Sponsors Link

16 Cara Menghentikan Batuk di Malam Hari Tanpa Obat Secara Efektif

Sponsors Link

Batuk merupakan sebuah reaksi tubuh yang akan menggangu,apalagi jika batuk tersebut kambuh dan terjadi pada saat malam hari. Tentunya adanya batuk di malam hari tidak hanya menggangu waktu istirahat anda namun juga beberapa orang di sekitar anda juga akan terganggu.Apalagi jika menyerang anak – anak, tentunya anda harus mengetahui cara mengatasi batuk pada anak.

ads

Penyebab Batuk Terjadi di Malam Hari

Sebagian dari gejala batuk di malam hari bisa terjadi karena adanya gangguan pada saluran pernafasan seperti flu, pneumonia, batuk rejan dan bronkitis. Jika gejala batuk di malam hari di sebabkan oleh adanya penyumbatan dan berbagai gejala alergi, biasanya akan membaik dengan berbagai penanganan yang tepat. Jika anda sering mengalami keluhan batuk di malam hari, maka berikut beberapa penyebab umum terjadinya batuk di malam hari, sebagai berikut:

1. Sinusitis

Penyebab batuk yang mungkin terjadi pada saat malam hari adalah alergi dan sinusitis. Ada baiknya anda harus segera mengkonsultasikan masalah penyakit anda ke tim medis jika memang faktor penyebabnya adalah sinusitis.

2. Kekurangan Nutrisi

Batuk juga bisa di sebabkan oleh kekurangan dari zat gizi. Salah satu penyebab batuk di malam hari adalah kekurangan dari kandungan zat besi yang di butuhkan oleh tubuh.

3. Udara di Sekitar dan di Dalam Kamar Tidur

Anda juga akan mengalami batuk di malam hari jika memiliki udara yang kering di daerah kamar tidur dan sekitarnya. Bagian dari hidung beserta paru – paru akan mengalami proses iritasi sehingga keadaan tersebut akan mengakibatkan reaksi batuk di malam hari.

4. Penyakit Asma

Kebanyakan penderita asma akan mengalami gejala batuk pada malam hari dan asma juga merupakan sebuah faktor resiko yang umum menyebabkan adanya gejala batuk tersebut.

5. Obat

Tahukah anda? Bahwa beberapa jenis obat dapat menghasilkan sejenis gejala alergi tertentu. Salah satunya adalah reaksi batuk.

6. Peranan Asam Lambung

Jika anda adalah salah seorang yang memiliki masalah dengan asam lambung, maka sebaiknya hindarilah memakan makannan yang terlalu berat pada malam hari. Cukup isi perut anda dengan makanan ringan bergizi yang ramah untuk lambung. Karena batuk karena asam lambung juga merupakan salah satu faktor terjadinya batuk pada malam hari.

Megobati Batuk di Malam Hari

Itulah 6 faktor penyebab terjadinya batuk pada malam hari. namun jika anda terlanjur mengalami keluhan batuk pada malam hari maka anda memang harus mengetahui tentang cara mengatasinya. Selaian pengetahuan akan obat batuk berkepanjangan pada orang dewasa dan cara mengobati batuk terus menerus anda tentunya juga harus mengetahui 16 cara menghentikan batuk di malam hari berikut ini:

Sponsors Link

1. Camputan Madu dan Teh Hangat

Meminum campuran teh hangat dengan madu adalah salah satu metode penyembuhan dan penanganan batuk pada malam hari yang lebih efektif. Madu dapat berfungsi sebagai pelembab udara kering yang masuk di dalam tubuh dan juga berfungsi dalam mengatasi lendir. Madu juga efektif dalam meringankan gejala batuk.

2. Teh Jahe

Jahe yang di kenal dengan rempah – rempah yang baik untuk menghangatkan tubuh dan meredakan gejala masuk angin, ternyata juga bagus untuk menangani batuk. Mengkonsumsi tah hangat jahe merupakan salah satu cara efektif dari ke 16 cara menghentikan batuk di malam hari. Karena senyawa yang terkandung di dalam jahe dapat berfungsi melegakan tenggorokan dan mengatasi batuk.

3. Ubah Posisi Tidur

ads

Cobalah mengubah dan mengatur posisi tidur anda jika terkena serangan batuk di malam hari. Naikkan dan tinggikan kepala dari tubuh dan aturlah posisi tersebut agar dapat mengurangi gejala batuk.

4. Mandi Dengan Air Panas

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa suhu dan kelembaban udara memiliki pengaruh terhadap terjadinya reaksi batuk. Maka cobalah mandi dengan menggunakan air panas jika anda terkena gejala batuk di malam hari.

5. Matikan Berbagai Alat Pendingin Ruangan

Udara dingin malam juga kadang telah memicu adanya reaksi batuk. Maka bagi anda yang sedang menggunakan berbagai alat pengatur suhu ruangan. Sebaiknya tidak menggunakannya ketika terserang batuk di malam hari.

6. Perbanyak Minum Air Putih

Dehidrasi akan memperburuk keadaan batuk anda. Cobalah menyediakan segelas air di atas meja di dalam ruangan kamar sebelum anda tidur dan ketika bangun anda dapat meminum air tersebut. Meminum lebih banyak air akan melancarkan aluran tenggorokan dan meradakn batuk.

7. Makan Soup

Mengkonsumsi soup telah di lakukan semenjak dahulu. Kandungan nutrisi pada kuah atau kaldu yang ada pada soup diyakini mampu meredakan gejala batuk dan mengurangi lendir.

8. Menggunakan Obat Batuk

Beberapa obat batuk yang mengandung ekspektoran akan berfungsi sebagai pengencer dan pengurang dahak yang aktif untuk batuk tersebut.

9. Bernafas Melalui Hidung

Walaupun sedang tersumbat, cobalah untuk selalu bernafas dengan hidung. Ini akan mengurangi adanya tekanan di tenggorokan dimana anda akan terhindar dari batuk di malam hari.

Dan masih ada beberapa cara untuk menghentikan batuk, yang bisa anda ketahui sebagai berikut:

  1. Teh Akar Licorlice
  2. Rutin Membersihkan Kamar dan temoat Tidur
  3. Menggunakan Air Garam
  4. Menguapi wajah
  5. Gunakan Tablet Hisap Obat Batuk
  6. Penggunaan Minyak Kayu Putih
  7. Rutin Mencuci Perlengkapan Tidur

Jangan lupa untuk menggangti berbagai perlengkapan tidur dan mencucinya sperti sarung bantal, selimut dan seprai.

Demikianlah cara menghentikan batuk di malam hari. Jika anda melakukan penanganan yang benar maka akan timbul berbagai ciri-ciri batuk akan sembuh.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan