandungan bahan alami pada bahan pereda batuk yang diyakini dapat membantu mencairkan dahak.
  • Guaiphenesin atau bromhexineadalah bahan kimia utama pbat pereda batuk berdahak yang juga aman jika dikonsumsi ibu hamil. Walau aman dikonsumsi, obat ini tidak bisa menyembuhkan penyakit akut yang memicu batuk. Perlu dikaji lebih lanjut jika tidak ada proses penyembuhan.
  • Jika batuk diikuti demam, minum obat batuk yang mengandung ibuprofenatau paracetamol. Kedua jenis bahan kimia itu   juga dapat membantu meringankan sakit pada tenggorokan.

Pada dasarnya, obat-obatan kimia di atas aman digunakan asal sesuai dosis dan sesuai dengan resep dokter. Tetapi anda juga harus berhati-hati pada beberapa kondisi kesehatan yang akan berbahaya jika sembarangan memilih obat, sebagai berikut:

Sponsors Link

  • Jika anda mengidap diabetes mellitus atau kencing manis, adanya hipertensi atau tekanan darah tinggi, sakit jantung, gangguan kelenjar tiroid, hingga gangguan pernapasan seperti asma.
  • Jika balita di bawah usia dua tahun juga tidak boleh anda beri sembarang obat. Perhatikan petunjuk penggunaan obat di kemasan luar.
  • Jika anda seorang ibu yang sedang mengandung dan menyusui,pilih bahan kimia yang tidak mengganggu asupan ASI dan kesehatan anda.
  • Jika anda mengidap alergi terhadap obat-obatan, terutama kandungan kimia dalam obat batuk.

Pada intinya, penting untuk mengonsumsi obat-obatan dengan label dan peruntukan yang tepat untuk menangani batuk berdahak. Akan lebih baik jika obat-obatan yang ingin dikonsumsi dikonsultasikan lebih dulu kepada dokter. Akan tetapi sebelum mengonsumsi obat, ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk meringankan batuk berdahak. Pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Maka lakukan hal-hal di bawah ini agar vitalitas tubuh lebih terjaga dan tidak mudah terserang virus atau kuman penyebab batuk berdahak, sebagai berikut:

  • Beristirahat secara teratur. Jangan tidur terlalu malam apalagi jika sering begadang. Udara malam dan kurang istirahat akan mudah menyebabkan anda terserang flu. Jika sampai terserang flu, batuk berdahak pun dapat menyertai.
  • Rajin berolahraga akan memperkuat sistem organ dan memperlancar metabolism tubuh. Saat berolahraga juga terjadi proses pembuangan racun dalam tubuh lewat keringat.
  • Jangan terlalu sering minum es atau air dingin. Di musim penghujan atau pancaroba, perubahan suhu yang ekstrim dapat mengganggu imunitas tubuh. Anda harus mencoba untuk sering minum air hangat supaya tubuh lebih terjaga. Jahe hangat dan madu adalah minuman nikmat yang kaya manfaat.
  • Gunakan masker di saat perjalanan menggunakan motor dan jika berada di dekat orang yang menderita flu atau batuk.

Dan masih ada banyak lagi untuk mengobati batuk berdahak kalian dengan mudah dan efektif cepat hilang batuk anda sebagai berikut:

  1. Menggunakan air panas dengan menggunakan lemon dan kecap.
  2. Menggunakan air jeruk nipis dengan garam.
  3. Menggunakan rebusan daun kembung.
  4. Menggunakan olahan biji kapulaga.
  5. Menggunakan air panas campuran garam (dikumur-kumur)
  6. Menggunakan jeruk nipis dengan madu.
  7. Menggunakan ayam telur kampung.
  8. Menggunakan air rebusan daun pare.
  9. Menggunakan daun saga dengan gula merah (dibuat minuman)
  10. Menggunakan campuran kencur, kapulaga dan jeruk nipis.
  11. Menggunakan air rebusan daun jinten.
  12. Menggunakan minum sup hangat tanpa rasa.
  13. Menggunakan jus kemangi dengan lemon.
  14. Menggunakan air rebusan daun rambutan dan pepaya.

Jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan anda supaya tubuh tidak mudah tumbang. Semoga bermanfaat!

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan