Sponsors Link

4 Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi Saat Tidur yang Aman dan Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Batuk merupkan suatu kondisi yang bisa datang kapan saja serta bisa menyerang siapapun. Namun perlu anda ingat bahwa batuk bukan merupakan penyakit melainkan sebuah kondisi yang wajar yang merupakan reaksi dari tubuh anda ketika sistem pertahanan tubuh anda merasakan ada zat atau benda asing yang mungkin bisa membahayakan kondisi anda. Baca tentang obat batuk rejan.

ads

Meskipun batuk memang bisa menyerang siapa saja, akan tetapi batuk lebih sering menyerang bayi dan anak – anak karena memang sistem pertahanan tubuh pada anak masih belum bisa dikatakan sempurna jika dibandingkan dengan orang dewasa. Batuk yang dialami oleh bayi maupun anak – anak akan semakin parah ketika malam hari karena memang udara di malam hari lebih dingin jika dibandingkan dengan pagi ataupun sore hari. Baca cara ampuh mengatasi batuk.

Tidak hanya itu saja, bayi yang mengalami batuk di malam hari tentunya akan membuatnya sangat terganggu dan tidak bisa tidur dengan nyaman. Jika bayi anda sudah mengalami kondisi yang seperti ini, maka anda harus segera melakukan tindakan pengobatan agar supaya batuk yang sekarang dialami oleh bayi anda tidak semakin parah.

Penanganan Bayi Saat Batuk Dalam Suasana Mau Tidur

Terdapat berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk membantu mengatasi batuk pada bayi saat tidur. Namun perlu anda ingat bahwa agar supaya pengobatan ini bisa lebih efektif, maka harus dikonsumsi secara rutin. Jika misalnya sudah diberikan berbagai macam pengobatan namun tidak menunjukkan tanda – tanda bahwa batuk pada anak anda mengalami kesembuhan, maka anda harus segera membawanya ke dokter agar dokter bisa segera melakukan diagnosa dan pengobatan karena bisa saja batuk yang sekarang anak anda alami merupakan indikasi bahwa ia sedang terkena penyakit tertentu yang harus segera ditangani. Baca tentang pengobatan flu singapura.

Berikut ini akan kami berikan beberapa informasi terkait bagaimana cara mengatasi batuk pada bayi saat tidur yang bisa anda lakukan sendiri dengan mudah.

  • Mengubah posisi tidur

Cara mengatasi batuk pada bayi saat tidur yang pertama adalah dengan mengubah posisi tidur. Perlu anda ketahui bahwa posisi tidur pada bayi menentukan batuk yang ia alami ketika malam hari. Hal ini disebabkan karena udara di malam hari lebih dingin dibandingkan dengan udara di pagi maupun siang hari. Udara dingin tersebut merupakan sebuah efek yang ditimbulkan dari gaya gravitasi.

Ketika bayi anda sedang tidur dengan posisi telentang, maka lendir atau dahak yang ada pada saluran pernapasan anak anda nantinya bisa masuk ke dalam tenggorokan yang mana hal ini kemudian akan menyebabkan iritasi serta kemudian bisa menyebabkan anda mengalami gangguan saluran pernapasan sehingga kemudian akan menyebabkan batuk yang bayi anda alami akan semakin parah. Baca tentang penyebab sinusitis.

  • Mandi air panas

Cara mengatasi batuk pada bayi saat tidur yang kedua adalah dengan memandikannya menggunakan air panas. Ketika bayi anda sedang mengalami batuk, maka sebaiknya ia dimandikan menggunakan air panas sebelum ia tidur agar supaya badannya lebih segar dan juga air panas sangat efektif untuk meredakan lendir yang sedang ada di saluran pernapasan bayi anda.

Selain itu, uap air yang ada pada air panas nantinya akan dihirup dan masuk ke dalam tubuh anak anda sehingga batuk yang serang ia alami akan lebih mendingan sehingga saluran pernapasan bayi anda pun akan semakin rancang dan kering sehingga tidak ada lendir yang menutup saluran pernapasan bayi anda yang mana kemudian akan masuk ke dalam tenggorokan. Baca juga tentang cara penularan influenza.

Sponsors Link

  • Hindarkan dari tidur di bawah kipas angin

Cara mengatasi batuk pada bayi saat tidur yang ketiga adalah dengan menghindarkan bayi anda dari kipas angin ataupun pendingin ruangan. Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa udara pada malam hari lebih dingin sehingga akibat dari udara dingin tersebut bisa menyebabkan gangguan pernapasan pada bayi anda sehingga batuk yang ia alami pun akan semakin parah.

Bayangkan saja, udara malam yang dingin ditambah dengan ia terkena kipas angin atau AC maka tentunya batuk yang ia alami akan berlipat tingkat keparahannya yang mana kemudian akan menyebabkan ia mengalami radang tenggorokan jika tidak segera dilakukan penanganan secepatnya.

Oleh karena itu, anda harus menghindarkan anak anda dari kipas angin atau pendingin ruangan lainnya ketika ia batuk. Atau mungkin anda juga bisa memindahkan tempat tidur anak anda di tempat yang tidak ada alat pendingin ruangan sehingga ketika bayi anda tidur pun akan bisa nyenyak.

Sponsors Link

  • Minum air hangat

Cara mengatasi batuk pada bayi saat tidur yang terakhir adalah dengan memberikan ia minum air hangat. Air hangat berfungsi untuk melembabkan tenggorokan anak anda yang sebelumnya telah kering yang mana hal ini akan mengakibatkan ia mengalami batuk jika misalnya tetap dibiarkan. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa bayi cukup diberikan air putih saja. Jadi ketika ia bangun di malam hari, maka anda meminumkan air putih kepada bayi anda untuk bisa meredakan batuk yang sedang ia alami. Anda juga harus tahu tentang cara mengatasi batuk pada anak.

Oleh karena itu kita wajib sekali untuk memberikan bayi air hangat karena itu saya berguna sekali baginya. Banyak sekali khasiat air hangat yang wajib di ketahui dan di gunakan dengan baik. Karena kondisi bayi yang sensitif, beri kehangatan air panas yang cukup membuat dia hangat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan dan perlu anda tahu bahwa mungkin saja ada cara mengatasi batuk pada bayi saat tidur yang belum kami sebutkan. Jika anda ingin mendapatkan informasi yang lebih detail, maka anda bisa bertanya kepada dokter anda guna mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan