Sponsors Link

10 Cara Mengobati Sesak Nafas Karena Batuk Dengan Alami

Sponsors Link

Ketika tubuh mengalami batuk kering terus menerus dapat berakibat pada munculnya gejala sesak nafas akibat oksigen yang kurang maksimal masuk ke dalam rongga paru-paru. Sebenarnya sesak nafas tidak hanya dapat timbul akibat tubuuh yang mengalami batuk namun juga dapat disebbakan oleh hal lainnya, beberapa penyebab yang dapat menimbulkan sesak nafas yaitu :

ads
  • Masuknya benda asing pada saluran pernafasan, penyebab yang satu ini dapat berupa polusi debu maupun kotoran yang dapat menyumbat saluran pernafasan itu sendiri dengan demikian oksigen menjadi sulit untuk masuk dan mencapai rongga paru-paru, yang mana disini terjadi pertukaran antara oksigen dan karbondioksida untuk seterusnya dikeluarkan.
  • Tersedak makanan juga dapat menyebabkan tubuh mengalami sesak nafas walau jeda waktunya tidak terlalu lama yang mana sesak nafas akan menghilang ketika sudah tidak ada lagi yang menghalangi tenggorokan.
  • Terhalangnya saluran pernafasan juga dapat menyebabkan karbondioksida atau C02 sulit untuk dikeluarkan melalui pernafasan. Apabila CO2 ini tidak segera dikeluarkan dari dalam tubuh maka akan menyebabkan keracunan karena gas tersebut terhidup kembali oleh tubuh.
  • Difteri, salah satu gangguan yang dapat terjadi pada saluran pernafasan akibat adanya infeksi dari jenis bakteri ataupun racun tertentu. Difteri ini selanjutnya dapat memicu timbulnya radang tenggorkan, demam hingga amandel.
  • Penyakit asma merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya gangguan pada paru-paru akibat beberapa hal tertentu. Penyakit ini memiliki resiko tinggi untuk diidap melalui penurunan gen dari orang tua ke anak sehingga tidak heran apabila asma digolongkan ke dalam penyakit turunan.
  • Croup termasuk ke dalam gangguan pernafasan akibat infeksi yang dapat menyebabkan batuk berkepanjangan. Beberapa gejala yang timbul akibat croup seperti demam, batuk keirng dan sesak nafas.
  • Penyakit jantung termasuk ke dalam jenis penyakit kronis, jantung merupakan organ penting dalam tubuh guna memompa darah untuk tetap dapat mengalir pada semua bagian tubuh. Penyakit jantung biasanya terjadi akibat lemahnya jaringan jantung untuk bergerak seperti biasanya. Penyakit ini dapat menjadi pemicu penyakit lainnya seperti diabetes dan obesitas.
  • Kanker paru-paru juga dapat menyebabkan sesak nafas karena akibat dari serangan sel kanker tersebut. Penyakit ini pada umumnya jarang dialami oleh orang kebanyakan.

Cara mengobati sesak nafas karena batuk

Sesak nafas yang terjadi akibat tubuh mengalami batuk kering terus menerus ini dapat diatasi dan diobat dengan beberapa yaitu dengan memanfaatkan khasiat bahan-bahan tersebut dalam mengurangi batuk yang kemungkinan dapat menyebabkan sesak nafas.

  1. Kopi hitam

Kopi termasuk ke dalam komoditi yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas. Kopi hitam alami yang berasal dari biji kopi yang dipanggang dan dihaluskan dapat membantu tubuh mengatasi sesak nafas akibat batuk maupun akibat penyebab lainnya. Kandungan kafein di dalamnya mampu bekerja secara efektif membatu tubuh mengatasi kelelahan pada otot pernafasan akibat nafas yang pendek maupun oleh batuk kering yang terjadi secara terus menerus.

Penggunaan kopi hitam sebagai salahs atu bahan alami dalam mengobati sesak nafas karena batuk dapat berupa meminum kopi yang telah diseduh dengan air hangat. Walaupun kopi hitam termasuk ke dalam jenis bahan yang dapat dijadikan obat sesak nafas namun ada baiknya jika tidak dikonsumsi terlalu banyak dan sering, karena kafein juga mampu untuk memicu darah tinggi yang mana dapat menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dari biasanya.

Sponsors Link

  1. Akar Bit

Akar bit dapat dimanfaatkan sebagai obat sesak nafas baik itu yang disebabkan oleh batuk maupun oleh tubuh yang mengalami anemia akibat kekurangan zat besi dalam tubuh. Buah bit kaya akan kandungan vitamin, kalium, zat besi dan kalsium. Buah bit biasanya terdapat pada produk kecantikan kulit seperti bodylotin yang mana menawarkan kandungan vitamin dalam buah bit dalam menutrisi kulit. Akar dari tanaman bit ini juga dapat dijadikan cara mengobati sesak nafas karena batuk terus menerus sehingga menyebabkan tubuh mengalami sesak nafas. Akar bit dapat dikonsumsi sebagai obat sesak nafas dengan mengolahnya menjadi jus ataupun memanggang umbi bit dan seterusnya dapat langsung dimakan.

  1. Jahe

Manfaat yang diberikan jahe pada kesehatan tubuh sedari dulu telah dirasakan oleh orang-orang yang mengkonsumsi pengobatan tradisional seperti meminum jamu. Jahe dalam mengatasi sesak nafas dapat bekerja sebagai pelega saluran pernafasan dengan memberikan sensasi hangat dan agak pedas saat dikonsumsi. Jahe biasanya sering diolah menjadi beberapa jenis rebusan ramuan tradisional yang dapat dicampurkan dengan bahan lainnya sebagai obat tradisional untuk batuk alergi.

ads
  1. Bawang putih

Bawang jenis ini merupakan rempah utama yang sering dimanfaatkan dalam tiap masakan nusantara guna menciptakan dan menambahkan aroma pada masakan yang dibuat. Di luar dari pada itu, bawang putih sedari dulu telah dimanfaatkan oleh banyak orang guna menyembuhkan dan mengatasi beberapa gejala ringan lainnya seperti dapat mengatasi panu pada permukaan kulit. Bawang putih akhir-akhir ini diketahui bahwa dapat bekerja dalam mengatasi gejala penyakit HIV pada tubuh yang terinfeksi virus, pengobatan terapi dengan bawang putih dapat memberikan antibiotik pada tubuh. Dalam mengatasi sesak nafas dengan bawang putih dapat berupa merebus bawang putih yang telah diparut halus bersamaan dengan bahan alami lainnya.

  1. Minyak kayu putih

Tanaman kayu putih dapat digunakan dalam mengatasi beberapa penyakit ringan seperti batuk kering. Untuk mengobati batuk kering yang sedang diderita tubuh dapat menggunakan daun kayu putih yang direbus bersama dengan air putih, rebusan ini dapat diminum selama batuk kering terjadi, Sedangkan tanaman kayu putih juga banyak dimanfaatkan dengan diproses lebih lanjut untuk dijadikan minyak, minyak kayu putih mampu untuk memberikan sensasi hangat dan nyaman ketika diolehkan ke atas permukaan kulit sehingga banyak dimanfaatkan sebagai obat batuk terus menerus pada anak.

Penggunaan minyak kayu putih guna sebagai cara mengobati sesak nafas akibat batuk denga cara mengoleskan minyak ini ke atas permukaan dada dan belakang punggung untuk memberikan rasa hangat pada saluran pernafasan dari luar sehingga gejala asma dapat dikurangi.

  1. Buah lemon

Lemon merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin C di dalamnya. Buah lemon kini banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar dari beberapa produk kecantikan seperti krim wajah dan bodylotion yang dapat mencerahkan warna kulit. Vitamin C bagi kesehatan tubuh dapat membantu tubuh meningkatkan daya tahan tubuhnya agar tidak mudah terserang penyakit, jenis vitamin ini juga dapat bermanfaat dalam mengatasi gejala sesak nafas. Untuk menggunakan buah lemon dalam mengatasi sesak nafas akibat batuk dapat dengan meminum air yang telah dicampurkan dengan sari buah lemon yang diperas.

  1. Cengkih

Cengkeh sejak dulu telah banyak dimanfaatkan guna menyembuhkan beberapa gejala yang timbul akibat penyakit lainnya sepereti mengatasi sakit gigi, batuk dan juga sakit perut.  Cengkih sering ditemukan dalam racikan obat tradisional yang biasanya direbus dapat dijadikan sebagai obat batuk berkepanjangan pada orang dewasa. Bubuk bahan alami ini dapat dicampur dengan madu dan dimakan secara langsung guna menyembuhkan sesak nafas.

  1. Daun ki tolod

Jenis daun ini sangat jarang didengar untuk dimanfaatkan kedalam bahan alami untuk pengobatan tradisional. Cara membuat obat tradisional batuk kering dengan menggunakan daun ki tolod dalam mengatasi sesak nafas dapat dengan merebus daun ini bersama dengan air secukupnya dan tunggu hingga mendidih, rebusan ini dapat diminum setiap harinya hingga sesak nafas dan batuk menghilang.

Sponsors Link

  1. Buah cermai

Buah yang memberikan rasa asam ini sering disantap sebagai cemilan karena sensasi rasa yang diberikannya saat dimakan. Buah cermai ini ternyata juga mempunyai khasiat tersembunyi yaitu dapat mengatasi sesak nafas pada tubuh. Cara mengolah cermai sebagai obat alami yaitu merebus buah cermai dengan buah kelengkeng dan juga akar kara dengan air hingga mendidih. Rebusan ini dapat diminum secara rutin setiap harinya untuk mempercepat proses pemulihan tubuh yang mengalami sesak nafas.

  1. Madu

Cara mengobati sesak nafas karena batuk dapat menggunakan madu yang merupakan bahan alami yang kaya akan khasiat bagi kesehatan dan juga kecantikan, madu alami yang berasal dari sarang lebah langsung kaya akan nutrisi dan zat yang dapat membantu tubuh mengatasi batuk kering sehingga tidak menyebabkan sesak nafas. Fungsi madu dalam mengatasi batuk kering yaitu berupa memberikan kelembapan pada tenggorokan sehingga dampak dari batuk berkelanjurtan dapat dikurangi. Madu dapat dikonsumsi dengan dicampur bahan lainnya seperti memasukan madu pada minuman penghilang batuk berdahak yang dibuat sebelumnya atau bisa langsung dimakan begitu saja tanpa memerlukan tambahan bahan lainnya.

Sesak nafas yang dialami beberapa kasus dapat disebabkan oleh beberapa faktor baik itu yang berasal dari dalam tubuh maupun yang berasal dari luar tubuh. Faktor yang berasal dari luar tubuh itu sendiri dapat seperti debu dan kotoran yang tidak sengaja terhidup saat bernafas atau juga karena faktor cuaca dingin. Tubuh yang dalam kondisi prima tentunya dengan tidak mudah terserang oleh batuk hingga menyebabkan sesak nafas, ketika daya tahan tubuh sedang menurun ada baiknya jika langsung memenuhi asupan nutrisi tubuh agar mampu membantu dalam mengatasi penurunan daya tahan tubuh serta tetap menjaga kesehatan tubuh.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan