Sponsors Link

Punggung Sakit Saat Batuk: Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Sebagian besar dari Anda memang tidak mengikira kalau batuk dapat mengakibatkan rasa sakit pada punggung. Batuk merupakan pintu utama masuknya beragam penyakit setelahnya, salah satunya adalah sakit punggung. Sakit pada punggung merupakan terjadinya nyeri di tulang belakang dari leher hingga ke tulang ekor. Nyeri ini erat kaitannya dengan tulang, ligamen, dan otot pada punggung.

ads

Kondisi ini tidak mengakibatkan kerusakan secara permanen. Mengapa batuk dapat menyebabkan punggung sakit?Karena ketika batuk tulang belakang teraangkat secara spontan. Apabila batuk terus menerus yang tidak kunjung sembuh maka otot di tulang belakang khususnya otot punggung akan terus bekerja sehingga lama kelamaan akan berdampak pada rasa sakit di punggung. Artikel ini akan membahas tentang fenomena punggung sakit saat batuk gejala, penyebab dan pengobatan.

Artikel Terkait:

Kondisi punggung yang sakit akan berdampak buruk bagi keberlangsungan aktifitas sehari – hari. Aktifitas Anda akan terasa tidak nyaman karena terkena rasa sakit di punggung. Penderita batuk yang menjalankan aktifitas berat akan mengakibatkan bertambah parah sakit punggungnya. Baca mengenai batuk berdahak badan lemas.

Gejala Punggung Sakit Saat Batuk

Dalam beberapa kondisi batuk dapat menyebabkan sakit punggung seperti batuk berdahak dan batuk menahun. Kondisi ini memang diawali dari batuk yang tak kunjung sembuh karena dapat mengakibatkan perubahan otot pada punggung penderita. Kondisi ini dapat dilihat dengan memperhatikan tanda – tanda atau gejala akibat batuk yang menyebabkan gejala punggung sakit. Berikut ini beberapa gejala punggung sakit saat batuk, seperti dibawah ini.

  • Kaku Pada Leher

Sakit punggung saat batuk ini diawali dengan rasa kaku pada leher. Batuk erat kaitannya dengan tenggorokan dan apabila batuk maka otot leher akan berkontraksi atau bekerja lebih keras dari sebelumnya. Kondisi ini yang akan berpotensi terjadinya kekakuan pada otot leher. Otot leher yang kaku ketika dibiarkan terlalu lama tanpa diobati akan menjalar ke otot punggung sehingga timbulah rasa sakit pada punggung.

  • Rasa Kebal (Mati Rasa)

Perasaan kebal atau mati rasa ini terjadi akibat otot punggung terlalu berkerja keras sehingga akan berdampak pada matinya rasa pada area punggung. Batuk yang menahun akan menyebabkan aktifitas otot dari leher sampai punggung mengalami keausan atau lelah dalam beraktifitas.

  • Nyeri Pada Punggung

Rasa sakit pada punggung ini terasa seperti nyeri di punggung. Nyeri ini diakibatkan oleh batuk yang terus menerus sehingga mengakibatkan apasme (kontraksi ) pada otot leher hingga ke otot punggung. Kondisi nyeri pada punggung ini akan berdampak pada gangguan aktifitas sehari – hari seperti kesulitan dalam tidur, buang air kecil bahkan dapat mengakibatkan depresi.

  • Kesemutan
Sponsors Link

Kondisi kesemutan ini terjadi sebelum rasa nyeri di punggung itu terjadi. Kesemutan ini diakibatkan otot sudah mulai lelah dalam berkontraksi sehingga muncul rasa kesemutan seperti ditusuk benda tajam. Baca juga batuk sampai keluar air mata.

Penyebab Punggung Sakit Saat Batuk

Rasa sakit pada punggung secara fisik diakibatkan oleh terdapat masalah pada salah satu bagian tulang-tulang yang menyatu dengan otot, tendon, ligamen, saraf, serta cakram sebagai bantalan peredam benturan. Apabila terjadi masalah di salah satu bagian tersebut maka akan timbul rasa sakit di punggung. Batuk merupakan salah satu faktor yang menjadikan maslaah di bagian tersebut. Berikut ini beberapa penyebab punggung sakit saat batuk seperti dibawah ini. Baca juga penyebab dari batuk alergi.

  • Sprain (Cidera pada Ligamen Sendi)

Kondisi cidera ini diakaibatkan oleh batuk yang terus menerus sehingga mengangkat bahu dari gerakan otot punggung. Otot punggung yang terus bekerja akan mengakibatkan terjadinya cidera pada ligamen sendi.

  • Gerakan yang dilakukan secara berlebihan
ads

Salah satu contoh gerakan seperti menarik nafas secara berlebihan. Kondisi ini dialami ketika batuk, karena batuk menyebabkan penderita menarik nafas secara berlebihan dan tiba – tiba. Hal tersebut akan menyebabkan otot punggung bekerja secara berlebihan.

  • Posisi Tubuh yang Salah

Kondisi tubuh yang salah ketika membawa, mengangkat, dan menarik sesuatu, seperti halnya menarik nafas. Ketika menarik nafas dengan posisi tubuh yang salah maka akan berdampak pada kesalahan otot, bergesernya sendi sehingga mengakibatkan rasa sakit di punggung.

  • Kerusakan Otot

Kondisi ini terjadi sebagai dampak dari posisi tubuh yang salah ketika menarik nafas saat batuk. Kerusakan otot ini juga terjadi akibat otot bekerja terlalu berlebihan yang disebabkan oleh intensitas batuk yang berlebihan.

Pengobatan Punggung Sakit Saat Batuk

Setiap penyakit pasti memiliki cara tersendi dalam mengobati penyakitnya. Seperti halnya dengan rasa sakit di punggung saat batuk ini dapat disembuhkan dengan berbagai cara. Berikut ini ada beberapa cara dalam menyembuhkan punggung sakit saat batuk, seperti dibawah ini. Baca juga khasiat daun miana untuk batuk.

  • Tetap Bergerak Akif

Apabila Anda mengalami sakit punggung saat batuk tetaplah bergerak aktif seperti berolahraga. Apabila terus bergerak aktif akan berdampak positif bagi kesehatan punggung Anda. Otot punggung akan akan kembali normal dan tidak akan menimbulkan rasa sakit lagi. Dengan berolahraga secara rutin adalah solusi yang tepat bagi kesehatan otot punggung Anda.

  • Mengkonsumsi Obat Pereda Nyeri

Meskipun solusi ini memiliki efek sampingnya namun ini sangat ambuh dalam meredakan sakit punggung. Sebelum mengkonsumsi obat pereda nyeri sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

  • Obati Terlebih Dahulu Batuknya

percuma kalau rasa sakit di punggung reda akan tetapi penyebab utamanya yaitu batuk tidak diobati. Obati batuk dengan cara manual atau praktis agar batuk tak kunjung kembali.

Demikian penjelasan singkat tentang fenomena punggung sakit saat batuk gejala, penyebab dan pengobatan. Bagi Anda yang megalami punggung sakit saat batuk maka perhatikan penjelasan diatas. Anda akan mendapatkan informasi terkait gejala, penyebab dan pengobatannya, sehingga Anda akan mudah dalam menghindari dan mengatasi sakit punggung saat batuk.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan