Sponsors Link

11 Cara Menyembuhkan Batuk Kering Paling Mudah dan Cepat Dalam Sehari

Sponsors Link

Batuk yang terjadi pada tubuh dapat disebabkan oleh sistem kerja tubuh dalam mengeluarkan benda  asing yang masuk ke dalam saluran pernafasan. Batuk dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu batuk kering dan batuk berdahak, batuk kering biasanya masih dapat dikatakan sebagai batuk ringan karena adakalanya dapat sembuh sendiri tanpa memerlukan pengobatan sedangkan pada batuk berdahak cenderung memerlukan beberapa penanganan.

ads

Gejala dan penyebab batuk kering

beberapa gejala yang dapat ditimbulkan akibat tubuh mengalami batuk kering, beberapa diantaranya yaitu :

  • Tenggorokan akan terasa kering dan gatal akibat permukaan saluran pernafasan menjadi lebih kering dan rentan.
  • Merasakan nyeri pada tenggorokan saat menelan sesuatu, akibat dari keringnya permukaan saluran pernafasan terutama di tenggorokan membuat makanan yang masuk cenderung dapat dengan mudah melukai tenggorokan pada saat menelan.
  • Suara akan menjadi lebih berserak dan melengking saat dipaksakan untuk bersuara dalam volume yang besar.
  • Batuk yang dialami akan terjadi secara terus-menerus dan kadang dapat terjadi tanpa henti, hal ini apabila dibiarkan terus menerus dapat membuat pernafasan menjadi terganggu dan mengalami sesak nafas.
  • Warna wajah akan berubah menjadi merah akibat saluran pernafasan yang terganggu sehingga oksigen sulit untuk masuk dan mencapai paru-paru.
  • Tubuh akan lebih mudah terasa lelah selama batuk akibat keluarnya tenaga selama batuk berlangsung.

Batuk kering yang terjadi pada tubuh dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang dapat berasal baik dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh. Beberapa penyebab batuk kering yaitu :

  • Terjadinya infeksi pada saluran pernafasan akibat serangan virus ataupun bakteri yang masuk melalui pernafasan.
  • Peningkatan jumlah asam lambung juga dapat menyebabkan batu kering akibat cairan yang naik hingga kekerongkongan.
  • Tersedak saat sedang mengkonsumsi makanan yang cenderung pedas yang dapat berasal dari beberapa bahan seperti cabai dan lada.
  • Paru-paru yang merupakan sistem pernafasan tubuh mengalami beberapa gangguan hingga dapat menimbulkan penyakit baik itu penyakit yang tergolong ringan ataupun penyakit yang tergolong berat sehingga memerlukan penanganan dokter untuk mengatasinya.
  • Dapat diakibatkan oleh masuknya debu, kotoran dan abu halus yang terdapat pada udara yang telah tercemar dan udara ini dihirup oleh tubuh dalam jangka waktu yang lama. Apabila penyebab ini terus terjadi ditakutkan akan membuat tubuh mengalami batuk akut dikemudian hari.
  • Makanan dan minuman yang secara tidak sengaja masuk ke dalam saluran pernafasan akibat terburu-buru menelan dan sambil berbicara.

Batuk kering dapat terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa yang saluran pernafasannya mengalami gangguan. Pada saat tubuh mengalami batuk kering tentunya hal ini dapat berakibat pada aktivitas yang dilakukan setiap harinya seperti mengganggu konsenterasi baik saat bekerja ataupun pada saat belajar. Banyak cara menyembuhkan batuk kering yang dapat dilakukan sendiri di rumah guna mengatasi gejala yang satu ini, salah satu cara menyembuhkan batuk kering yaitu dapat menggunakan pengobatan yang memanfaatkan bahan alami dan herbal.

Pengobatan untuk mengatasi batuk kering dengan cara ini banyak digunakan karena biasanya bahan alami yang digunakan tidak akan memberikan efek samping pada kesehatan tubuh. Beberapa pengobatan dengan bahan alami sebagai cara menyembuhkan batuk kering, yaitu :

Sponsors Link

  1. Daun kayu putih

Penggunaan kayu putih sebagai salah satu bahan alami pengobatan untuk penyakit atau gejala seperti batuk memang sangat jarang didengar karena selama ini tanaman kayu putih yang sering dimanfaatkan hanya olahan minyaknya saja. Kayu putih dapat memberikan sensasi hangat pada tubuh, daun dari tanaman ini sendiri dapat gunakan sebagai obat alami batuk kering karena kandungan di dalamnya mampu berkerja melegakan tenggorokan yang sakit dan kering akibat batuk kering. Pemanfaatan daun kayu putih dalam mengobati batuk kering dapat di proses menjadi air rebusan yang dapat diminum setiap harinya hingga batuk kering dan beberaoa gejala lainnya menghilang.

  1. Daun sirih

Tanaman sirih sejak dahulu sering dimanfaatkan dalam pengobatan salah satu bagiannya yang terkenal akan khasiatnya yaitu daun dari tanaman sirih. Daun sirih diketahui kaya akan kandungan dan zat tertentu yang dapat bekerja sebagai antibiotik dan antiinfeksi yang diakibatkan oleh serangan virus, bakteri maupun jamur. Daun sirih sering dimanfaatkan sebagai obat alami yang digunakan hanya untuk bagian luar tubuh saja, namun tidak menghilangkan kemungkinan daun ini untuk di konsumsi secara langsung ataupun dibuat menjadi beberapa jenis ramuan.

ads

Cara menyembuhkan batuk kering dengan menggunakan daun sirih ini dapat berupa merebus daun sirih dengan air hingga mendidih, untuk mendapatkan air rebusan yang baik biarkan air dan daun sirih tersebut mendidih hingga airnya berubah warna hingga kecoklatan pekat. Selanjutnya rebusan ini dapat diminum setelah didinginkan atau selagi hangat, untuk mencegah rasa pahit dari obat ini dapat menambahkan madu atau gula.

  1. Kencur

Cara menyembuhkan batuk kering selanjutnya dapat memanfaatkan kencur. Kencur dapat bekerja efektif dalam mengatasi batuk kering yang disertai dengan timbulnya rasa gatal pada tenggorkan. Kencur dapat diolah menjadi obat alami dalam mengatasi batuk kering dengan cara memarut kencur dan juga jahe sebagai tambahan, lalu rebus bersama dengan air secukupnya dan biarkan sampai mendidih.

  1. Kunyit

Tanaman yang termasuk ke dalam jenis jahe-jahean ini kaya akan manfaat yang sangat besar dampaknya bagi kesehatan dan juga kecantikan. Kunyit mengandung banyak zat aktif yang dapat dimanfaatkan dalam mengobati beberapa jenis penyakit seperti asma bahkan kanker yang sedang diderita tubuh. Penggunaan kunyit sebagai bahan alami dalam mengatasi batuk kering dapat dibuat menjadi rebusan atau dikonsumsi langsung dengan menambahkan bahan lainnya. Kunyit diketahui juga mampu bekerja sebagai bahan alami minuman penghilang batuk berdahak.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C yang sangat diperlukan bagi tubuh yang sedang mengalami penurunan daya tahan tubuh baik akibat infeksi ataupun akibat faktor lainnya. Vitamin C dalam jeruk nipis dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional batuk kering dalam mengatasi batu kering yang disertai dengan beberapa gejala batuk lainnya. Sari jeruk nipis bisa didapatkian dengan memeras buah jeruk nipis yang telah dibelah, sarinya ini dapat dicampurkan dengan air hangat dan diminum secara langsung agar dapat langsung bekerja dalam mengatasi batuk kering.

  1. Cuka apel

Cuka apel kini banyak dimanfaatkan oleh sebagian orang dalam aktivitas dapur sehari-hari, beberapa kegunaan dari cuka apel ini seperti untuk membersihkan buah dan sayuran dari lapisan pestisida untuk dikonsumsi secara langsung tanpa dimasak. Cuka apel juga banyak dimanfaatkan dalam dunia pengobatan salah satunya untuk mengobati batuk kering, cuka apel didalamnya terkandung beberapa jenis vitamin yang dapat membuat tenggorokan kering akibat batuk menjadi lebih lembab serta dapat membatu tubuh dalam memusnahkan infeksi akibat virus dan bakteri penyebab batuk.

  1. Teh herbal

Teh merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan kandungan antioksidan didalamnya. Antioksidan sangat bermanfaat dalam memperlancara peradarah darah pada tubuh sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat. Teh herbal yang digunakan dalam menyembuhkan batuk kering dapat bekerja melegakan tenggorokan yang mengalami beberapa gangguan akibat batuk yang diderita terus menerus.

  1. Daun Pagagan

Daun lainnya yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami dalam cara menyembuhkan batuk kering adalah daun pagagan. Pemanfaatan daun pagagan sebagai obat batuk kering ini dapat berupa merebus daun pagagan dengan air hingga mendidih, rebusan ini dibiarkan hangat dan kemudian di minum secara rutin hingga batuk mereda dan hilang. Daun pagagan ini dapat dijadikan obat batuk berkepanjangan pada orang dewasa guna membantu tubuh dalam mengatasi batuk yang dialami secara terus menerus.

  1. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh di dalamnya terkandung banyak vitamin dan nutrisi yang dapat dikonsumsi oleh tubuh. Belimbing wuluh biasanya sering dimanfaatkan sebagai bahan yang dimasukan ke dalam masakan untuk memberikan rasa masam alami. Belimbing wuluh dapat dibuat jus dan langsung di minum guna menyembuhkan batuk kering atau bisa juga dengan merebus belimbing wuluh dengan air dan ditambahkan dengan sedikit garam ke dalamnya.

Sponsors Link

  1. Kayu manis

Rempah jenis ini sedari dulu banyak dimanfaatkan sbeagai bahan dasar masakan untuk menimbulkan makanan yang mempunyai ciri dan bau yang khas dari kayu manis. Dalam pengobatan tradisional cina kayu manis biasanya selalu ada dalam raciakan obat yang dibuat dalam mengatasi penyakit tertentu yang sedang diderita, selain itu diketahui bahwa kayu manis juga dapat memberikan ketenangan pada tubuh ketika dikonsumsi atau dihirup baunya.

  1. Jeruk mandarin

Jeruk mandarin juga merupakan salah satu jenis buat yang kaya akan kandungan vitamin C di dalamnya. Pengobatan batuk kering dengan menggunakan jeruk nipis dapat berupa mengkonsumsi langsung jeruk mandari dan memanfaatkan kulit dari buah ini yang dijadikan sebagai ramuan minuman penyembuh flu dan batuk yang berupa rebusan dengan dicampur dengan beberapa bahan lainnya.

Batuk kering yang diakibatkan oleh beberapa faktor dari luar tubuh sebenarnya dapat dihindari dengan beberapa cara, salah satunya yaitu dengan menghindari makanan yang menyebabkan batuk kering. Mengkonsumsi beberapa jenis vitamin juga sangat dianjurkan guna mempertahankan stamina tubuh agar selalu dalam kondisi terbaiknya. Meminum jumlah air putih yang cukup setiap harinya juga dapat menjaga kelembapan tenggorokan agar tidak mudah mengalami nyeri ataupun peradangan akibat infeksi.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan