Sponsors Link

7 Cara Mengatasi Hidung Meler Terus Dengan Cepat Tanpa Ribet

Sponsors Link

Dalam menjalankan aktifitas sehari-hari harus diperlukan kondisi tubuh yang sehat. Namun tidak setaip saat tubuh selalu sehat pasti akan ada waktunya tubuh mengalami gangguan kesehatan. Perubahan musim seperti sekarang ini akan menyebabkan tubuh mengalami penerunan, salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami setiap orang adalah hidung beringus atau meler.

ads

Hidung beringus ini merupakan gejala atau tanda – tanda munculnya suatu penyakit seperti pilek, flu atau batuk. Hidung beringus ini akan mengganggu kenyamanan Anda dalam beraktifitas keseharian. Pada artikel ini akan dibahas tentang cara mengatasi hidung meler terus.

Penyebab Hidung Meler

Setiap penyakit pasti memiliki penyebab atau faktor pemicu. Kondisi ini juga berlaku untuk hidung meler atau beringus. Berikut ini beberapa penyebab dari hidung meler, antara lain:

1. Pilek

Salah satu penyebeb munculnya hidung meler disertai hidung tersumbat yaitu pilek. Pilek ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus di area rongga hidung. Pilek terjadi ketika sistem kekebalan tubuh mengalami penurunan.

2. Suhu rendah

Keadaan lingkungan dengan suhu rendah akan menyebabkan peningkatan produktifitas lendir di rongga hidung. Kondisi ini disebabkan tubuh berusaha mempertahankan diri dengan cara meningkatkan produksi lendir atau ingus di dalam rongga hidung. Selain udara dengan suhu rendah akan tetapi udara kering juga dapat menyebabkan hidung meler. Hal ini dikarenakan udara kering menyebabkan kelembabannya rendah sehingga tubuh merespon dengan meningkatnya produksi lendir di dalam rongga hidung.

3. Flu

Penyakit yang disebabkan oleh virus influenza ini dapat mengakibatkan penderita mengalami hidung meler. Infeksi virus influenza di dalam rongga hidung memicu meningkatnya produksi lendir di dalam rongga hidung. Virus ini dapat mengendalikan sistem pernapasan menjadi lebih lambat sehingga jumlah lendir meningkat dalam jaringan hidung.

4. Adanya pertumbuhan polip

Infeksi bakteri dan pertumbuhan bakteri di jaringan mukosa akan mengakibatkan tumbuhnya polip. Pertumbuhan polip ini akan menyumbat aliran pernapasan dan mengakibatkan sesak nafas. Kondisi seperti itu akan mengakibatkan meningkatnya cairan di dalam rongga hidung sehingga hidung meler terus.

5. Reaksi alergi

Reaksi ini berkaitan dengan respon tubuh yang mengalami penolakan akibat masuknya benda asing ke dalam rongga hidung. Reaksi tubuh ini bisa berupa bersin – bersin dan akan berkembang menjadi hidung beringus. Kondisi alergi ini dapat muncul akibat debu, asap rokok, bulu binatang dan sejenisnya.

Artikel lainnya:

Cara Mengatasi Hidung Meler Terus

Sponsors Link

Apabila Anda mengalami hidung meler maka Anda jangan khawatir karena ada beberapa cara dalam mengatasi hidung meler terus. Berikut ini beberapa cara mengatasi hidung meler terus, antara lain:

1. Menghirup uap menthol

Salah satu cara dalam mengatasi atau mengobati kondisi hidung meler adalah dengan rutin menghirup uap menthol. Terapi uap ini sangat baik untuk melegekan pernapasan, dan mampu mengencerkan ingus sehingga ingus mudah untuk keluar.

2. Minyak kayu putih

Menurut penelitian minyak kayu putih bersifat dekosngestan yaitu dapat membunuh bakteri. Separti yang Anda ketahui bahwa hidung meler atau beringus ini akibat dari infeksi bakteri. Oleh sebab itu dengan membinasakan bakteri maka akan mengurangi produksi lendir sehingga hidung meler akan kembali reda.

3. Mengkonsumsi madu

ads

Khasiat madu ini sangat bermanfaat untuk kesehatan terutama meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu madu juga sangat bermanfaat untuk mengurangi gejala hidung meler dan hidung tersumbat karena ingus, karena madu bersifat menengankan, anti bakteri, dan anti virus.

4. Perbanyak mengkonsumsi air putih

Secara medis air putih baik untuk menjaga kesehatan bahkan air putih mampu mengobati beragam penyakit. Air putih dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu dengan mengkonsumsi minimal 2 liter perhari maka akan mampu menghindari dehidarasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh serta mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Oleh sebab itu dengn perbanyak mengkonsumsi air putih akan mampu mengobati hidung meler.

5. Minum air jahe

Salah satu bumbu masak yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia yaitu jahe. Jahe mampu menghangatkan tubuh dan memperlancar pernapasan. Dengan mengkonsumsi air jahe hangat mampu melancarkan pernapasan seperti menghilangkan cairan atau ingus di hidung, mengeluarkan dahak, melegakan rongga hidung, dan melegakan tenggorokan. Selain itu, dengan minum air jahe maka akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga virus, bakteri dan kuman penyebeb penyakit akan sulit untuk masuk ke dalam tubuh.

6. Larutan saline

Larutan ini dikenal sebagai air garam. Garam selain sebagai penyedap masakan juga mampu memperbaikai sistem dalam tubuh yang mengalami gangguan seperti hidung beringus. Cara pengobatan ini dengan cara membilas hidung dengan air garam dipercaya mampu menghilangkan lendir di hidung, mengurangi produksi lendir atau ingus di jaringan hidung serta mengatasi iritasi di dalam rongga hidung akibat dari infeksi bakteri.

7. Sup ayam

Makanan ini dipercaya mampu mengurangi ingus di rongga hidung serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan virus, bakteri dan kuman penyebab penyakit. Selain itu, uap sup ayam mampu melegakan tenggorokan, melegakan rongga hidung sehingga dapat melegakan pernapasan.

Baca juga:

Demikian penjelasan secara mendalam tentang cara mengatasi hidung meler terus. Bagi Anda yang sekarang mengalami hidung beringus atau meler maka sebaiknya Anda dapat mencoba cara mengatasi hidung meler terus tersebut. Selamat mencoba dan semoga berhasil. (Baca juga: Jenis-jenis Batuk).

, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan